5 Hal yang Perlu Direncanakan Pada Pemeliharaan Ayam Kampung Secara Intensif

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

5 Hal yang Perlu Direncanakan Pada Pemeliharaan Ayam Kampung Secara Intensif

Ayam Jawa Super

5 Hal yang Perlu Direncanakan Pada Pemeliharaan Ayam Kampung Secara Intensif

pemeliharaan ayam kampung

DOC Ayam Kampung Super

Pemeliharaan ayam kampung super sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pemeliharaan unggas jenis lain. Untuk menunjang produktivitas yang perlu dipersiapkan tidak hanya menyangkut bibit namun ada beberapa hal yang turut mempengaruhi. Beberapa hal ada yang saling berkaitan dan saling melengkapi. Beberapa hal yang diperlukan untuk persiapan jika kita memelihara ayam kampung super secara intensif diantaranya :

Lokasi kandang yang baik

pemeliharaan ayam kampungLokasi kandang juga mempengaruhi keberhasilan dalam pemeliharaan ayam kampung super karena lokasi kandang akan memperlancar distribusi ayam ke seluruh daerah. Untuk itu sangat diperlukan lokasi kandang yang baik. Lokasi kandang yang baik bila memenuhi beberapa syarat diantaranya dekat dengan jalan raya, sehingga memudahkan dalam mengangkut pakan atau pendistribusian ayam, dekat dengan sumber mata air sehingga memudahkan dalam membersihan peralatan kandang, pemberian pakan dan minum, letaknya minimal 500 meter dari kandang lainnya dan lokasi yang cukup jauh dari pemukiman warga.

Mempersiapkan kandang indukan, kandang pemeliharaan DOC dan kandang pembesaran

Di area kandang ada beberapa jenis kandang dengan ukuran dan penggunaannya berbeda-beda. Kandang indukan digunakan untuk indukan yang siap untuk dikawinkan. Kandang jenis ini mempunyai ukuran tergantung dari jumlah ayam yang diperlihara. Untuk kandang indukan berukuran kurang lebih 6×5 meter yang bisa menampung 130 ayam. Komposisi antara pejantan dan indukan sebaiknya 1:10. Jika terlalu banyak indukan maka presentase dibuahi akan semakin berkurang.pemeliharaan ayam kampung

Kandang Pemeliharaan DOC

Kandang berbentuk boks dengan alat penghangat. Di dalam suhu diusahakan berkisar 35-38 derajat celcius. Setelah berumur 17-25 hari, anakan dapat dipindahkan (tergantung kondisi ayam).

Kandang pembesaran

Kandang untuk fase starter (1-4 minggu) berbentuk boks berpenghangat dengan suhu 30- 32 derajaat celcius.

Kandang untuk fase finisher (5-8 minggu) berbentuk kandang postal atau kandang ren.

DOC atau bibit ayam kampung super yang berkualitas kriterianya:

  1. Sehat dan tidak cacat.

  2. Dapat berdiri tegak.

  3. Mata tidak sayu.

  4. Bulu bersih dan mengkilap.pemeliharaan ayam kampung

Manajemen pemeliharaan (pemberian pakan, kesehatan dan sanitasi)

Pemberian pakan

Pakan sangat mempengaruhi dalam hal keberhasilan ternak ayam kampung super. Komposisi nutri sangat penting dipengaruhi umur ayam dan jenis ayam (petelur dan pedaging yang mempunyai komposisi nutrisi yang berbeda setiap ayamnya).

Komposisi pakan umur 0-7 hari sekitar 10 gram/ ekor/ hari, umur 7-39 hari sekitar 40-60 gram/ ekor/ hari dan umur lebih dari 30 hari hingga ayam siap panen sekitar 80-100 gram/ ekor/ hari.

pemeliharaan ayam kampung

pakan

Pemeliharaan kesehatan

Sebenarnya kita dapat mencegah penyakit yang menyerang ayam dengan melakukan pongontrolan terhadap kandang. Kandang diusahakan dalam kondisi kering dan terkena sinar matahari secara langsung. Namun apabia ayam terkena penyakit maka perlu dilakukan pengobatan. Di samping itu diperlukan upaya karantina dengan memisahkan ayam yang sakit ke kandang yang terpisah dan membersihkan bekas pakan, minum dan kandang yang digunakan ayam yang sakit. Hal tersebut untuk mencegah tertularnya ayam lain terkena penyakit.

Sanitasi

Sanitasi merupakan usaha untuk membina dan menciptakan suatu keadaan yang baik dibidang kesehatan terutama kesehatan manusia. Dalam area kandang perlu dibersihkan dari segala kotoran termasuk area halaman kandang, dalam kandang termasuk tempat pakan, minum, tempat bertengger, dinding kandang dan atap kandang.

Masa panen dan strategi pemasaran

Ayam kampung super mulai dipanen pada umur 6 minggu dengan berat berkisar 0,7-0,9 kg per ekor. Jika menginginkan ayam dengan bobot yang lebih besar maka ayam dapat dipelihara hingga umur 12 minggu. Jadi untuk menentukan masa panen tergantung dari permintaan pembeli dan jumlah pakan yang diberikan untuk ayam.pemeliharaan ayam kampung

Dalam memasarkan hasil panennya peternak biasanya bekerjasama dengan pengepul (pengumpul hasil panen untuk dijual kembali). Pada umumnya pengepul akan memasarkan ke pembeli di wilayah kota, bekerjasama dengan supermarket, rumah makan, restoran dan menjual ke pasar tradisional.

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC ayam kampung super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
Ternak ayam kampung, kandang ayam kampung, beternak ayam kampung super, harga jual DOC ayam kampung wilayah Makasar, budidaya ayam kampung, pakan ayam kampung, cara ternak ayam kampung yang baik, ternak ayam kampung modern, pakan ayam kampung, tips ternak ayam kampung, ukuran kandang ayam kampung, kapasitas kandang, harga beli ayam kampung pedaging

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
DOC atau Bibit Ayam Kampung Super
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: