Tips Mempersiapakan Pakan Ayam Pelung Agar Mampu Berkokok Panjang dan Merdu

Tips Mempersiapakan Pakan Ayam Pelung Agar Mampu Berkokok Panjang dan Merdu

Ayam Pelung bisa dikenali dari suaranya yang mampu berkokok panjang. Tentu butuh perawatan yang maksimal agar suara yang dihasilkannya panjang, merdu, tidak serak dan tidak terputus-putus. Beberapa faktor bisa menyebabkan perubahan pada suaranya diantaranya  kesehatan, pemenuhan vitamin dan gizi, kebersihan kandang dan  perubahan musim. Yang akan kita bahas kali ini adalah makanan yang bisa menunjang agar ayam Pelung dapat menghasilkan suara yang bagus.

Ayam Pelung mengalami perkembangan dan pertumbuhan tertinggi pada umur 1-6 bulan, jika pada saat usia emas ini tidak diikuti dengan pemenuhan gizi yang baik maka Ayam Pelung dapat mengalami kekurangan gizi yang akan berimbas pada suara yang dihasilkannya menjadi kurang maksimal. Untuk itu diperlukan beberapa jenis makanan yang dapat menunjang stamina Ayam Pelung. Makanan dapat diperoleh dari bahan makanan dari hewan, tumbuhan, limbah industri, limbah rumah tangga yang pastinya dalam kondisi yang baik.

Ayam Pelung Dewasa Jantan

Ayam Pelung Dewasa Jantan

Apa komponen dalam makanan utama ayam Pelung?

  • Protein

Ayam Pelung memerlukan protein untuk proses berproduksi dan pertumbuhan dimana kebutuhan protein dimasa ayam Pelung masih anakan lebih banyak memerlukan protein dibandingkan ayam Pelung yang telah menginjak remaja. Selain itu protein berfungsi untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit, pembentukan telur. Protein banyak terdapat pada tepung ikan, bungkil kelapa, bungkil kacang dan bisa juga dari irisan keong, siput, belut, serangga, dedak halus, jagung kuning, atau tepung tapioka.

  • Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber  energi.  Makanan yang mengandung karbohidrat diantaranya ubi kayu, kedelai, jagung, gabah. Kebutuhan akan karbohidrat sekitar 60% dari kebutuhan hariannya yang diperoleh dari pakan konsentrat.

  • Lemak

Ayam Pelung tetap membutuhkan lemak yang gunanya sebagai sumber energi dan pelarut vitamin. Kebutuhan akan lemak bagi indukan betina tidak begitu banyak, sekitar 5% saja agar indukan betina Pelung tidak mengalami kegemukan. Bila terlalu gemuk, ayam akan malas bergerak  dan menurunkan produktivitas telur. Jika pada pejantan indukan akan mengakibatkan kurang gerak dan malas berkokok. Lemak didapat dari bekatul, bungkil kelapa, minyak kelapa,dedak halus dan bungkil kacang.

  • Vitamin, mineral, magnesium dan air

Vitamin dan mineral berfungsi untuk pembentukan tulang, pertumbuhan dan daya tahan tubuh ayam. Diusahakan agar kebutuhan akan vitamin dan mineral mencukupi terutama saat masih anakan agar pertumbuhan tidak terganggu. Jika pada masa pertumbuhan pemenuhan gizi tidak maksimal maka perkembangan selanjutnya juga akan mempengaruhi.

Baca juga artikel

Ayam Pelung 5 Bulan

Ayam Pelung 5 Bulan

Apakah ada pakan pelengkap Ayam Pelung?

Untuk makanan pelengkap ayam Pelung bisa berupa dedaunan segar seperti bayam, kangkung, sawi, daun pepaya, kecambah dan masih banyak lagi. Dapat pula diberikan berupa tepung ikan, bekicot, kerang yang telah dicincang halus dan belut. Khusus untuk belut dipercaya bagi kebanyakan orang dapat menghasilkan suara yang bersih.

Bagaimana penyajian pakan ayam jantan Pelung?

Untuk ayam Pelung jantan indukan dapat diberikan makanan dengan kadar protein sekitar 15%. Makanan bisa berupa dedak yang telah dimasak dicampur nasi setengah matang dan irisan sayuran segar. Agar suara yang dihasilkan bagus maka perlu sesekali diberikan ketan, mentega dan kuning telur  yang telah diaduk merata dan diberikan sebulan sekali. Contoh makanan lainnya adalah pemberian pisang ambon dan kuning telur. Waktu pemberiannya juga sama, sekitar sebulan sekali agar suaranya merdu.

Apa solusi jika Ayam Pelung tidak mau makan?

Untuk ayam Pelung yang sedang bermasalah dengan nafsu makanannya dapat diberikan terasi yang biasa kita pakai untuk membuat sambal. Terasi dipotong kecil dan diberikan pada ayam yang kurang nafsu makan selama beberapa hari sampai Ayam Pelung kembali lahap makannya.

Apa yang sebaiknya di lakukan saat cuaca area kandang ayam pelung cenderung dingin?

Jika cuaca dingin berlangsung terus menerus, bisa diberikan makanan tambahan berupa tape yang kita suapkan sedikit demi sedikit. Tape bisa membuat badan menjadi hangat dan sehat kembali. Yang terpenting saat musim hujan, kandang jangan terbuka dan tanpa tutup. Ini untuk menjaga agar ayam Pelung tidak mudah sakit. Untuk gizi dan vitamin tetap diberikan agar kondisi ayam tetap prima dan dapat mengeluarkan suaranya yang mengalun merdu.

Kami di jualayamhias.com melayani pembelian ayam pelung baik masih berujud telur untuk di tetaskan atau anakan ayam pelung untuk di besarkan. Dan kami juga melayani pembelian ayam pelung dewasa siap produksi. Dengan pengalaman kami sejak 1999 kami mampu mengirimkan ayam ke seluruh penjuru Indonesia via kargo hewan yang terpercaya. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

 

SMS/CALL

0812 2028 8686 

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:Ternak ayam Pelung, harga ayam Pelung, jual ayam Pelung, telur ayam Pelung , kontes ayam pelung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *