Mengenal Berbagai Macam Tipe Kandang Ayam

By | August 24, 2016

Mengenal Berbagai Macam Tipe Kandang Ayam

      1.      Kandang postal.

Kandang ini tidak terdapat halaman umbaran  sehingga dalam pemeliharaan sistem ini ayam-ayam selalu terkurung sepanjang hari di dalam kandang. Litter yang baik harus dapat memenuhi beberapa kriteria yakni: memiliki daya serap yang tinggi, lembut sehingga tidak menyebabkan kerusakan dada, mempertahankan kehangatan, menyerap panas, dan menyeragamkan temperatur dalam kandang.

Litter merupakan sistem kandang pemeliharaan unggas dengan lantai kandang ditutup oleh bahan penutup lantai seperti, sekam padi, serutan gergaji, dan jerami padi. Keuntungan sistem ini adalah biaya relatif rendah, menghilangkan bau kotoran, jika litter kering maka pembuangan kotoran lebih mudah dan dapat menahan panas didalam kandang. Kekurangannya adalah penyebaran penyakit lebih mudah, Pengawasan kesehatan lewat kotoran sulit diamati. Kandang sistem ini mempunyai lantai rapat yang diatasnya ditaburi bahan organik yang disebut litter.  Bahan yang digunakan untuk litter harus memenuhi syarat yaitu : harus kering, daya serap tinggi (porous), tidak berbau dan tidak berdebu.  Oleh karena itu bahan yang sering digunakan untuk litter biasanya adalah sekam, potongan jerami, serutan kayu, rumput kering dan lain-lain.

Keunggulan kandang  full litter, antara lain :

  1. Dapat memelihara semua jenis ayam (broiler, layer,broiler/layer breeder),
  2. Mengurangip roblem kaki lecet bagi ayam ,
  3.  Mengurangi kanibalisme dan biaya investasi awal relative lebih murah.

Kelemahannya adalah rawan terhadap :

Masalah-masalah yang berhubungan dengan kualitas litter termasuk penyakit coccidiosis, cacing dan lain-lain, rawan terhadap heat stress dan kepadatan kandang per m2 rendah.

Ayam Cemani dalam kandang besi

Ayam Cemani dalam kandang besi

      2.      Cage

Bangunan kandang berbentuk sangkar berderet, menyerupai batere dan alasnya dibuat berlubang (bercelah). Keuntungan sistem ini adalah tingkat produksi individual dan kesehatan masing-masing terkontrol, memudahkan tata laksana, penyebaran penyakit tidak mudah. Kelemahannya adalah biaya pembuatan semakin tinggi, ayam dapat kekurangan mineral, dan sering banyak lalat. Merupakan kandang individu dan digunakan untuk memelihara ayam petelur (layer) produksi. Konstruksi lantai renggang dan miring, sehingga kotoran jatuh ke bawah lantai sedangkan telurnya akan bergulir keluar sehingga terbebas dari upaya pematukan telur dan memudahkan pengambilan telur.

Secara garis besar dikenal beberapa type kandang ayam:

1. Kandang sistem terbuka (open house system)

2.  Kandang sistem tertutup (close house system)

3. Kandang terbuka pada bagian depan

4. Kandang dengan dinding tirai

5. Kandang panggung

6. Kandang diatas kolam

7.  Kandang dengan koridor ditengah

3.      Panggung

Sistem ini biasanya dibuat diatas kolam ikan. Bahan yang biasa digunakan untuk alas lantai adalah bambu yang dipasang secara berderet agar ayam tidak terperosok. Kelebihannya adalah sisa pakan dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan, penyebaran penyakit relatif rendah. Kekurangannya jika jarak pemasangan bambu untuk alas terlalu lebar, akan dapat mengakibatkan ayam terperosok, biaya pembuatan relatif mahal. Kandang broiler yang banyak ditemukan di Indonesia adalah kandang terbuka dengan sistem lantai renggang (Full Slat) atau system panggung yang mempunyai rancang bangun sebagai berikut:

a.    Panjang 50 – 100 m dengan lebar 7 – 10 m. Kandang dengan  lebar lebih besar, mengakibatkan pengeluaran udara kotor (air flushing) berjalan lambat. 

b.    Ketinggian kandang 4 -5 m dengan atap monitor.

c.    Bahan kandang dipilih yang menghasilkan efek konduksi paling rendah dan mengisolasi panas paling optimal. Pemilihan bahan kandang berpengaruh terhadap terjadinya heat stress,

d.    Untuk memperlancar pertukaran udara dalam kandang, membantu mengeluarkan amonia, CO2dan kelembaban dari dalam ke luar kandang ditambahkam blower atau kipas angin.

Siilahkan cek harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA. Dapatkan ayam hias berkualitas dengan menghubungi kami kapan saja di :

Call/SMS : 0812-2028-8686

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *