Tips Melatih Ayam Serama Agar Siap Dalam Kontes

By | May 11, 2016

Tips Melatih Ayam Serama Agar Siap Dalam Kontes

Ayam Serama merupakan salah satu ayam yang sering diikutkan dalam kontes. Untuk mengikuti kontes perlu persiapan yang cukup panjang agar ayam Serama anda siap mental saat mengikuti kontes. Persiapan sebaiknya dari ayam Serama masih anakan yang masih berumur beberapa hari. Dengan mempersiapkan jauh-jauh hari, Ayam Serama anda bisa mempersiapkan mentalnya.

Bagi sebagian masyarakat memang masih ada yang belum begitu mengenal Ayam Serama. ayam ini biasa disebut dengan Ayam Serama dari Negeri Jiran. mengapa demikian? hal ini karena memang Sejarah dan Asal-Usul Ayam Serama yang berasal dari Negara Malaysia.

Ayam Serama memang dikenal memiliki beberapa tipe diantaranya tipe slim, tipe apple, dan tipe ideal. dari ketiga tersebut ada salah satu jenis tipe untuk kontes. Ayam Serama Kontes yang seperti apa? jika kita ingin memelihara Ayam Serama Kontes tentu kita perlu mengenal tipe-tipe Ayam Serama. agar dapat mengetahui tipe Ayam Serama yang seperti apa yang cocok sebagai Ayam Serama kontes.

Saat ayam Serama baru menetas, segera letakkan dalam boks berpenghangat. Untuk lampu gunakan sekitar 25 watt. Saat Serama berumur sekitar 3 minggu , anda bisa mengganti dengan lampu 5 watt saja. Ini dilakukan agar bulu ayam tidak kering dan keriting. Setelah berumur 75 hari barulah Ayam Serama diletakkan dalam kandang tanpa penghangat lampu listrik.

Ayam Serama Dewasa

Ayam Serama Dewasa

Untuk lantai kandang Ayam Serama menggunakan karpet hijau yang biasa digunakan dalam pentas. Jadi serama terbiasa berjalan di atas “catwalk” saat dipentas nanti. Saat Serama berumur lebih dari 2 bulan bisa dijemur dibawah sinar matahari sekitar jam 07.00-10.00 WIB. Cukup 2 jam saja dalam satu kali menjemur. Ini bermanfaat untuk memperoleh sumber provitamin D yang akan diolah menjadi vitamin D.

Manfaat dari penjemuran untuk membasmi parasit yang bersarang dibadan ayam. Disamping itu untuk melatih ayam serama berdiri tegak. Untuk itu digunakan kandang dari ram kawat yang dibentuk khusus dengan penghalang dibagian bawah sebatas kepala hingga ayam terbiasa tegak berdiri. Ayam akan tegak bila melihat keluar kandang. Disamping itu bisa dilakukan pemijatan bagian dada dengan teknis khusus. Ini tentu hanya bisa dilakukan oleh orang yang ahli dalam dalam pemijatan ayam.

Ayam Serama

Contoh Ayam Serama

Ayam Serama jantan yang akan diikutkan dalam kontes usahakan tidak melihat betina selama seminggu sebelum kontes agar terjaga birahinya tetap tinggi. Usahakan juga jantan Serama agar tidak sering dikawinkan karena akan merusak keindahan bulu-bulunya karena bila dikawinkan bulu-bulunya akan mengalami kerontokan. Dengan demikian saat kontes bulu ayam Serama akan terlihat rusak.

Disamping itu untuk Serama jangan diumbar diluar kandangnya karena bila diumbar ayam akan bermandi pasir atau debu yang tentu akan mengurangi keindahan bulu-bulunya. Serama cukup diletakkan dalam kandang dan sesekali saja untu di keluarkan.

Yang tak kalah pentingnya adalah pemberian makanan yang bervariasi. Selain dari pemberian voer atau BR, juga diberikan beras merah giling, jagung giling, sejenis serangga atau jangkrik. Untuk jangkrik bisa diberikan sehari atau 2 hari sekali dengan porsi 2 ekor jangkrik sekali makan. Dengan pemberian makanan yang bervitamin akan menunjang stamina ayam serama saat pentas nanti.

Makanan untuk ayam serama usahakan mengandung vitamin E, Fosfor dan Kalsium. Untuk Lemak jangan terlalu banyak karena mengakibatkan kegemukan yang mengurangi kelincahan.

Saat ayam serama anda sudah terbiasa dengan berjalan tegak disertai pemberian makanan yang bergizi, kini saatnya anda untuk melatih ayam anda berjalan diatas karpet yang didesain mirip meja kontes. Sebelumnya ayam serama dibasahi dengan kain/ lap baru diletakan dalam meja yang mirip arena kontes. Dengan begitu mental ayam Serama anda akan terasah.

Memang butuh waktu yang panjang untuk menjadikan ayam serama memenangkan kontes. Namun proses itu harus anda nikmati agar hasilnya maksimal. Tidak menjadi masalah bila anda hanya ingin menjadikan ayam serama anda sebagai ayam hias anda dirumah. Setidaknya anda mendapatkan ilmu dan pengalaman saat “mendesain” ayam serama agar tegak berdiri.

Demikian semoga bermanfaat.

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan telur ayam serama untuk di tetaskan, anakan ayam serama maupun indukan ayam serama atau ayam serama dewasa yang siap produksi. Untuk harga ayam serama silahkan klik di daftar harga ayam serama Silahkan hubungi kami di:

SMS/CALL

 0812 2028 8686

WHATSAPP 0856 4772 3888

Kata terkait:

Ternak ayam serama, ayam serama, jual ayam serama, kontes ayam serama, peternak ayam serama

One thought on “Tips Melatih Ayam Serama Agar Siap Dalam Kontes

  1. Pingback: Jual Ayam Serama dari anakan sampai dewasa I WA 085647723888

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *