Pemeliharaan Ayam Pelung dari Anakan Hingga Dewasa

Pemeliharaan Ayam Pelung dari Anakan Hingga Dewasa

Ayam Pelung adalah ayam hias yang sangat potensial untuk dipelihara masyarakat karena mempunyai banyak kelebihan. Postur tubuhnya yang tinggi dan gagah sangat potensial untuk diambil dagingnya. Ditambah suara kokokannya yang sangat merdu membuat orang banyak menyukainya. Dewasa ini bermunculan peternak ayam pelung yang menyediakan ayam Pelung dalam berbagai varian umur dan harga. Selain itu ada juga yang menyediakan telur pelung siap tetas yang dapat ditetaskan pada indukan lain atau ditetaskan dalam mesin penetas.

Bagaimana cara memelihara ayam Pelung?

Ayam pelung dapat dipelihara berdasarkan kelompok umur. Beda kelompok umur, biasanya cara perlakuannya juga akan berbeda. Untuk itu jika ingin memelihara ayam pelung, marilah kita perhatikan berdasarkan umurnya.

Ayam Pelung Jantan Umur 2 Bulan Pesanan Pak Taufiq Di Pondok Gede

Ayam Pelung Jantan Umur 2 Bulan

Pemeliharaan ayam pelung masa anakan

Anakan ayam pelung ada yang dipelihara oleh indukan sendiri, imndukan ayam lain dan ada yang di letkkan dalam kotak berpenghangat. Untuk anakan yang dipelihara oleh indukan, mereka memperoleh makanan dan minuman yang dicarikan oleh induk mereka. Saat mereka kedinginan, induk mereka akan melindungi mereka dibawah sayapnya agar anakan ayam pelung tetap dalam kondisi hangat. Kondisi yang berbeda bila anakan pelung yang ditetaskan dalam mesin penetas. Mereka akan diletakkan dalam kotak berpenghangat. Untuk makanan dan minuman akan disediakan oleh peternak.

Jumlah anakan yang dipelihara dalam kotak berpenghangat disesuaikan dengan umur dan besar kotak. Untuk kotak ukuran 180 x 80 x 50 cm bisa muat sekitar 15-20 ekor anakan pelung yang maksimal hingga berumur 1,5 bulan. Saat populasi terlalu padat, bisa dikurangi dengan memindahkan sebagian ayam ke kotak yang lain. Mak

anan anakan pelung berupa voer atau BR. Bisa juga campuran tepung jagung, kedelai, bekatul, tepung ikan dan lain sebagainya. Minuman ayam pelung haus sering diganti agar bersih dari lumut yang bisa memacu bakteri untuk tumbuh subur.

Pemeliharaan masa ayam pelung remaja

Saat ayam pelung beranjak dewasa, mereka dapat dipindahkan ke dalam kandang pembesaran. Pada umur 1,5 bulan lebih ayam pelung, jumlah protein dikurangi. Contoh makanan yang ideal adalah pakan untuk ayam pedaging. Pemberian diberikan pada waktu pagi dan siang hari. Untuk makanan tambahan bisa berupa irisan sayuran seperti kangkung, tauge. Juga jagung giling dan gabah.

Pemeliharaan masa ayam pelung dewasa

Ayam pelung yang telah berumur 6 bulan sudah dikategorikan ayam dewasa. Saat itu suara berkokok ayam pelung mulai muncul. Berat badan ayam pelung bisa mencapai 3 kg lebih tergantung konsumsi pakan dan jenisnya. Pada umumnya jantan lebih berbobot dibandingkan betina. Makanan berupa pakan untuk ayam pedaging. Bisa juga dedak yang dicampur bekatul dan kangkung, ditambah kangkun yang telah diiris dan tauge. Untuk menjaga stamina bisa ditambahkan ikan kecil, kerang, katak. Minumannya akan lebih baik kalau menggunakan air matang.

Bagaimana cara agar ayam pelung bersuara merdu?

Agar ayam pelung bersuara merdu, ayam diberi makanan khusus yang bisa dibuat sendiri. Bahannya adalah kuning telur ayam kampung, 1 sendok mentega, pisang ambon dan madu sebanyak 1 sendok. Bahan tersebut dilumatkanhingga halus dan disuapkan secara rutin. Ayam pelung perlu dilatih dengan memperdengarkan rekaman suara pelung yang sudah bagus, maka lama kelamaan ayam pelung akan menirunya.

Ayam pelung jantan dewasa yang suaranya merdu dpat diletakkan dalam kandang tersendiri yang disebut kandang ajeng. Kandang ini jika malam hari ditutup agar ayam tidak mudah masuk angin. Ayam yang akan dilombakan jangan terlalu sering digabung dengan betina agar tidak mengawininya. Jika terlalu sering mengawini betina maka akan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Disamping itu bulunya akan mudah rontok. Tentu akan mengurangi nilai saat lomba diadakan.

Dan jika Anda ingin mencoba memelihara ayam hias dengan berbagai jenis yang kami miliki, kami menyediakan telur ayam hias yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan hingga ayam dewasa siap produksi ayam hias kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata terkait:
anakan ayam pelung, suara ayam pelung, produktivitas ayam pelung, ayam pelung dewasa, makanan ayam pelung

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *