Pakan Tambahan sebagai Vitamin Ayam Serama

Ayam serama adalah ayam hias yang unik, ayam yang diklaim sebagai ayam terkecil di dunia ini saat ini banyak digemari orang. Memberi makan ayam serama tidaklah membutuhkan biaya yang banyak karena ayam ini kecil dengan bobot sekitar 350 gram. Hendaknya dalam pemberian pakan selalu diperhatikan kandungan gizi dan proteinnya. Misalnya saja ayam serama diberi makan poer, nasi, bekatul, jagung, yang dicampur dengan air matang agar tidak mudah sakit. Selain dengan pakan seperti yang disebutkan diatas, ada baiknya ayam serama diberi tambahan makanan agar lebih sehat dan mencegah kebosanan.

Ayam Serama

Ayam Serama

Salah satu jenis makanan yang kami sarankan untuk ayam serama adalah buah pepaya ataupun pisang. Buah pepaya dapat dijadikan pakan tambahan karena buah ini berperan untuk dapat melancarkan pencernaan. Sehingga dapat mencegah ayam pepaya dari penyakit kapur putih. Penyakit kapur putih adalah suatu penyakit ayam yang ditandai dengan berak ayam berwarna putih seperti kapur. Oleh karena itu, buah pepaya dapat diberikan ke ayam serama untuk melancarkan pencernaannya.

Ayam serama yang memiliki postur kecil, rawan sembelit karena ususnya yang pendek sehingga sangat rawan makanan tertumpuk disalurna pencernaan. Salah satu buah untuk mencegahnya adalah pepaya / pisang. Buah pepaya dan buah pisang dikenal kaya akan vitamin C yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada ayam serama. Adapun untuk cara pemberian buah pepaya atau buah pisang adalah dengan cara dipotong-potong terlebih dahulu kecil-kecil seperti dadu, kemudian tempatkan pada wadah pakan. Buah pepaya / pisang dapat diberikan satu minggu sekali.

Selain diberikan buah-buahan, untuk menjaga kesehatan ayam serama, Anda dapat memberikan suplemen vitamin untuk ayam Anda. Vitamin dapat dibeli di toko-toko peternakan dan umumnya vitamin untuk ayam serama sama dengan vitamin untuk ayam-ayam jenis lain. Vitamin yang disarankan adalah yang mengandung vitamin A, B, dan C. Vitamin dapat diberikan secara bersamaan ataupun terpisah. Jenis suplemen lain yang disarankan adalah minyak ikan. Minyak hasil ekstrak lemak ikan itu dipercaya dapat mengkilapkan bulu karena mengandung vitamin E tinggi dan dapat merangsang nafsu makan. Minyak ikan berupa kapsul diberikan 2 kali seminggu. Kapsul disuapkan langsung ke mulut serama. Nah demikianlah artikel kami tentang Pakan Tambahan sebagai Vitamin Ayam Serama, silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam serama berkualitas.

Call/SMS : 0812 2028 8686 

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *