Ciri Khas dan Kelebihan Ayam Kate Walik

Ciri Khas dan Kelebihan Ayam Kate Walik

Ayam Kate Walik merupakan jenis ayam hias yang berasal dari Indonesia. Ayam bantam yang satu ini memiliki bulu yang eksotis dengan ekor yang melingkar hingga ke depan wajahnya. Ayam Kate Walik sebenarnya hampir sama dengan Ayam Kate biasa yang membedakan hanyalah jenis bulunya yang memang terbalik.

Ayam Kate Walik yang asli berasal dari Indonesia ini populasi terbesarnya adalah di daerah Jawa Barat. Bulu tubuh Ayam Kate Walik yang keriting memang menjadi cirikhasnya. Bulu tubuh yang keriting memiliki variasi warna coklat, hitam, putih, merah dan kuning dengan jengger berwarna merah berbentuk tunggal, paruh dan kaki berwarna hitam kekuningan dengan kulit yang berwarna putih kekuningan.

Ayam Kate Walik Dewasa Sepasang

Ayam Kate Walik Dewasa Sepasang

Dilihat dari fisiknya Ayam Kate Walik memang sama dengan Ayam Kate biasa. Postur tubuh yang mini dan mungil tentu sama dengan Ayam Kate pada umumnya. Perbedaan antara Ayam Kate dengan Ayam Kate Walik yaitu terlihat dari bulunya yang terbalik dan inilah yang membuat Kate Walik dapat dibedakan dengan Ayam Kate.

Apa Cirikhas dari Ayam Kate Walik?

Berikut cirikhas dari Ayam Kate Walik :

  1. Hampir bulu diseluruh tubuh keriting
  2. Memiliki berbagai variasi warna bulu seperti hitam, kecoklatan, merah dan kuning
  3. Kaki berwarna kuning
  4. Memproduksi telur sebanyak 10-12 butir per periode
  5. Memiliki postur tubuh yang sedang
  6. Jengger berwarna merah dan tebal
  7. Paruh berwarna kuning dan hitam
  8. Berat badan untuk Kate Walik jantan dan betina dewasa sekitar 1-3 kg
Ayam Kate Walik Dewasa

Ayam Kate Walik Dewasa

Dilihat dari para peternak memang saat ini sudah jarang yang memilih Ayam Kate Walik untuk diternakkan dengan alasan tubuhnya yang kecil juga hanya membuahkan hasil yang kecil. Namun sebenanya untuk menjadi peternak Ayam Kate Walik kita akan mendapatkan cukup banyak keuntungan dari pemeliharaan ayam hias ini sendiri. Terdapat berbagai keuntungan jika dilihat dari berbagai sisi. Dibalik tubuhnya yang mini mungil justru akan menghemat biaya pakannya, maka dari itu jika anda berminat untuk beternak Ayam ini tidak ada salahnya untuk mencobanya, dengan semakin jarangnya peternak Ayam Kate Walik justru akan menjadi peluang usaha bagi kita.

Ada beberapa kelebihan yang perlu kita ketahui tentang Ayam Kate Walik diantaranya

  1. Meski postur tubuhnya lebih kecil dari pada ayam pada umumnya namun produktifitasnya sama dengan ayam kampung biasa yaitu 10-12 butir per masa bertelur.
  2. Postur tubuh yang kecil juga akan lebih menghemat biaya.

Dilihat dari cirikhas keunikan dan kelebihannya memelihara Ayam Kate Walik sebenarnya juga akan membuahkan hasil yang cukup besar. Biaya yang dikeluarkan juga akan lebih sedikit karena akan menghemat biaya ternaknya. Selain itu juga tidak kalah produktif dengan ayam biasanya dapat menghasil 10-12 butir telur per periode bertelurnya.

Ayam Kate Walik Dewasa

Ayam Kate Walik Dewasa

Bagi anda  yang ingin mencoba menetaskan telur Ayam Kate Walik baik menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit Ayam Kate Walik kami menyediakan dari usia anakan hingga indukan siap produksi, kami siap mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait:

Ayam Hias, Ayam Kate Walik, Ternak Ayam Kate Walik, Peternak Ayam Kate Walik, Telur Ayam Kate Walik, Jual Ayam Kate Walik, Harga Ayam Kate Walik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *