Mengenal Pakan Entok untuk Menghasilkan Entok yang Berkualitas

By | December 10, 2015

Mengenal Pakan Entok untuk Menghasilkan Entok yang Berkualitas

 

Pakan Entok merupakan kebutuhan terpenting bagi kelangsungan hidup entok. Tidak dapat dipungkiri bahwa semua mahluk hidup tidak akan hidup tanpa adanya makanan. Makanan adalah sumber pokok agar mahluk hidup dapat bertahan hidup. Makanan yang berkualitas sangatlah diperlukan agar mahluk hidup dapat tumbuh secara optimal.

Makanan-makanan yang berkualitas juga sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup entok. Memang benar entok bisa mencari makanan sendiri dengan memanfaatkan kakinya yang berselaput untuk berenang di air dan paruhnya yang sudut untuk mengambil makanan didalam air, akan tetapi tanpa pakan pokok dari pemeliharanya sudah pasti hewan ini tidak akan bertahan hidup atau tumbuh dengan baik dan cepat gemuk.

Setiap pemberian pakan perlu diberikan asupan-asupan nutrisi berupa vitamin ataupun gizi  supaya menghasilkan entok yang berkualitas. Kita juga harus memperhatikan porsi makanan untuk anakan entok atau indukan entok. Hal ini bermaksud agar kita tidak salah takaran untuk pemberian pakannya.

Sumber-sumber pakan yang baik untuk menghasilkan entok yang berkualitas

  1. Untuk anak entok umur 1-14 hari

Pakan entok untuk umur 1-14 hari harus memiliki kandungan nutrisi dan protein yang sesuai dengan porsi anak entok sehingga mempercepat pertumbuhan dan perkembangbiakan dan sistem kekebalan tubuh serta saluran pencernaan.

Kebutuhan Nutrisi seperti

  • Protein kasar
  • Energi
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin

 Produk seperti itu akan kami dapat didalam konsentrat starter. Jadi pakan yang baik untuk anak entok umur 1-14 hari yaitu konsentrat starter

  1. Jumlah kebutuhan pakan entok perhari

Dalam pemberian pakan setiap harinya perlu dilakukan sebanyak dua kali, pada pagi hari sejumlah 40 % pada sore hari sejumlah 60 %

Sejak umur 1 hari entok sudah memerlukan pakan sekitar 30 gram. Perubahan jumlah pakan per minggu maupun perharinya peternak harus melakukan perkiraan untuk penambahan pakan entok. Karena anakan setiap harinya akan tumbuh besar sehingga porsi makannya pun juga bertambah. Perlu penambahan 6 gram setiap hari untuk pemberian pakannya.

  1. Disaat umur 15-35 hari kebutuhan pakan sedikit menurun dibanding dengan umur 1-14 hari. Pada tahap pertumbuhan ini anak entok lebih membutuhkan energi, hal ini bertujuan agar laju pertumbuhan bobot cepat.

Berikan pakan berupa konsentrat yang dapat dicampur dengan dedak, jagung, ampas tahu dan lainnya.

  1. Pada umur 36-60 hari, entok cenderung lebih membutuhkan vitamin dengan mineral dengan jumlah yang besar karena untuk menjaga rangka dan kesehatan entok tetap baik.

Biasanya pada umur ini peternak bisa memformulasikan sendiri jenis pakan yang akan diberikan untuk entok. Biasanya terdiri dari  ikan runcah, menir, bekatul, enceng gondok, keong, dedak, ampas tahu nasi aking dll.

Bagi anda yang beternak Entok, kami menyediakan berbagai usia mulai dari bibit, anakan hingga dewasa siap produksi kami juga menyediakan dalam bentuk daging atau karkas yang siap kirim ke berbagai daerah di Indonesia, untuk pemesanan hubungi kami di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait: Memelihara Entok dengan Pakan yang Berkualitas, Pakan Entok Berkualitas, Porsi Pakan untuk Entok, Ternak Entok, Ternak Mentok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *