Mengobati Ayam yang Terkena Penyakit Snot

Mengobati Ayam yang terkena penyakit snot

 

Penyakit snot atau coryza disebabkan oleh bakteri Haemophillus gallinarum. Penularan bisa melalui kontak langsung, melalui makanan, minuman, kandang yang telah digunakan maupun dari orang yang bersentuhan dengan unggas tersebut.

Penyakit ini biasanya merebak saat cuaca tidak bersahabat akibat pergantian musim dan perubahan suhu yang drastis menjadi salah satu sebab banyak ayam terserang penyakit. Pada sejumlah ayam gejala yang ditimbulkan seperti hidung ayam berlendir atau ingusan, muka dan mata bengkak, muncul kerak hidung, bernapas mengeluarkan suara seperti mengorok, nafsu makan berkurang, pertumbuhan badannya menjadi lambat. Yang sering terkena penyakit snot umumnya anakan ayam yang berumur kurang dari 16 minggu. Untuk angka kematian akibat penyakit snot bisa sekitar 30 %.

Untuk pengobatan bisa diberikan perparat sulfat seperti sulfadimethoxine atau sulfathiazole. Pemberian dapat diberikan pada saat memberi minum. Bisa juga dengan cara disuntikan.

Untuk pengobatan penyakit snot secara alami bisa dengan menggunakan obat alami seperti:

  1. Bawang putih

Zat yang terkandung di dalam bawang putih berfungsi sebagai antioksidan dan antivirus. Kita cukup memberikan sekitar dari 3% dari keseluruhan pakan yang kita berikan. Caranya dengan diparut kemudian langsung diberikan pada ayam yang menderita penyakit snot.

  1. Bawang Merah

Bawang merah  mempunyai kandungan yang berfungsi mengurangi gejala pilek pada anak ayam. Caranya mudah saja, cukup diparut saja, kemudian di oleskan pada ayamnya. Untuk anakan ayam cukup diberikan saja air kunyit dan air jeruk nipis.

  1. Jahe

Jahe dicuci bersih, kemudian dimemarkan. Tambahkan 1 liter air, gula batu sebesar 5 cm. Rebuslah kurang lebih 15 menit. Setelah dingin, saringlah. Tambahkan gula batu dan 10 liter air. Gunakan ramuan itu untuk memberi minum ayam yang terkena snot.

Indonesia termasuk negara beriklim tropis dimana saat musim hujan udara dingin, sedangkan saat panas udara bisa sangat ekstrim. Saat musimpancaroba biasanya penyakit mudah menyerang berbagai hean, termasuk unggas. Untuk itu perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan agar ayam tidak terkena penyakit snot.

  1. Menjaga kebersihan kandang

Usahakan secara rutin membersihkan kandang dengan menggunakan cairan desinfectant.

  1. Menjaga pola makan yang baik agar ayam tidak gampang sakit. Disamping itu perlu muntivitamin agar stamina aam menjadi kuat.
  2. Jika memungkinkan arah kandang menghadap ke timur agar kandang selalu terkena sinar matahari. Dengan demikian kandang selalu kering. Kandang yang lembab akan mengundang kuman dan bakteri untuk bersarang di kandang.

Demikianlah sekelumit informasi tentang penyakit snot, pengobatan dan pencegahannya. Semoga bermanfaat.

 

Kapsul Anti Snot

Kapsul Anti Snot

Kapsul Anti Snot adalah obat yang berfungsi untuk menyembuhkan penyakit Snot ( Pilek) , Muka Bengkak, CRD, Kolera, Berak Putih, Berak Kapur dan Mycoplasma.

 

Dosis Pemakaian

  • 2 Kapsul Per hari selama 3-5 hari

 

 

 

 

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan Kapsul Anti Snot  baik eceran maupun grosir. Untuk harga terbaru Kapsul Anti Snot silahkan buka di Daftar Harga Obat Ayam.

 

 

 

Silahkan hubungi kami di:

SMS/CALL
0812 2028 8686 

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

 

 

Kata terkait:
Penyebab Penyakit Snot, Cara Mengobati Ayam yang Terserang  Penyakit Snot, Kapsul Anti Snot untuk Mengobati Penyakit Anti Snot

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *