Q&A

Beberapa Pertanyaan yang Sering diajukan Oleh Pembeli:

  1. Apakah dari telur sudah bisa mendeteksi jantan dan betinanya?
    Dari telur kita belum bisa menentukan jantan dan betinanya. Memang ada yang percaya bahwa telur bulat itu calon ayam sedangkan telur lonjong merupakan calon ayam jantan. Namun kamibelum bisa memastikan kebenarannya.
  2. Apakah ayam sudah terlihat jantan dan betina saat masih berumur satu bulan?
    Untuk anakan di bawah bulan masih estimasi. Tapi kami bisa tebak dengan mengamati dari bentuk paruh, hidung, kepala serta postur tubuhnya. Ketepatan tebakan kami kami sekitar 95%.
  3. Apa benar ayam mutiara jantan dan mutiara betina sulit dibedakan saat masih anakan?
    Untuk mutiara memang lebih sulit dibedakan antara jantan dan betinanya dibandingkan jenis unggas lainnnya. Setelah ayam mutiara agak besar baru bisa dibedakan antara jantan dan betinanya dari bentuk pial, tanduk dan bengkakan yang ada dibagian atas hidungnya.
  4. Apakah ada ganti rugi saat ayam yang diterima mati?
    Setiap ayam yang kami kirimkan digaransi hidup saat diterima. Bila dalam kondisi mati maka akan kami ganti i pembelian berikutnya atau kami transfer uang senilai harga ayam yang mati  tersebut.
  5. Apakah betina bisa bertelur saat tidak dibuahi oleh pejantan?
    Telur yang tidak dibuahi pejantan maka telur tersebut tidak dapat ditetaskan. Telur tersebut hanya bisa dikonsumsi.
  6. Apa saja makanan ayam pelung ?
    Pada dasarnya makanan ayam pelung sama seperti ayam lainnya seperti voer atau BR yang dicampurkan dengan dedak atau bekatul serta nasi yang masih bagus. Untuk penambah stamina bisa diberikan ikan kecil atau jangkrik. Pemberian sekitar 2 ekor untuk sekali santap. Bisa diberikan tiap 2-3 hari sekali.
  7. Apa penyebab telur yang terlihat lembek dan cangkangnya tidak keras?
    Telur yang lembek kemungkinan dihasilkan dari ayam yang kekurangan pangan yang mengandung kalsium. Sebaiknya pada saat bertelur, ayam diberikan makanan yang khusus untuk ayam petelur yang megandung berbagai jenis zat yang menunjang produktivitas telur dan kualitas telur yang dihasilkan.
  8. Dalam memelihara ayam, sebaiknya memilih dari anakan atau indukan?
    Dalam memlihara ayam ada berbagai keuntungan dan kerugian dalam memelihara dengan umur tertentu. Jika kita memelihara dari anakan mempunyai kelebihan yaitu harga lebih murah sehingga bisa mendapatkan ayam dalam jumlah yang banyak. Kita juga bisa belajar memelihara dari kecil sedangkan kekurangannya yaitu mempunyai resiko lebih besar dan waktu menunggu hingga siap produksi lebih lama. Sedangkan jika kita memelihara dari indukan/ dewasa maka mempunyai kelebihan yaitu resiko kematian lebih kecil, waktu tunggu cepat karena segera produksi. Sedangkan kekurangannya harga yang ditawarkan lebih tinggi.
  9. Apa saja makanan ayam ketawa agar suaranya tetap merdu?
    Ayam ketawa mempunyai makanan yang hampir sama seperti ayam pelung yaitu voer atau BR kemudian dicampur.
  10. Berapa meter ukuran kandang yang ideal untuk memelihara ayam onagadori?
    Kandang ayam onagadori yang berekor panjang jika untuk dikawinkan maka kandang yang dibutukan besar sekitar 3×4 meter yang muat beberapa ekor ayam. Jika untuk tujuan memelihara ekor onagadori agar tidak rusak maka yang dibutuhkan hanya cukup untuk 1 ekor ayam saja dengan model kandang untuk ayam pelung.
  11. Bagaimana cara menjaga ekor ayam onagadori agar tidak rusak?
    Untuk memelihara agar ekor ayam onagadori tidak rusak dengan cara rajin mengelap menggunakan lap basah setiap beberapa hari sekali. Di samping itu kandangnya yang mempunyai tempat untuk bertengger dan tidak boleh lembab. Usahakan makanan yang bervitamin agar bulu tidak mudah rontok.
  12. Apakah ongkos kirim ditanggung oleh pembeli?
    Untuk ongkos kirim memang ditanggung pembeli.
  13. Mahal sekali harga ayamnya?
    Ayam hias memang berbeda harganya jika dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Untuk itu sangat wajar jika harga yang ditawarkan lebih mahal. Ayam hias mempunyai nilai jual yang tinggi karena populasinya tidak sebanyak ayam kampung disamping itu ayam hias juga mempunyai kelebihan yang tidak semua ayam kampung memilikinya.
  14. Apakah bisa telur ayam mutiara dititipkan pada ayam kampung?
    Bisa. Jika telur yang dierami ayam kampung semua diganti dengan ayam mutiara maka kita lebih mudah mengontrolnya. Namun jika sebagian ada ayam kampung maka ayam yang menetas terlebih dahulu harus dipindahkan agar ayam kampung tetap dalam posisi mengeram.
  15. Apakah Ada jaminan telur yang dikirimkan menetas?
    Kami tidak bisa menjamin telur yang kami kirimkan akan menetas. Namun kami mengusahakan telur yang kami kirimkan fertil dengan cara komposisi jatntan dan betina 1 berbanding 4-5 ekor. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan telur fertil lebih besar.
  16. Jenis ayam apakah yang harganya paling murah?
    Dari 34 jenis koleksi ayam hias yang kami miliki, ayam yang paling murah harganya adalah jenis ayam kate dengan kategori umur 1 bulan.
  17. Jenis kalkun apa yang paling banyak permintaannya?
    Dari 7 macam jenis kalkun yang kami miliki, jenis ayam kalkun bronze merupakan kalkun yang paling banyak peminatnya. Kalkun ini biasanya dikonsumsi untuk dijadikan menu kalkun panggang yang lezat. Diantara jenis kalkun lain, kalkun ini juga mempunyai harga yang paling terjangkau.
  18. Mengapa ayam mutiara tidak mengerami telurnya padahal telurnya sudah banyak?
    Ayam mutiara memang tergolong ayam yang kurang pandai dalam mengerami telurnya. Di habitat aslinya di Afrika, mutiara meletakkan telurnya di suatu tempat dan ditutupi ranting dan tanah. Sehingga telurnya menjadi hangat dan secara alami dapat menetas sendiri tanpa dierami indukannya.
  19. Apakah semua telur ayam mutiara dapat ditetaskan?
    Jika pada awal masa bertelur ayam mutiara telah dibuahi pejantan maka ada kemungkinan semua telur yang dihasilkan ayam mutiara dapat di tetaskan. Jika jumlah telur yang dihasilkannya cukup banyak, maka dapat dititipkan pada indukan lain atau ditetaskan pada mesin penetas.
  20. Telur ayam mutiara sebaiknya dititipkan di indukan lain atau ditetaskan menggunakan mesin penetas ?
    Bisa kedua-duanya. Jika jumlahnya tidak begitu banyak bisa dititipkan pada indukan lain. Namun jika jumlahnya banyak maka sebaiknya dimasukkan ke dalam mesin penetas telur.
  21. Apakah makanan ayam hias sama dengan makanan ayam kampung?
    Pada dasarnya sama saja. Hanya saja untuk untuk jenis ayam yang menghasilkan suara yang bagus seperti ayam pelung dan ayam ketawa perlu penambahan makanan seperti jangkrik, serangga atau ikan yang kecil. Untuk ayam kalkun dan ayam mutiara makanannya perlu penambahan irisan sayuran segar.
  22. Apa kelebihan ayam phoenix dan apa bedanya dengan ayam onagadori?
    Ayam phoenix mempunyai kelebihan yaitu mempunyai ekor yang panjang dan lurus sedangkan ayam onagadori mempunyai ekor panjang dengan bentuk ikal.
  23. Apa yang harus kita lakukan setelah menerima paket ayam?
    Setelah menerima paket ayam, ayam diletakkan dalam kandang karantina terlebih dahulu. Setelah ayam dapat menyesuaikan diri maka kita baru memindahkan ayam ke  dalam kandangnya.
  24. Apa penyebab ayam tidak mau makan saat baru sampai?
    Ayam yang tidak langsung mau makan setelah lama dalam perjalanan, ada kemungkinan masih menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Untuk itu perlu pengamatan agar ayam dapat pulih kembali seperti semula.
  25. Bagaimana proses pemesanannya barang lebih dahulu sampai apa transfer terlebih dahulu?Jadi untuk pemesanan ayam langkahnya seperti berikut;
  1. Tentukan jumlah dan umur ayam
  2. Kami kirimkan detil harga
  3. Transfer ke rekening kami
  4. Target kami 5 hari setelah transfer ayam kami kirimkan