Mengenal Ayam Mutiara yang Unik

By | April 7, 2016

Mengenal Ayam Mutiara yang Unik

Ayam mutiara sejak dulu sudah di kenal menjadi ayam hias yang unik. Karena pemeliharaan yang mudah ayam mutiara relatif mudah di temukan di banding ayam hias jenis lainya. Pengalaman kami bagi yang belum pernah melihat ayam mutiara biasanya akan menganggap kalau termasuk jenis yang di lindungi hal ini merupakan indikasi ke unikan ayam mutiara ini.

Ayam mutiara sebenarnya sebenarnya merupakan keluarga Burung (Aves) bukan ayam walau kemudian dikenal dengan nama Ayam Mutiara. Ayam ini berasal dari daratan Afrika yang di habitat aslinya hidup bergerombol pada sabana dan semak-semak. Meski dari kelompok burung, ayam mutiara tidak suka terbang tinggi dan lebih suka mencari makan di padang sabana. Karena itu dalam membudidayakan ayam mutiara model tempatnya bisa dibuat seperti halnya di alam aslinya.

Ayam mutiara memiliki banyak jenis yang dibedakan menurut warna-warna bukunya antara lain pearl (abu-abu), putih, Royal Purple,Violet, Coklat. Lavender dan lain-lain. Dalam perkembangannya ayam mutiara banyak dihasilkan oleh hasil cross-breeding antara ayam mutiara yang asli dengan ayam lain, sehinga ragam jenis ayam mutiara semakin banyak.

Model kandang dibuat seperti kandang ayam pada umumnya , tetapi jika siang hari dilepas pada halaman/lahan terbatas yang tersedia pasir dan rumput. Selain itu kandang dan tempat bermain ayam mutiara harus cukup terkena sinar matahari agar bulu-bulu indah dan tidak lembab. Jika tersedia ayam mutiara lebih suka tidur pada malam hari pada tempat yang tinggi, karena itu pemberian tempat bertengger pada kandang sangat baik. Dengan tidur bertengger, ayam mutiara menjadi lebih sehat dan tahan terhadap penyakit.

 

Kandang ayam mutiara dewasa dengan ayam mutiara anakan juga berbeda, ayam mutiara dewasa relatif tahan terhadap perubahan suhu lingkungan. Akan tetapi pada ayam mutiara anakan diperlukan suhu ruangan yang cukup hangat karena bulu-bulunya belum cukup melindungi dari suhu dingin pada malam hari. Karena itu kandang yang cocok adalah kandang box yang diberi penghangat menggunakan lampu listrik. Pada pagi hari anakan mutiara perlu dijemur agar sehat dan kandang tidak lembab. Kami biasanya memasang lampu pada box anakan ayam mutiara sampai umur 3 bulan.

Ayam Mutiara Jantan

Ayam Mutiara Jantan

Ayam mutiara juga bisa di jadikan penjaga rumah karena ayam ini akan berbunyi keras jika ada orang hal ini akan menjadi alarm alami bagi kita. Banyak ke untunganyang dapat di peroleh saat memeliharanya selain telur nya yang melimpah sehingga bisa di konsumsi ayam mutiara mudah di kembangbiakan dan termasuk kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Kata terkait:

ayam kalkun, jual ayam mutiara, ayam belanda, ayam mutiara jantan, ayam mutiara biru, ayam mutiara untuk dijual, ayam mutiara bertelur

Summary
product image
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
2.5 based on 5 votes
Brand Name
jualayamhias.com
Product Name
Ayam Mutiara
Price
Rp. 300.000
Product Availability
Pre-Order Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *