Tips Mudah Agar Burung Kenari Cepat Bertelur

Tips Mudah Agar Burung Kenari Cepat Bertelur

Burung Kenari di Indonesia kini cukup banyak dikenal oleh masyarakat. Beternak dan pengembangbiakannya yang mudah banyak para pencinta burung di Indonesia yang menjadikan Burung Kenari sebagai peliharaan di rumah. Namun memelihara Burung Kenari juga tidak begitu saja, beberapa proses yang dialami oleh Burung Kenari kita perlu untuk mengetahuinya.

Burung Kenari

Burung Kenari

Burung Kenari dalam pemeliharaannya memang butuh beberapa perawatan seperti saat mengalami keterlambatan bertelur. Yang menyebabkan Kenari betina lambat dalam bertelur. Memang secara umum Kenari lokal yang sudah berusia 6 bulan ataupun Burung Kenari bongsor yang berusia 10 bulan sudah bereproduksi hal ini sebenarnya juga dapat dikenali saat Burung Kenari jantan berkicau keras dan betina sayapnya mengeleper. Dalam menjodohkan Burung Kenari jantan dengan Burung Kenari betina sebaiknya jangan sampai telat, karena jika telat Burung Kenari betina tidak dapat segera bertelur.

Bagiamana cara agar Burung Kenari cepat bertelur?

Berikut beberapa tips agar Burung Kenari cepat bertelur

  1. Lakukan penjemuran untuk Kenari betina siapan pada saat pukul 07-00-09.00 karena penjemuran bemanfaat untuk meningkatkan birahi Burung Kenari
  2. Kegemukan akan menyebabkan leher Kenari betina menjadi berlemak yang mengakibatkan sulit bertelur, maka dari itu sebaiknya dalam pemberian makan sesuai porsi.
  3. Sebaiknya Burung Kenari jantan dan Burung Kenari betina jangan ditempatkan dalam satu sangkar dengan waktu yang cukup lama karena akan mengakibatkan penurunan tingkat birahinya.
  4. Pemberian pakan yang bernutrisi seperti telur puyuh rebus, sayuran hijau dan buah-buahan Apel secukupnya agar Kenari tidak terlalu gemuk
  5. Saat Burung Kenari yang sudah terlihat siap kawin dan birahi, segera memasukkan Kenari jantan kedalam sangkar Burung Kenari betina.

Bagi indukan yang sudah pernah bertelur tentu akan lebih mudah, namun perlu untuk mengethui tips-tipsnya

  1. Kenari Indukan setiap hari dijemur yaitu saat pukul 07.0-09.00
  2. Sebaiknya tidak membiasakan Kenari jantan dan betina dalam satu sangkar dalam jangka waktu yang lama, agar Kenari terbiasa langsung kawin saat hendak dikawinkan.
  3. Burung Kenari sebaiknya jangan terlalu gemuk, karena meskipun sudah kawin akan tetap sulit untuk bertelur
  4. Berikan pakan tambahan ekstra fooding dengan porsi yang wajar
  5. Kenari betina yang siap kawin ditandai dengan perutnya yang berisi, bengkak, itu tandanya Kenari jantan segera masukkan ke sangkar Kenari betina, setelah selesai kawin kembalikan Kenari jantan ke sangkar semula
  6. Ulangi hal ini sampai 4 hari berikutnya sampai Kenari betina siap bertelur

Burung Kenari indukan betina yang pernah bertelur tentu berbeda dengan indukan Kenari betina yang belum pernah bertelur, dengan demikian agar Burung Kenari indukan cepat bertelur maka perlu penanganan yang berbeda.

Itulah sedikit penjelasan tentang Tips Mudah Agar Burung Kenari Cepat Bertelur, semoga bermanfaat.

Jual Burung Kenari

Burung Kenari

Jual Burung Kenari

Burung Kenari

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Kicau Kenari, Suara Kenari, Ternak Kenari, Jenis Kenari, Jual Kenari, Harga Kenari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *