Mengetahui 3 Sistem Perkandangan Bebek

By | June 24, 2017

Mengetahui 3 Sistem Perkandangan Bebek

Kandang untuk Bebek yang dipelihara dengan sistem intensif cukup penting agar usaha peternakan memberi nilai yang ekonomis. Kandang bebek secara umum berbeda dengan kandang ayam. Kandang Bebek digunakan saat malam hari dan pada waktu bertelur saja. Sedangkan pada siang hari diumbarkan di dekat kandang yang sudah dibuat pagar dengan bambu atau dengan jaring paranet.

Dalam pembuatan kandang sebaiknya memperhatikan adanya sinar matahari yang masuk dalam kandang untuk menghindari lantai basah, lembab dan untuk kesehatan Bebek. Lantai kandang yang basah merupakan masalah yang paling utama, karena bebek cenderung senang hidup di air, sehingga umumnya kotoran bebek basah dan cair. Apabila tidak segera di bersihkan akan menimbulkan bibit penyakit.

Kandang Itik Postal

Kandang Itik Postal

Bagaimana Sistem Kandang Bebek yang baik ?

1. Sistem Lantai (litter)

Sistem kandang litter adalah kandang alternatif yang banyak digunakan di daerah tanah berpasir atau kering dan memiliki daya serap yang tinggi.

2. Sistem Panggung (slat)

Sistem panggung merupakan jenis kandang yang modern yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah basahnya lantai. Kandang ini cocok digunakan di daerah yang kondisi geografis tanah basah dengan kelembapan tinggi.

Kandang Panggung

Kandang Panggung

3. Gabungan antara Sistem Lantai dan Panggung

Gabungan antara 2 jenis sistem ini merupakan jenis kandang modern dan memberikan 2 alternatif. Kandang panggung digunakan untuk tidur dan bertelur, sedangkan kandang lantai digunakan untuk umbaran saat siang hari.

Bagaimana tipe tap kandang untuk lingkungan tropis ?

a. Tipe Shade

Tipe atap kandang Shade dianjurkan untuk kandang yang lingkungannya kering. Tipe ini memungkinkan masuknya sinar matahari secara langsung sehingga akan mengurangi bau di dalam kandang dan kandang yang lembab.

b. Tipe Monitor

Tipe ini atap kandang memang dianjurkan karena kondisi geografis bertanah basah dan berkelembapan tinggi.

c. Tipe Gable

Tipe atap gable dianjurkan untuk kandang bebek di daerah yang lingkungan geografis basah dan kering atau biasa disebut dengan musiman.

Model Atap Kandang

Model Atap Kandang

Bagaimana peranan kolam air dalam pemeliharaan Bebek ?

Kolam air untuk pemeliharaan Bebek secara intensif memang sangat diperlukan. Biasanya kolam dibuat dengan luas 1 meter dengan kedalaman 0.25 m mampu memuat 6 ekor bebek. Lokasi peternakan yang dekat dengan sungai tentu lebih menguntungkan, namun yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan sungai, jika sungai tercemar limbah sebaiknya jangan dihubungkan ke kolam bebek.

Memang saat ini pemeliharaan bebek dengan sistem intensif sedang ramai dibicarakan. Dalam penelitian Achmad Gozali menyebutkan jika bebek yang diternakkan dengan pemeliharaan dengan menggunakan air memiliki kemampuan produksi telur sebesar 54.54%, sedangkan dengan sistem intensif rata-rata kemampuan produksi mencapai 64.79%.

Bebek Peking

Bebek Peking

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:
umur berapa bebek mulai bertelur, cara beternak bebek pedaging, kandang bebek petelur yang bagus, ciri ciri bebek siap bertelur, kandang bebek petelur, ukuran kandang bebek petelur 100 ekor, kandang bebek pedaging, ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor, bebek peking, telur bebek, bebek petelur, cara beternak bebek, ciri-ciri bebek, peternakan bebek, kandang bebek petelur, bebek hibrida, harga telur bebek, cara ternak bebek petelur, budidaya bebek petelur, bebek pedaging, ukuran kandang bebek, itik alabio, harga bebek petelur, harga bebek, budidaya bebek pedaging, pakan bebek petelur, cara beternak bebek petelur, telur bebek, bebek petelur

**Linda Rahmawati Choiriyah**

One thought on “Mengetahui 3 Sistem Perkandangan Bebek

  1. Pingback: 3 Hal yang Perlu di Pertimbangkan Dalam Membuat Pakan Bebek - Jual Ayam Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *