Cara Merawat Burung Kenari agar Selalu Berkicau

By | September 6, 2016

Cara Merawat Burung Kenari agar Selalu Berkicau

Burung Kenari termasuk burung yang mempunyai suara sangat merdu. Kicauannya cukup nyaring, panjang dan merdu membuat orang yang mendengarnya sangat menikmati. Dalam memelihara Burung Kenari, kita membutuhkan ketelatenan, ketekunan dan kedisiplinan agar kenari yang kita pelihara tetap bersuara merdu. Untuk itu butuh perawatan yang tepat agar suara tetap merdu terdengar.

Selain menjaga agar tetap dalam kondisi prima, bersuara merdu, kita juga perlu menjaga Burung Kenari tidak terkena penyakit kutu, terkena jamur dan sesak nafas. Bila sampai burung terkena penyakit tersebut maka kenari tidak akan berkicau merdu lagi. Tentu akan mengurangi nilai jual dan daya tarik lagi. Untuk itu perlu di perhatikan beberapa tips di bawah ini:

Burung Kenari

Burung Kenari

Bagaimana cara merawat Burung Kenari agar selalu berkicau?

Berikut cara merawat Burung Kenari agar selalu berkicau

  • Perawatan harian Burung Kenari

Untuk menjaga agar Burung Kenari tetap bersuara merdu, ada beberapa perawatan harian yang perlu dilakukan. Diantaranya:

  1. Pada pukul 07.00-07.30 WIB Burung Kenari perlu diangin-anginkan di teras rumah. Setelah diangin-anginkan barulah dimandikan dengan menggunakan spray yang lembut.
  2. Sangkar Burung Kenari perlu dibersihkan dengan cara diganti alasnya, tempat makanan dan minuman dicuci dan dikeringkan baru kemudian di beri makanan dan minuman yang baru lagi. Untuk Kenari yang dewasa bisa diberikan makanan tambahan berupa sayuran sawi dan telur burung puyuh sebanyak separuhnya saja.
  3. Setelah burung diberi makan dan minum, saatnya Kenari dijemur di bawah sinar matahari pagi. Biasanya waktu penjemuran berkisar pada pukul 08.00- 11.00 WIB. Penjemuran berkisar 1-2 jam setiap hari. Pada saat penjemuran sebaiknya burung tidak diletakkan berdekatan. Setelah proses penjemuran, Burung Kenari dapat di angin-anginkan sejenak sekitar 10 menit barulah di tutup dengan kerodong/ penutup sangkar.
  4. Pada sore hari, burung dapat perdengarkan suara master dengan suara kenari yang telah jadi. Setelah 30 menit, kenari dapat diangin-anginkan, dimandikan dan diberi pakan dan minum, sayuran dan buah-buahan.
  5. Pada pukul 18.00 burung dikerodong dan diperdengarkan suara master kembali.
  • Cara merawat Burung Kenari agar berkualitas juara:
  1. Seminggu sebelum waktu perlombaan, Burung Kenari diusahakan tidak mendengar suara Burung Kenari lain.
  2. Pada 3 hari menjelang perlombaan, Burung Kenari jantan perlu di berikan makanan berupa telur puyuh rebus dan kroto.
  3. Sehari kemudian, Kenari dapat di jemur di bawah sinar matahari selama 30 menit saja.
  4. Pada hari perlombaan, perlu diberikan rebusan telur burung puyuh yang diberikan 1 jam sebelum waktu perlombaan.
  • Cara merawat Burung Kenari pasca lomba
  1. Perawatan setelah lomba sama persis seperti perawatan harian burung, kecuali rutinitas penjemuran
  2. Sehari setelah lomba barulah diberikan multivitamin
  3. Setelah 3 hari, barulah burung kenari dijemur dengan durasi 30 menit saja.

Untuk Kenari yang sedang memasuki masa birahi atau yang sedang sakit juga memerlukan penanganan khusus.  Untuk mengatasi Kenari yang sedang birahi kita perlu diberikan mentimun selama 2 hari berturut-turut. Memandikan dengan frekuensi 3 kali sehari dan dijemur dengan durasi sekitar 30 menit saja.

  • Mengatasi Burung Kenari yang sedang sakit

 Untuk mengatasi Kenari yang sedang sakit dan tidak mau berkicau bisa diberikan buah apel yang telah dibuang kulit dan bijinya selama 4 hari berturut-turut, perlu penambahan biji rami, biji niger dan biji fumayin. Pemberian kroto bisa diberikan 3x dalam satu minggu. Burung tidak perlu dimandikan setiap hari, namun cukup dimandikan setiap 2 hari sekali. Burung perlu dijemur dengan durasi yang lebih lama, menjadi  2-3 jam setiap hari. Burung yang sakit juga dipisahkan dari burung berkicau lainnya.

Demikian cara memelihara Burung Kenari agar selalu berkicau gacor dan ngeroll. Pemeliharaan sangat diperlukan mengingat kesehatan dan makanan sangat berperan dalam kelincahan dan kemerduan suaranya. Dengan pemeliharaan dan pemberian pakan yang tepat maka Burung Kenari dapat tumbuh optimal dan bisa mengeluarkan suaranya yang merdu.

Burung Kenari

Burung Kenari

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Kicau Kenari, Suara Kenari, Jenis Kenari, Ternak Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *