Tips dan Cara Menetaskan Telur Bebek dengan Menggunakan Mesin Penetas Telur Otomatis

By | August 16, 2016

Tips dan Cara Menetaskan Telur Bebek dengan Menggunakan Mesin Penetas Telur Otomatis

Menetaskan telur bebek merupakan prospek tersindiri yang tidak banyak orang yang memilihnya. Memang menetaskan telur bebek terlihat rumit namun saat kita sudah memiliki ilmunya hal ini akan terasa mudah. Seiring perkembangan zaman dan tingkat kebutuhan yang kian meningkat maka kini orang berangsur-angsur menggunakan mesin tetas. Mesin penetas telur bisa menjadi solusi bagi kita karena bisa menetaskan telur yang banyak dan beraneka macam telur. Praktis tugas bebek diambil-alih mesin penetas, sehingga indukan bebek bisa bertelur lagi tanpa harus mengerami.

Telur Bebek untuk si Tetaskan

Telur Bebek untuk si Tetaskan

Jika ingin menghasilkan anakan bebek yang berkualitas, kita harus mengetahui langkah demi langkah dalam menetaskan telur melalui mesin penetas telur.

Pemilihan telur

  • Pilih telur yang masih segar.

  • Gunakan telur yang permukaan halus tanpa cacat dengan ketebalan kulit yang merata.

  • Pilihlah telur yang warnanya tidak terlalu biru juga tidak terlalu putih.

Berikut cara menetaskan telur menggunakan mesin incubator atau mesin penetas telur bebek:

  • Mengatur suhu didalam incubator.

    Untuk telur yang berumur 1-24 hari suhu yang tepat adalah 38 derajat Celcius

    untuk telur berumur 25-28 hari suhu yang tepat adalah 34 derajat Celcius

  • Mengatur kelembaban. Pada hari pertama hingga 24, kelembaban 55%-65%. Sedangkan saat umur 25-28 kelembaban menjadi 76%.

  • Memeriksa perkembangan telur dengan meneropong menggunakan cahaya lampu. Periksalah pada hari ke-4, ke-10, ke-20.

  • Menjaga posisi telur dengan cara membolak-baalikkan telur secara teratur saat anda membuka box incubator. Proses ini akan mudah di lakukan dengan menggunakan mesin penetas telur otomatis

Prosedur menetaskan telur bebek dengan mesin penetas telur otomatis:

  • Posisi telur dengan bagian tumpul diatas dengan kemiringan 45 derajat dan ditempatkan pada rak yang sama dari proses awal sampai akhir penetasan.

  • Pada hari ke-2 sampai hari ke-25 pembalikan dilakukan 3 kali sehari, disamping itu perlu diangin-anginkan selama 5-10 menit, waktu pelaksanaannya bersamaan dengan pembasahan (telur disemprot air secukupnya) biarkan pintu mesin tetas terbuka pada saat diangin-anginkan itu.

  • Setelah hari ke-25 pada 3 hari terakhir menjelang penetasan sebaiknya telur tidak perlu di putar/dibalik. Kelembaban perlu dinaikkan sedikit untuk membantu proses peretakan cangkang telur.

Semua langkah tadi akan terasa mudah saat Anda menggunakan mesin penetas telur otomatis.

Kata terait:

cara membuat mesin penetas telur, cara menetaskan telur bebek dengan sekam, cara menetaskan telur bebek secara alami, cara menetaskan telur bebek dengan mesin penetas, mesin penetas telur bebek, cara menetaskan telur bebek dengan lampu listrik, cara menetaskan telur bebek yang baik dan benar, cara menetaskan telur bebek dengan inkubator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *