Menikmati Proses Perawatan Ayam Ketawa

Menikmati Proses Perawatan Ayam Ketawa

Ayam ketawa merupakan jenis ayam lokal Indonesia yang berasal dari Kabupaten Sindrap di Sulawesi Selatan, Ayam ketawa ini juga sering disebut dengan ayam jantan dari timur. Sekilas bentuk fisik ayam ketawa memang tidak jauh berbeda dengan ayam kampung pada umumnya. namun ayam ketawa ini memiliki keunikan tersendiri yaitu pada kokoknya, saat berkokok suara kokok ayam ketawa mirip seperti manusia yang sedang tertawa.

Merawat ayam ketawa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ayam kampung biasa. sejak ayam ketawa baru menetas ( DOC ) harus dipelihara dan diberi pakan berupa voer, menir, jagung giling, dedak dan pakan lainnya yang teksturnya lembut sehingga mudah dicerna. Kebutuhan pakan tersebut harus terpenuhi oleh setiap peternak. Hal lain yang penting untuk menjaga kesehatan dan menunjang perkembangbiakkan ayam ketawa perlu diberikan vitamin yang dicampur didalam makanan atau minumannya agar DOC ayam ketawa tidak mudah sakit perlu diberikan vaksinasi secara berkala.

Ayam Ketawa Super Dewasa Jantan

Ayam Ketawa Super Dewasa Jantan

Bagi ayam ketawa yang sudah berumur 4 bulan kita perlu menjemurnya dengan jarak waktu dua hari sekali. Memandikan ayam ketawa juga bermanfaat untuk menyehatkan bulu ayam ketawa. pada saat usia 4 bulan ini ayam ketawa diberi pakan berupa voer yang digabung dengan beras merah , dan makanan dan minuman diberi suplemen karena pada usia 4 bulan ini ayam sudah mulai berbunyi.

Untuk ayam ketawa dewas karena sudah mulai rajin berkokok, cukup diberikan pakan berupa beras murah, namun sesekali juga bisa diberikan pakan voer untuk menghindari kejenuhan karena pakannya tidak ganti-ganti. setelah ayam ketawa mulai berkokok perlu dilatih untuk berada ditenggeran, papan tenggeran dibuat ditempat yang lebih tinggi yang dibuat dari bahan hal ini berfungsi untuk melatih mental ayam ketawa saat beradu kokok dengan ayam lainnya. pada saat usia dewasa ayam ketawa dewasa bisa dimandikan maksimal 1 minggu 3-4 kali di lap menggunakan busa yang basah dan jangan terlalu basah karena dapat memengaruhi bulunya kemudian jemur selam 2-3 jam.

Ayam Ketawa Dewasa Sepasang

Ayam Ketawa Dewasa Sepasang

Agar ayam tidak mudah terkena penyakit kandang dan lingkungan kandang juga harus rutin untuk dibersihkan. Selain itu jenis ayam apapun pasti akan merasa bosan jika harus disangkarkan terus, maka dari itu sesekali kita harus menjemurnya di waktu pagi hari direrumputan. Ayam ketawa yang masih malas berkokok sebaiknya dipisahkan dengan ayam ketawa lainnya ditempat yang berbeda untuk memancing agar berbunyi.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam ketawa, kami menyediakan telur ayam ketawa yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam ketawa kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam ketawa dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata Terkait : Ayam Hias, Ayam Ketawa, Kokok Ayam Ketawa, Merawat Ayam Ketawa, Jual Ayam Ketawa, Harga Ayam Ketawa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *