Mengenal Ayam Pelung Asli Trah Cianjur

Mengenal Ayam Pelung Asli Trah Cianjur

Ayam pelung merupakan salah satu jenis ayam hias yang diantaranya memiliki 3 keunggulan. Yaitu Suara kokoknya yang panjang dan khas, pertumbuhan yang cepat, dan badannya yang besar (bongsor). Karena alasan inilah beberapa penghobi ayam memelihara ayam pelung baik sebagai hobi atau untuk mengikuti kontes. Ayam pelung adalah ras ayam lokal unggul dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Berbeda dengan kebanyakan ayam hias yang perkembangbiakan ayamnya diseleksi dari keindahan bulunya, untuk ayam pelung ini diseleksi karena suara kokoknya yang panjang mengalun.Tentu saja hanya ayam pelung jenis jantan saja yang memiliki suara kokok yang panjang.

Ayam Pelung

Ayam Pelung

Nama ayam pelung sendiri berasal dari bahasa sunda yaitu Mawelung atau Melung yang artinya melengkung, karena dalam berkokok menghasilkan bunyi melengkung juga karena ayam pelung memiliki leher yang panjang dalam mengahiri suara / kokokannya dengan posisi melengkung atau mengalun.

Dari segi ukuran dan berat badan. Ukuran ayam pelung ini relatif besar dengan bulu yang berkilau. Tidak ada standar khusus untuk segi fisik, bobot ayam pelung dewasa sekitar 5-6 kg dengan tinggi sekitar 40-50cm. Namun untuk suara kokoknya sangat khas  yaitu panjang mengalun.

Sejarah Ayam Pelung di Indonesia

Sejarah ayam pelung sendiri berasal dari Cianjur. Yaitu oleh  seorang petani dan tokoh agama dari Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, bernama H. Djarkasih (Mama’ Acih). Ia memulai penangkaran sejak tahun 1850 dengan mengambil seekor ayam jantan muda yang diamatinya memiliki kokokan lebih panjang daripada yang lainnya. Penangkaran dilakukan pertama kali dengan mengawin silangkan dengan ayam betina biasa.

Anak ayam yang trundul di bawa pulang dan dipelihara. Pertumbuhan anak ayam tersebut sangat pesat menjadi seekor Ayam Jago bertubuh besar dan tinggi serta suara kokoknya panjang mengalun dan berirama. Ayam jantan itu dinamakan Ayam Pelung dan oleh Mama Acih dikembangkan, dikawinkan dengan ayam betina biasa.

Hingga sampai pada saat sekarang ini Ayam Pelung semakin terkenal dan cukup diminati oleh masyarakat umum, wisatawan nusantara dan mancanegara. Bahkan pernah seorang Putra Kaisar Jepang berkunjung ke Warungkondang untuk melihat peternakan Ayam Pelung tersebut. Karena tertarik dengan ayam khas Indonesia ini. Saat ini hampir tiap-tiap kota besar di Indonesia terdapat komunitas pecinta ayam pelung yang rutin mengadakan kontes, untuk itulah hal ini menjadi peluang usaha tersendiri bagi para penghobi ayam pelung.

Silahkan bagi Anda yang berminat memiliki ayam pelung berkualitas, kami menyediakan stok dari anakan sampai indukan. Silahkan hubungi kami kapan saja di :

Call/SMS : 0822-2123-5378

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : hobiternakmail@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *