Penting di Pelajari di Tahap Awal Beternak Ayam Jantan Buras Secara Intensif

Penting di Pelajari di Tahap Awal  Beternak Ayam Jantan Buras Secara Intensif

Secara umum masyarakat Indonesia terutama di daerah pedesaan dalam pemeliharaan ayam jantan buras dilakukan secara tradisional. Cara pemeliharaan secara tradisional ini tentunya masih sangat sederhana sehingga hasilnya pun masih belum optimal. Jika kita ingin memelihara ayam buras dengan hasil yang optimal, kita harus melakukan beberapa perubahan dalam sistem pemeliharaannya. Kita dapat beralih ke sistem pemeliharaan secara intensif.  Adapaun dengan sistem intensif ini dapat meliputi hal-hal sebagai berikut

Ayam Jantan Buras

Ayam Jantan Buras

 Kandang merupakan kegiatan paling utama untuk dilakukan. Sebelum anak ayam dimasukkan kandang sudah harus tersedia.

Dalam persiapannya meliputi kegiatan berikut

  1. Sanitasi Kandang

Kandang dibersihkan dari kotoran debu, serangga laba-laba mapun kotoran lainnya seperti bulu dari hewan ternak yang lama. Selain itu perlu dilakukan penyemprotan untuk membersihkan kandang dari bakteri dengan bahan kimia pembunuh kuman seperti Creolin dan Amonia

  • Obat pembunuh kuman diencerkan terlebih dahulu dengan air, dosis 10 ml/liter air.
  • Kemudian larutan obat tersebut disemprotkan keseluruh ruangan kandang
  • Setelah kandang disemprot biarkan selama satu minggu
  1. Pemberian Alas Kandang

Alas berfungsi untuk menyerapa cairan dan kotoran ayam selain itu juga berfungsi untuk memberikan kehangatan dan sebagai bantal untuk tidur. Alas bisa berupa sekam padi, potongan jerami, bubuk gergaji pasir dan kapur. Untuk ketebalannya bisa menyesuaikan dengan cuaca setempat, untuk cuaca panas sekitar 5 cm dan yang berhawa dingin bisa 8-10 cm.

  1. Sanitasi Kandang Tahap Kedua

Pada tahap kedua sanitasi kandang dilakukan disenfektan yaitu membersihkan kandang dari hama-hama yang mungkin dapat membahayakan kesehatan ayam. Dengan cara pemberian bahan kimia pembunuh kuman dengan Formaldehyda dan formalin.

  1. Sanitasi Perlengkapan

Sebelum wadah pakan dan wadah minum digunakan terlebih dahulu dibersihkan menggunakan sabun atau detergen dan sebagainya.

  • Wadah makan dan minum dicuci menggunakan sabun
  • Kemudian dicuci dan disterilkan dari hama dengan obat pembunuh kuman , encerkan terlebih dahulu dengan dosis 10 ml/ 1 liter air
  • Wadah dicuci dengan obat pembunuh kuman
  • Kemudian wadah dibilas dengan air sampai bersih
  1. Pemasangan Perlengkapan

Kandang yang sudah dibersihkan dan siap sebagai tempat tinggal ayam beri perlengkapan seperti wadah pakan, wadah minum, indukan, lampu, dan termometer. Brooder diletakkan ditengah-tengah ruangan kandang dengan ketinggian 1,5 m dari alas kandang. Namun untuk pemeliharaan anak ayam dikandang boks, brooder menggunakan lampu 40-60 watt dengan ukuran kandang boks 1m x 1m. Lampu diletakkan ditengah-tengah kandang dengan ketinggian 15 cm.

Ayam Buras Pedaging

Ayam Buras Pedaging

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam Kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL 

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

 Kata Terkait : Ayam Kampung, Ayam Buras, Kandang Ayam Buras, Ayam Kampung Super, Jual DOC Ayam Kampung Super

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *