Pengaruh Cuaca dan Langkah Antisipasi terhadap Kesehatan Ayam Hias

By | March 6, 2016

Pengaruh Cuaca dan Langkah Antisipasi terhadap Kesehatan Ayam Hias

  1. Pengaruh Cuaca

Pengaruh perubahan cuaca yang ekstrim sangat mempengaruhi kesehatan ayam, dampak perubahan suhu antara lain dapat meningkatkan stress panas (heat stress) pada ayam. Kondisi ini menyebabkan adanya penurunan daya tahan pada ayam (immunosupresi) yang berpengaruh langsung pada produktivitas telur dan daging serta kesehatan ayam. Suhu nyaman untuk ayam adalah 25-27 ° C dan kelembaban udara 60-70 %, ayam yang dipelihara pada suhu 34-35 ° C dan kelembaban 48 % akan menyebabkan penurunan konsumsi pakan dan meningkatkan komsumsi minum. Bila konsumsi pakan yang tidak terpenuhi maka pertumbuhan dan produksi akan menurun. Kelembaban yang tinggi juga diperparah dengan meningkatnya ancaman penyakit, hal ini seolah didukung dengan pergantian cuaca (pancaroba) sehingga merebaknya penyakit menular antar unggas. Tanpa adanya drainase dan biosecurity yang baik, lingkungan sekitar farm bisa menjadi tempat bersarangnya bibit penyakit pada ayam.

cuaca

cuaca

  1. Langkah Antisipasi

Beberapa langkah yang dapat menekan stress panas pada ayam adalah sebagai berikut :

  1. Mengatur kepadatan kandang dan populasi kandang

Pelebaran kandang berhubungan dengan jumlah populasi kandang, sehingga mampu memberikan rasa nyaman pada ayam. Dengan kandang yang semakin lebar maka akan menambah jumlah tempat air minum sehingga kesempatan ayam minum juga semakin bertambah. Dengan jumlah luasan kandang dan populasi yang sesuai dan nyaman ayam dapat mengeluarkan panas dengan baik dan dapat mengurasi resiko stress panas.

  1. Pemberian vitamin dan eletrolit

Pemberian vitamin dan elektrolit dapat membantu mengurangi stres akibat panas pada ayam. Pemberian vitamin seperti C dan E dapat membantu mengurangi stress, sedangkan pemberian elektrolit akan membantu keseimbangan elektrolit pada ayam pada kondisi apapun sehingga dapat meningkatkan data tahan dan stamina tubuh.

  1. Memperhatikan kualitas ransum pada ayam

Pada kondisi stres panas pada ayam hal yang perlu diupayakan adalah konsumsi ayam tetap baik, disamping itu ransum yang diberikan harus memenuhi nutrisinya. Kebutuhan nutrisi mikropun juga harus terpenuhi karena sangat essensial sehingga dalam stres panas produktivitas ayam tetap optimal

  1. Sanitasi dan sirkulasi kandang

Sanitasi kandang yang baik dengan mengunakan desinfektan tujuannya dapat membunuh bibit penyakit. Disamping itu sirkulasi udara dalam kandang harus baik, sirkulasi udara yang baik adalah dapat mengalirkan panas keluar kandang pada siang hari sehingga dapat menekan stres panas ayam dalam kandang. Sedangkan pada malam hari udara sekitar kandang tetap hangat dan nyaman.

Semoga bermanfaat

2 thoughts on “Pengaruh Cuaca dan Langkah Antisipasi terhadap Kesehatan Ayam Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *