Mengenal 7 jenis Pakan yang Mengandung Sumber Energi yang Baik Bagi Ayam Kampung

By | January 2, 2017

Mengenal 7 jenis Pakan yang Mengandung Sumber Energi yang Baik Bagi Ayam Kampung

Pakan merupakan asupan atau makanan bagi hewan ternakan. Pakan adalah sumber energi dan materi bagi kehidupan makhluk hidup. Zat dalam suatu pakan yang terpenting yaitu mengandung protein, lemak, karbohidrat dan mineral yang seimbang.

Pakan juga memegang peranan yang cukup penting sebagai sumber energi untuk pemeliharaan, pertumbuhan dan perkembangbiakan. Tidak hanya itu saja pakan juga bisa digunakan untuk tujuan pengobatan, reproduksi, perbaikan dan metabolisme lemak. Meskipun pakan memegang peranan penting namun perlu kita perhatian dalam pemberian pakannya, hewan yang diberikan pakan secara berlebih juga akan mengakibatkan rentan terhadap penyakit, produktifitas juga akan menurun.

Lalu apa saja jenis pakan yang mengandung sumber energi yang baik bagi ayam?

Berikut 4 jenis pakan yang mengandung sumber energi yang baik bagi ayam

  1. Dedak

Dedak adalah jenis pakan yang berasal limbah padi yang cocok dijadikan sebagai pakan ayam. Kandungan energi metabolisme yang ada dalam pakan dedak itu sendiri yaitu antara 700-2.400 kkal/kg dengan kandungan serat 12%. Memang kandungan tersebut cukup tinggi sebagai bahan pakan. Hal ini berbeda dengan ayam ras yang pemakaiannya dibatasi antara 5-10%, sementara bahan pakan ini bisa dipakai untuk ayam kampung maksimal 65%.

Dedak untuk Pakan Ayam

Dedak untuk Pakan Ayam

  1. Pollard

Pollard merupakan pakan yang berasal dari limbah olahan gandum menjadi tepung terigu dan cocok dijadikan sebagai bahan pakan ayam kampung. Namun perlu diperhatikan pemberian jenis pakan ini tidak boleh berlebihan, kandungan energi metabolismenya yaitu sekitar 1140-2600 kkal/kg namun kandungan seratnya membuat ayam menjadi mencret.

Pollard untuk Pakan Ayam

Pollard untuk Pakan Ayam

  1. Onggok

Onggok merupakan jenis pakan yang berasal dari limbahan olahan singkong menjadi tepung tapioka, kandungan energi metabolisme 2.956 kkal/kg. Pemakaian dibatasi maksimal 5-10% saja.

Onggok

Onggok

  1. Jagung Kuning

Jagung kuning memiliki kandungan metabolisnya mencapai 3360 kkal/kg. Dalam pemakainnya dibatasi hanya 20-40%.

Jagung Kuning

Jagung Kuning

  1. Tepung Tulang

Tepung tulang bisa didapatkan ditempat pemotongan hewan, cara pemberiannya dengan merebus tulang terlebih dahulu, lalu dikeringkan kemudian digiling sampai halus. Tepung tulang adalah jenis pakan yang mengandung phospor dan kalsium. Kalsium berguna untuk pembentukan tulang dan sendi ayam. Cukup 1 % sebagai campuran dari total pakan.

Tepung Tulang

Tepung Tulang

  1. Singkong

Singkong memiliki kandungan energi metabolisme yang hampir sama dengan jagung, akan tetapi kandungan proteinnya lebih rendah sekitar 2-3 % saja. Namun pemberian singkong sebaiknya dibatasi, singkong mengandung zat anti nutrien. Penggunaan singkong sebaiknya kurang dari 20% dari total ransum, penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan feses basah.

Singkong

Singkong

  1. Tepung Ikan

Tepung ikan ini berasal dari ikan yang dikeringkan kemudian digiling, kualitas tergantung dari jenis ikannya. Tepung ikan yang berkualitas baik yaitu berasal dari ikan putih dengan kadar lemak tidak lebih dari 6%  dan kadar garam sekitar 4% saja.

Kandungan dari tepung ikan sejumlah 100-200 gr/kg yaitu :

Kalsium, Mangan, Besi, Lodin dan Phosphor. Selain itu juga kaya akan asam amino esensial terutama Lysin. Metionin, Sistin dan Thriptophan. Merupakan sumber vitamin B-kompleks yang baik seperti B-12 Choline dan Riboflavin.

Tepung Ikan

Tepung Ikan

Itulah beberapa jenis pakan yang mengandung energi metabolisme yang baik bagi pertumbuhan Ayam Kampung. Dalam beternak Ayam Kampung memang perlu diperhatikan terutama dari jenis pakan. Karena jenis pakan sendiri cukup mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangbiakannya.

Bagi anda yang ingin mencoba beternak Ayam Jawa Super (Joper) kami menyediakan DOC Joper siap kirim ke berbagai wilayah di Pulau Jawa atau bagi anda yang ingin mencoba beternak ayam hias kami menyediakan mulai dari telur anakan hingga usia indukan siap produksi yang siap kami kirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait:

Ayam Hias, Ayam Jawa Super, Ternak Ayam Hias, Ternak Ayam Jawa Super, Pakan Ayam Hias, Pakan Ayam Kampung, Jual Ayam Hias, Jual DOC Joper, Harga Ayam Hias, Harga DOC Joper

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *