3 Cara Merawat Burung Kenari Bakalan Agar Berbunyi Nyaring dan Gacor

By | February 24, 2017

3 Cara Merawat Burung Kenari Bakalan Agar Berbunyi Nyaring dan Gacor

Burung Kenari pada umumnya mulai belajar berkicau pada umur 5 dan 6 bulan. Semakin bertambah besar maka kemampuan berkicau semakin baik dan nyaring. Sebelum memasuki tahapan berkicau, pada umur 4 bulanan kita harus merawat bakalan atau Kenari yang umurnya 4 bulanan. Pada umur 4 bulanan, peternak perlu memiliki kesabaran dalam merawatnya.

Memelihara Kenari muda memang memiliki berbagai kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya karena harganya biasanya lebih murah dan dapat dimaster menjadi kenari yang bersuara nyaring dan gacor. Dan kekurangannya jika kita memelihara bakalan yaitu Kenari belum bisa berkicau secara maksimal.

Jika kita menginginkan Kenari yang kita miliki berkicau nyaring dan gacor maka kita perlu mempersiapkan kenari yang berumur 25 – 30 hari. Dengan memelihara Kenari anakan maka kita lebih mudah untuk membentuk menjadi master. Untuk mendapatkan kenari yang bersuara merdu, kita perlu melakukan langkah-langkah agar kenari kita bersuara bagus.

Langkah awalnya adalah memastikan pejantan Kenari karena hanya pejantan yang bisa berkicau merdu. Pastikan Kenari tersebut sehat dan terbiasa dengan manusia. Kemudian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

Burung Kenari

Burung Kenari

Bagaimana cara merawat Burung Kenari bakalan agar dapat berbunyi nyaring dan gacor?

Berikut 3 cara merawat Burung Kenari bakalan agar dapat berbunyi nyaring dan gacor

  1. Pemberian pakan protein tinggi

Burung Kenari membutuhkan nutrisi tinggi untuk menunjang pertumbuhan bulu, sel dan perkembangan organ tubuhnya. Untuk masing-masing umur membutuhkan nutrisi dengan kadar yang berbeda.  Burung kenari termasuk burung yang membutuhkan nutrisi dengan kadar protein yang tinggi. Makanan protein tinggi tersebut diberikan sejak Kenari berumur muda. Pakan kadar protein tinggi tersebut bisa dibeli di toko pakan ternak terdekat. Protein yang dibutuhkan sekitar 20 – 22 %. Kadar tersebut berguna untuk memacu perkembangan dari sel-sel dan organ pertumbuhan yang belum tumbuh sempurna.

Pada umur 4 bulan – 7 bulan kebutuhan protein burung Kenari akan mengalami penurunan. Jadi yang dibutuhkan sekitar 14-16 % saja. Sedangkan untuk kenari diatas 7 bulan maka kebutuhan protein akan meningkat lagi. Kebutuhan protein Kenari dewasa sekitar 17 – 20%. Makanan harian Burung Kenari sejenis biji-bijian, kroto dan lain sebagainya. Sedangkan untuk makanan tambahan berupa buah-buahan dan sayur-sayuran.

Untuk Kenari anakan membutuhkan sayuran yang dibutuhkan yang berwarna hijau gelap karena mengandung Vitamin A dan Vitamin C. Sayuran gelap juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi dan magnesium.

Kenari yang masih muda atau bakalan membutuhkan buah-buahan seperti buah apel dan buah pir yang porsinya seperempat dari besar buah. Sebelum kita menyajikan, kita dianjurkan untuk mengupas dan membuang bijinya terlebih dahulu.  Untuk buah-buahan yang tidak boleh diberikan untuk Burung Kenari contohnya adalah buah alpukat dan tanaman coklat.

  1. Makanan tambahan untuk Kenari

Seperti halnya hewan lain, Burung Kenari juga membutuhkan makanan tambahan berupa telur burung puyuh rebus dan kroto. Kroto bisa didapatkan di toko pakan ternak. Telur puyuh rebus diberikan secara  rutin untuk kenari anakan sedangkan untuk kenari dewasa diberikan secara berkala agar tidak memacu birahi Burung Kenari. Pemberian telur burung puyuh untuk anakan kenari cukup separuh saja.

  1. Di jemur di bawah sinar matahari

Burung Kenari yang telah dewasa sesekali dijemur di bawah sinar matahari selama 1 – 2 jam pada waktu pagi hari. Biasanya Kenari diangin-anginkan terlebih dahulu selama 30 menit, baru kemudian dimandikan atau disemprot. Kemudian kandang dibersihkan. Setelah dibersikan, kenari dapat diberikan makanan dan minuman. Setelah itu bisa dilakukan proses penjemuran yang biasanya dimulai pada pukul 08.00-10.00 WIB. Setelah dijemur, dapat diangin-anginkan sejenak. Burung Kenari juga perlu di kerodong sangkarnya. Setelah itu Burung Kenari bisa dimaster dengan suara master. Pada waktu sore hari, Burung Kenari dapat di angin-anginkan, mandikan kembali   dan diberi makanan. Setelah itu dikerodong dan di perdengarkan rekaman suara kenari yang sudah master/ jadi.

Burung Kenari

Burung Kenari

Demikian beberapa perawatan yang harus kita lakukan agar kenari kita bersuara nyaring dan merdu. Untuk perawatan lebih awal dilakukan sedari dini agar kita dapat membentuk suara kenari menjadi merdu dan gacor. Merawat burung kenari memang tidak mudah dan membutuhkan proses yang cukup panjang. Namun dengan kesabaran saat kita merawat bakalan hingga berumur 2 tahun maka akan mulai terlihat hasilnya.

Bagi anda yang ingin memelihara burung kenari silahkan hubungi kami kapan saja. Kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Kicau Kenari, Suara Kenari, Jenis Kenari, Ternak Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *