Penting di Ketahui Peternak Ayam untuk Memanfaatkan Kotoran Ayam sebagai Pupuk Kandang

By | May 5, 2016
Pupuk Kandang

Pupuk Kandang

Penting di Ketahui Peternak Ayam untuk Memanfaatkan Kotoran Ayam sebagai Pupuk Kandang 

Sebagai peternak ayam sebaiknya memang kita perlu memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan ayam yang kita miliki. Salah satu hal yang kadang lupa untuk di perhatikan adalah kotoran ayam, yang terkadang malah kita menutup hidung saat melihatnya. Padahal di balik kotoran ayam tersebut itu kita bisa menemui banyak manfaat. Saat kita memiliki kotoran ayam yang cukup banyak kotoran ayam tersebut bisa kita olah menjadi pupuk kandang yang bernilai tinggi. Banyak petani yang lebih memilih penggunaan pupuk kandang dari kotoran ayam merupakan indikasi bagus bagi kita.

Pupuk kandang merupakan bahan yang berasal dari dekomposisi atau fermentasi dari kotoran hewan, pupuk kandang ini menyediakan unsur hara yang sangat baik untuk tanaman. Respon tanaman terhadap pupuk kandang terutama tanaman sayuran sangatlah cepat. Pupuk kandang memiliki kandungan unsur makro seperti Nitrogen (N), Phospor (R), Kalium (K), Calsium (Ca), Magnesium (Mg) dan Sulfur (S).

Dalam beternak ayam tentu saja kita bisa dengan mudah mendapatkan kotoran ayam untuk di buat sebagai pupuk kandang. Penggunaan sistem kandang ayam dengan metode kandang ayam panggung memudahkan kita untuk mengambil kotoran ayam tersebut. Kotoran ayam yang di fermentasi anaerob selama 21 hari dengan bantuan probiotik akan menghasilkan pupuk kandang yang berkualitas. Pupuk kandang yang diolah umumnya berbentuk granule dan siap digunakan.

Kelebihan pupuk kandang ini adalah mampu merangsang aktivitas biologi tanah dan memperbaiki sifat fisik tanah. Pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam lebih diminati oleh petani karena lebih cepat diserap tumbuhan. Dalam jumlah pupuk kandang yang tidak terlalu banyak pun kita bisa gunakan untuk memupuk tanaman di rumah kita. Menikmati pemandangan tanaman yang subur dengan buah yang banyak di kombinasikan dengan koleksi ayam hias yang lucu-lucu dan unik merupakan kebahagian tersendiri.

Ingin memulai beternak ayam hias yang unik dan lucu. Segera hubungi kami kapan saja dan dapatkan ayam hias berkualitas dengan harga terjangkau. Silahkan hubungi kami di:

Call/SMS : 0822-2123-5378

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : [email protected]

Kata terkait:

Pupuk kandang, pupuk dari kotoran ayam, harga pupuk kandang, pupuk kandang ayam, manfaat pupuk kandang, cara membuat pupuk kandang, jual pupuk kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *