5 Hal Penyebab Indukan Ayam Mematuk Telurnya Sendiri

By | October 9, 2015

5 Hal Penyebab Indukan Ayam Mematuk Telurnya Sendiri

Muncul banyak pertanyaan yang masuk ke kami mengenai ayamnya yang memecah telurnya sendiri, memakanya atau tidak mau mengeraminya. Mari kita bahas kenapa hal ini bisa terjadi dan semoga bisa memunculkan ide untuk menanggulanginya. Saat ayam induk mematuk telurnya sendiri ini merupakan masalah serius bagi kita. Dan dengan mengetahui perilakunya semoga dapat mencegah kasus-kasus seperti ini meningkat.

Indukan Ayam Bersiap Mematuk Telur nya Sendiri

Indukan Ayam Bersiap Mematuk Telur nya Sendiri

Perlu di ketahui bersama ayam hias kita termasuk golongan omnivora, yang berarti mereka akan makan apa saja. Ayam suka mencari makan daun-daunan hijau, biji-bijian maupun serangga. Mereka juga suka memakan buah-buahan.

Ayam memiliki naluri alami untuk memakan apa saja yang ada di depanya. Kemudian saat tidak cocok dia akan melepaskanya lagi dari paruhnya. Jadi ayam juga memiliki sifat eksperimental dengan makananya. Hal inilah yang menjadi resiko karena ada peluang ayam akan mematuk telurnya sendiri.

Mengapa induk ayam mematuk atau memakan telurnya sendiri:

  1. Ayam Penasaran denga telur

    Seperti kita bahas di atas ayam akan mencoba mematuk barang yang ada di depanya. Ini hanya faktor penasaran yang akhirnya ayam menemukaan air yang ada di dalam telur kemudian ayam memakanya kemudian menikmatinya.

  2. Ayam akan cepat belajar

    Ayam akan belajar dan mengamati, sepertihalnya saat ayam mengenali siapa tuan nya. Saat ayam merakan enaknya makan telur dia akan mencoba telur yang lainya lagi.

  3. Ayam lain mencontoh perilaku ayam induk lain

    Salah satu kecerdasan ayam yakni dia bisa meniru kebiasaan temanya jadi saat ada ayam lain yang mematuk telurnya ayam lainyapun akan ikut memakan telur juga.

  4. Memeriksa kekuatan cangkang

    Ayam mematuk telurnya sendiri juga terkadang untuk mengetes seberapa kuat cangkang telurnya. Saat cangkangnya kuat maka kemungkinan sukses di erami akan lebih tinggi karena nutrisi seperti kalsium dalam telur tadi mencukupi.Dan saat ayam mematuk telurnya kemudian menemukan telurnya kuat makan ayam duduk dan mengeraminya. Namun jika telurnya lemah dia akan memecahkanya atau kadang memakanya.

  5. Ayam kekurangan kalsium

    Ayam memerlukan kalsium dan dia menemukan kalsium di cangkang telur sehingga dia memakanya.

Pentingnya kita mengamati perilaku ayam tersebut agar ciri-ciri ayam mematuk telur atau memakan telurnya sendiri bisa kita tanggulangi atau minimal kita bisa lakukan tidankan agar tidak menular di ayam yang lainya. Saat ayam bertelur dan kita segera mengambilnya untuk di tetaskan dengan indukan ayam merupakan solusi mudah untuk “mengerem” ayam mematuk telurnya sendiri. Untuk totorial menetaskan dengan indukan ayam lain silahkan baca di artikel Cara Mudah Menetaskan Telur Ayam Hias dengan Indukan Ayam Lain. Terima kasih dan selamat beraktifitas!

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan telur ayam hias untuk di tetaskan, anakan ayam hias sampai indukan ayam hias. Cek harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

Call/SMS : 0812 2028 8686 

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

kata terkait:

telur ayam hias, ayam tidak mau mengeram, ayam mematuk telur, ayam mengeram, makanan ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *