Tips Menjaga Bulu Burung Kenari Agar Tetap Mengkilap

By | February 25, 2017

Tips Menjaga Bulu Burung Kenari Agar Tetap Mengkilap

Bagi pencinta burung kicau atau yang akrab disebut dengan kicau mania, sebagian besar memilih Burung Kenari untuk diternakkan. Memelihara Burung Kenari memang suatu kegiatan yang menyenangkan dimana tidak setiap harinya kita akan terhibur oleh suara kicaunya yang merdu dengan begitu membuat suasana hati menjadi senang.

Burung Kenari disamping suaranya yang merdu juga terdapat bulu-bulunya yang indah. apalagi jika bulu-bulu yang indah itu dirawat dengan baik karena bulu yang cantik dan indah sangat berkaitan dengan perawatan terutama dalam kebersihannya. Burung Kenari yang dirawat dengan baik pasti terlihat berbeda dengan Burung Kenari yang dibiarkan saja tanpa adanya perawatan. tentu perawatan ini dilakukan secara berkelanjutan. Pemberian sayur-sayuran yang segar akan membuat bulu lebih menarik dan mengkilap.

Burung Kenari jika dirawat dengan baik memang akan menghasilkan Kenari yang memiliki bulu yang indah. namun jika perawatannya salah bisa saja bulu yang semula indah menjadi kusam karena pola perawatan yang tidak benar.

Burung Kenari

Burung Kenari

Apa penyebab Bulu Burung Kenari terlihat kusam?

Bulu Burung Kenari terlihat kusam karena disebabkan oleh beberapa hal diantaranya

  1. Waktu penjemuran terlalu lama

Menjemur Kenari yang kita pelihara merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan. namun kita perlu memperhatikan waktunya. Jangan sampai menjemur Kenari terlalu lama karena dapat menyebabkan bulu Kenari menjadi kusam karena zat minyak alami dan lapisan lilinya semakin akan berkurang jika dilakukan penjemuran terlalu lama. Waktu yang tepat untuk menjemur Burung Kenari yaitu pukul 07.00-09.00 pagi hari. jika melebihi waktu tersebut terik matahari membuat Kenari tidak sehat.

  1. Menjemur saat bulunya basah kuyup

Cara menjemur Burung Kenari secara benar yaitu tidak menjemur saat setelah mandi sehingga kondisinya masih basah. Sebaiknya didiamkan terlebih dahulu atau dilap terlebih dahulu hingga bulunya sudah mulai mengering dan saat itu juga Kenari akan sudah bisa langsung dijemur. Disamping bulu Kenari menjadi kusam bila menjemur Kenari saat bulunya masih basah juga akan membuat bulunya menjadi keriting terutama seusai mengalami fase mabung.

  1. Kekurangan minyak pengkilap

Seekor Burung Kenari dapat mengolesi bulu-bulunya dengan minyak pengkilap alami. Minyak alami terdapat di pangkal ekor dibagian atas yang membentuk seperti benjolan kecil bila ditekan akan mengeluarkan cairan minyak itu yang akan dimanfaatkan oleh Kenari untuk merawat bulunya agar tetap mengkilap dengan cara mengambilnya menggunakan paruhnya setelah diratakan dibagian bulu-bulunya.

Saat Kenari sudah mengalami usia tua biasanya minyak pengkilap tersebut berkurang sehingga Kenari tidak bisa mengolesi bulu-bulunya.

  1. Menggunakan obat kimia yang terlalu banyak

Didalam bulu Kenari memang terkadang terdapat kutu yang dapat mengganggu aktifitasnya. Maka dari itu pemilik akan memberantas kutu tersebut menggunakan obat pembasmi kutu yang biasanya berasal dari bahan kimia. Namun penggunaan secara berlebih akan menyebabkan lapisan yang ada di helai bulu Kenari menjadi hilang.

Burung Kenari yang bulunya yang kusam tentu mengurangi keindahannya, dengan begitu kita perlu mengetahui cara menjaga bulu Kenari agar tetap mengkilap.

Bagaimana cara menjaga bulu Burung Kenari agar tetap mengkilap?

Berikut tips untuk menjaga bulu Burung Kenari agar tetap mengkilap

  1. Memberikan sayuran hijau

agar Bulu Kenari tetap mengkilap dan tidak kusam, ternyata sayuran hijau mampu menyehatkan tubuh Burung Kenari tak terkecuali bulu-bulunya. Sayuran hijau mengandung berbagai vitamin dan juga betacarotin yang membuat bulu menjadi cerah.

  1. Menggunakan minyak ikan untuk perawatan harian

Untuk perawatan harian bisa sesekali diberikan minyak ikan yang bisa dicampur dengan pakan. Perawatan ini tidak hanya untuk mengembalikan bulunya mengkilap kembali tetapi juga dapat mengantisipasi agar bulunya tetap mengkilap dan tidak kusam.

  1. Minyak ikan untuk penyembuhan

Minyak ikan juga dapat digunakan untuk terapi selama bulu Kenari kusam. Minyak ikan bisa didapatkan di toko-toko burung terdekat. bentuknya ada yang bulat, memanjang berwarna kuning bening. bisa diberikan dengan dicampurkan pada pakan bijian dan egg food atau mengolesinya pada telur puyuh rebus.

Burung Kenari

Burung Kenari

Memiliki Burung Kenari yang suara kicaunya merdu dan bulunya yang indah merupakan kesenangan tersendiri bagi pemilik Burung Kenari. namun hal tersebut juga tidak lepas dari perawatan yang baik dan benar sehingga selain menjaga suara kicaunya, menjaga bulunya agar tetap indah juga perlu.

Bagi anda yang ingin memelihara burung kenari silahkan hubungi kami kapan saja. Kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari, Jenis Kenari, Suara Kenari, Kicau Kenari, Ternak Kenari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *