Saat Ayam Sakit Gunakan Obat Herbal untuk Ayam

By | December 11, 2014

Saat Ayam Sakit Gunakan Obat Herbal untuk Ayam

 

Saat mendapati ayam kesayangan kita sakit merupakan permasalahan tersendiri. Kadang juga tidak mudah menemukan obat yang cocok dengan ayam kita. Sebagai langkah awal memang di perlukanya pengetahuan tentang ciri-ciri atau indikasi penyakit yang muncul pada ayam tersebut karena kesalahan penentuan penyakit ayam tersebut akan berakibat fatal saat obat yang kita berikan tidak cocok. Ada kalanya ayam sakit dan memerlukan obat, obat yang digunakan adalah obat herbal yang aman, mudah didapat, harganya murah dan berkhasiat. Berikut ini obat herbal yang digunakan dalam mengobati penyakit pada ayam :

  1. Obat Herbal untuk penyakit snot

Bahan obat herbal :

  • Tepung beras 300 gram.
  • Kencur ditumbuk halus 200 gram,.
  • Jahe parut sebanyak 50 gram

Bahan tersebut di haluskan dan tercampur sampai merata. Ramuan ini dibentuk pil sebesar biji jagung, lalu dijemur hingga kering. Pil disuapkan dua kali sehari (pagi dan sore) sampai seminggu.

  1. Obat Herbal untuk menambah nafsu makan

Daun pepaya dan temu ireng yang direbus memiliki khasiat menambah nafsu makan pada ayam.

  1. Obat herbal untuk penyakit pencernaan
Daun Pepaya

Daun Pepaya

Obat herbal yang digunakan untuk penyakit pencernaan adalah temulawak dan kunyit

  1. Obat herbal untuk penyakit pernafasan

Obat herbal untuk penyakit pernafasan pada ayam berupa jahe, gula jawa dan sereh. Jahe, gula jawa dan sereh yang di rebus berkhasiat menghilangkan lendir pada saluran pernafasan. Disamping itu pula dapat memberikan efek hangat pada tubuh ayam

  1. Obat herbal untuk cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang disebabkan berupa parasit cacing didalam usus ayam. Pengobatan untuk penyakit cacingan dilakukan pada pagi hari sebelum ayam diberi makan ( ± 1 jam). Tujuannya cacing tidak dapat bersembunyi dalam makanan yang masuk. Obat tradisional yang dipakai untuk mengobati ayam terkena parasit cacing gilig adalah bawang putih. Bawang putih mengandung bahan berkhasiat anthelmintik alisin yang setelah diteliti lebih lanjut terdiri dari dialil disulfida, dialil trisulfida, propil alil disulfida, dialil mono sulfida, alil polisulfida dan squiterpene yang sangat ampuh mengobati cacingan.

Jika anda ingin mendapatkan ayam hias berkualitas. Silahkan hubungi kami kapan saja. Hubungi kami di:

Call/SMS : 0822-2123-5378

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : [email protected]

Kata terkait:

ayam sakit, obat ayam sakit, agar ayam nafsu makan, obat herbal untuk ayam, obat penyakit snot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *