Waspada Gangguan Ular Masuk di Peternakan Ayam Anda!

By | September 24, 2015

Waspada Gangguan Ular Masuk di Peternakan Ayam Anda!

Peternakan ayam memang salah satu tempat yang di senangi ular karena banyak makanan yang bisa mereka temukan. Ular termasuk salah satu pemangsa ayam yang ganas. Ular termasuk hewan reptilia carnivora yang terdiri dari ribuan spesies diseluruh dunia. Mereka bermacam-macam ukuran tergantung jenisnya. Mereka bisa menerkam apa saja yang ditemui mulai dari tikus, burung, telur bahkan yang mencengangkan mereka sanggup makan hewan sejenis rusa. Walupun bergigi tajam namun ular tidak bisa mengunyah hewan buruannya melainkan menelan seluruh tubuh mangsanya.

Ular sedang memakan telur di peternakan ayam

Ular sedang memakan telur di peternakan ayam

Ular senang dengan tempat yang lembab, gelap dan bisa mendapatkan makanan dengan mudah. Tumpukan kayu, semak belukar, taman yang rimbun dan gelap merupakan tempat favorit ular. Tempat lainnya adalah gudang tempat penyimpanan barang-barang, kolam, loteng, atap rumah juga ruang bawah tanah. Waspada bilamana Anda memiliki tempat seperti itu agar rutin membersihkan agar ular tidak mudah berkeliaran disekitar Anda.

Metode Ular untuk Membunuh

Ular mempunyai rahang yang sangat fleksibel. Itu memungkinkan mereka dapat menelan mangsa yang lebih besar dari badan dan mulut mereka. Ular mempunyai racun yang mematikan yaitu bisa ular. Bagi ular, bisa sebagai salah satu pelindung dari binatang lain yang mengancam. Selain mengalirkan bisa lewat mulutnya saat sedang menggigit mangsa, mereka terkadang menyemburkan bisanya dalam jarak tertentu. Dalam hitungan beberapa menit, hewan yang terkena semburan bisanya akan mati.

Pencegahan Ganguan Ular di Peternakan Ayam

Bagi peternak ayam, mereka harus menjaga ternak dari ancaman ular. Caranya dengan membuat kAndang yang setiap lubang ventilasinya ditutup dengan jaring kawat yang halus dan kuat. Periksa setiap sudut ruangan dimana biasanya banyak lubang kecil tersembunyi. Jika ular masih mengganggu maka buatlah perangkap ular. Perlu juga untuk memperhatikan kAndang untuk anak ayam dan telur dengan membuatnya lebih rapat lagi, karena merupakan makanan favorit bagi sang ular.

Jika Anda memiliki rumput yang sudah panjang disekitar peternakan Anda, disarankan untuk memotongnya hingga pendek dan terlihat terang karena ular takut dengan ruangan terbuka. Anda harus mewaspadai kehadiran tikus yang bisa memancing kehadiran ular. Maka Anda harus bisa menanggulangi cara menumpas tikus dan ular sekaligus agar kAndang Anda terbebas dari predator pengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *