Mengetahui 6 Hal Penting dalam Beternak Ayam Kampung Super

Mengetahui 6 Hal Penting dalam Beternak Ayam Kampung Super

Beternak merupakan suatu kegiatan untuk memelihara hewan yang bertujuan untuk dibudidayakan yang berguna untuk menunjang kebutuhan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Beternak bisa ditujukan sebagai konsumsi keluarga maupun sebagai usaha yang berfungsi sebagai penghasilan dalam menunjang kebutuhan ekonomi sehari-hari.

Dalam beternak sendiri ada beberapa skalanya ada skala kecil, skala menengah dan skala besar. dari ketiga skala tersebut ditentukan menurut jumlah hewan yang diternakkan. Secara umum beternak dengan skala kecil, biasa dilakukan dirumah-rumah.

Beternak ayam kampung adalah salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Beternak ayam kampung sudah dilakukan sejak beberapa tahun silam. Unggas ini memang banyak diternakkan oleh masyarakat perkampungan. Ayam kampung memang banyak berkeliaran disekitar pemukiman warga diperkampungan. Karena pemeliharaan ayam kampung memang dirasa lama dalam menikmati hasilnya sehingga ditemukanlah ayam kampung super yang dapat memberi jawaban bagi para peternak ayam di Indonesia.

Dahulu para peternak ayam kampung di Indonesia mengeluhkan akan pertumbuhan ayamnya yang lama. Para peternak merasa lama untuk menikmati hasilnya sehingga akhirnya para peneliti menemukan ayam kampung super yang memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibanding dengan ayam kampung biasa. Ayam kampung super adalah hasil persilangan dari ayam kampung dengan ayam ras, yang hasilnya dominan dengan ayam kampung. Dalam kurun 45-60 hari para peternak sudah dapat menikmati hasilnya.

Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super

Dalam beternak ayam kampung super ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Mulai dari persiapan hingga saat proses pemeliharaannya sangat penting untuk diperhatikan.

Ada berapa hal yang penting dalam beternak ayam kampung super?

Berikut 6 hal penting dalam beternak ayam kampung super

  1. Pemilihan Bibit/ DOC

Pemilihan bibit adalah langkah awal dalam beternak ayam kampung super. Bibit yang dipilih harus benar-benar memiliki kualitas yang baik. Bibit DOC yang baik memiliki ciri-ciri diantaranya memiliki pertumbuhan yang cepat, sehat, dan tidak cacat

  1. Mempersiapkan Kandang

Setelah memilih bibit/DOC langkah kedua yaitu mempersiapkan kandang. Sebelum DOC sampai pastikan dalam pembuatan kandang sudah selesai. Kandang yang dibuat harus sesuai dengan usia, kandang yang tepat akan memberikan kenyamanan bagi kehidupan ayam. untuk kandang DOC disebut dengan kandang brooder karena pada usia ini ayam membutuhkan penghangatan

  1. Mempersiapkan Perlengkapan Kandang

Setelah kandang dibuat, lalu persiapkan perlengkapannya. Perlengkapan kandang meliputi : lampu penerang, termometer, wadah pakan dan minum. Perlengkapan kandang yang sudah terpenuhi akan memberikan kemudahan ketika bibit sudah sampai tinggal dimasukkan ke kandang. Jika semua kebutuhan perlengkapan kandang itu belum terpenuhi tentunya akan memperlambat dalam mengkandangkan bibit atau DOC, hal ini akan mempengaruhi kesehatannya karena DOC akan merasa kedinginan.

  1. Mempersiapkan Pakan

Seusai kandang dan perlengkapan disiapkan begitu juga DOC sudah dimasukkan. Pakan juga harus dipersiapkan. Pada umumnya pakan untuk usia DOC diberikan voer atau BR-1 hal ini memudahkan proses mencernanya, karena pada usia ini ayam belum bisa mencerna makanan yang sifatnya kasar. Baru setelah ayam sudah besar bisa diberikan pakan yang sifatnya kasar tetapi masih mudah dicerna

  1. Vaksinasi

Vaksinasi sangat diperlukan untuk ayam terutama yang masih DOC, vaksinasi bertujuan untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Untuk DOC dapat memberikan vaksinasi dengan waktu dua minggu sekali.

  1. Menjaga Kebersihan Kandang dan Lingkungannya

Agar ayam terhindar dari penyakit, alangkah baiknya kandang dibersihkan secara rutin, lakukan penyemprotan kandang secara berkala. Wadah pakan dan minum juga harus rutin dibersihkan, minum harus selalu dilakukan penggantian, hal ini dikhawatirkan air yang sudah lama akan tercampur dengan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit bagi ayam.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Itulah beberapa hal penting yang harus diketahui dalam beternak ayam kampung super. Jadi saat ingin beternak ayam kampung super hal tersebut sudah harus diketahui agar sukses dalam beternaknya.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam Kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL 

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata Terkait : Ayam Kampung, Ayam Kampung Super, Ternak Ayam Kampung Super, DOC Ayam KampungSuper

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *