Mengenal Tipe-tipe Ayam Serama yang Bertubuh Mini

Mengenal Tipe-tipe Ayam Serama yang Bertubuh Mini

Ayam Serama adalah jenis ayam yang memiliki ukuran tubuh yang kecil. Dibandingkan dengan yang lainnya ayam serama termasuk ayam dengan tubuh terkecil di dunia. Ayam serama berasal dari negeri Jiran Malaysia. Memang jika dilihat secara sekilas ayam serama mirip dengan ayam kate namun untuk bentuk tubuhnya jelas berbeda ayam serama memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan ayam kate.

Ayam Serama dengan tubuhnya yang mini memang cocok dipelihara sebagai ayam hias. Sebagian besar ayam serama dipelihara oleh para penghobi ayam hias, mereka memilih Ayam Serama karena memiliki bentuk tubuh yang unik, meskipun badannya kecil tetapi tubuhnya terlihat gagah, dengan dadanya yang tegap, Ayam Serama juga terkenal pemberani meskipun sedang berhadapan dengan dengan ayam yang besar.

Ayam Serama selain dipelihara sebagai hobi juga ditujukan untuk dapat mengikuti ajang kontes Ayam Serama, biasanya Ayam Serama yang akan diikutkan kontes memiliki kualitas yang bagus. Semakin kecil postur tubuhnya Ayam Serama memiliki nilai lebih dalam ajang kontes Ayam Serama, harganya pun akan lebih mahal dibandingkan dengan Ayam Serama biasa.

Ayam Serama Dewasa

Ayam Serama Dewasa

Ayam Serama dalam penyebutannya juga memiliki beberapa tipe diantaranya:

  1. Serama Tipe Slim

Serama tipe slim jenis ayam serama yang pertama kali muncul. Ayam serama tipe slim ini pernah menjadi primadona di dunia para penghobi ayam serama. Pada awalnya ayam mini yang dikenal memang hanyalah ayam kate, akan tetapi sejak penemuannya tersebut Ayam Serama mulai dikenal. Dengan bentuk tubuhnya yang terlihat proporsional seperti ayam kampung tetapi tidak bantat.

Dalam kejayaannya cukup lama, mengalami perkembangan dengan berbagai penyilangan, yang awalnya bobotnya sekitar 650 gram dengan adanya berbagai perkembangan ayam serama kini memiliki bobot sekitar 300 gram bahkan ada yang lebih.

Karena semakin banyaknya para penghobi ayam hias, Ayam Serama mulai diseleksi dengan pemilihan bentuk sayap yang indah yang sampai menyentuh tanah. Dalam ajang kontes Ayam Serama pun kriteria dalam penilaian gaya serama  semakin bertambah.

  1. Serama Apple

Ayam serama tipe apel mulai diperkenalkan pada tahun 2003-2004. Tipe serama apel memiliki perbedaan dibandingkan dengan serama tipe slim, dengan bentuk tubuh bulat dan kaki yang pendek sehingga mirip dengan apel.

  1. Serama Ideal

Serama ideal merupakan tipe Ayam Serama yang cukup sempurna. Karena dalam kedua tipe sebelumnya masih terdapat kekurangan, yang akhirnya kedua tipe serama tersebut diberikan penyilangan yang menghasilkan serama dengan tipe ideal dengan tubuh yang ramping dada besar. Tipe serama ideal lah yang sampai saat ini dikenal sebagai serama kontes. Serama tipe Ideal memang jenis Serama yang banyak diikutkan dalam kontes. jika kita memelihara Ayam Serama Ideal dan ingin mencoba untuk diikutkan dalam ajang kontes Ayam Serama, maka perlu dilakukan pelatihan dengan beberapa Tips Melatih Ayam Serama Agar Siap Dalam Kontes. Ayam Serama yang tidak siap kontes biasanya akan menganggap karpet seperti rumput.

Ayam Serama Umur 5 Bulan

Ayam Serama Umur 5 Bulan

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam serama, kami menyediakan telur ayam serama yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam serama kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam serama dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata terkait:
Ayam Hias, Ayam Serama, Tipe Ayam Serama, Jenis Ayam Serama, Jual Ayam Serama, Harga Ayam Serama

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *