Penanganan Anakan Ayam dari umur 1 – 4 Bulan

By | March 20, 2015

Perawatan Anakan Ayam Hias dari umur 1 – 4 Bulan

Ayam hias dari umur 1 sampai 4 bulan memang memerlukan penanganan tersendiri. Ketelatenan dan kesabaran dalam hal ini sangat dibutuhkan. Perlakuan anakan tentu saja berbeda bila di bandingkan dengan ayam yang sudah dewasa. Berikut akan kami jelaskan poin-poin perawatan anakan ayam hias dari umur 1 sampai 4 bulan.

  1. Pasang lampu pijar 40/45 watt dinyalakan 24 jam agar ayam merasa hangat dan terangsang terus untuk makan dan minum. Saat malam ayam juga akan tetap makan sehingga asupan makanan yang cukup banyak membuat ayam lebih fit dan sehat kemudian cepat tumbuh besar.
  2. Pisahkan ayam dari jenis lain. Jika mempunyai beberapa jenis ayam sebaiknya tetap di pisah karena ayam besar biasanya lebih menang mengambil jatah makan sehingga ayam kecil tidak dapat makanan yang cukup atau bisa juga yang besar mematuk yang kecil.
  3. Segera pisah ayam yang terlihat sakit. Penularan penyakit bisa terjadi dengan bersentuhan antar ayam, lewat makanan dan minuman maupun lewat udara.
  4. Tetap menjaga ayam di box/ kandang sesekali bisa di jemur satu jam di pagi hari.

Empat poin di atas merupakan dasar perawatan ayam hias untuk anakan sampai umur 4 bulan. Dengan ketelatenan untuk selalu mengkontrol ayam pagi maupun sore, memperhatikan makanan dan kebersihan kandang merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam perawatan. Namun sudah kita sadari bersama faktor lain seperti cuaca serta penyebaran penyakit yang tidak bisa kita hindari.

Kata terkait:

ayam hias, jual ayam, jenis ayam hias, jual ayam cemani, jual ayam hias, ternak unggas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *