Mengenal 4 Bebek atau Itik Lokal yang Populer dalam Ternak Bebek

By | July 4, 2017

Mengenal 4 Bebek atau Itik Lokal yang Populer dalam Ternak Bebek

Ternak Bebek memang menjadi kegiatan yang turun temurun yang di lakukan masyarakat Indonesia. Jika kita membaca buku biografi banyak profil tokoh sukses yang pada waktu kecilnya suka membantu orang tuanya dalam beternak bebek. Kegiatan beternak bebek memang sesuatu yang mengasikan dan memberi kesan tersendiri yang sekarang ini jarang di rasakan oleh genarasi era internet ini. Kita sadari bersama masuknya berbagai produk impor juga masuk di bidang peternakan khususnya ternak bebek ini. Maka dari itu perlu kiranya kita mengenal produk bebek lokal yang semoga bisa menjadi unggulan bagi setiap peternak di seluruh penjuru nusantara. Berikut kami akan sampaikan 4 bebek atau itik lokal yang cukup populer sampai sekarang:

  1. Bebek Tegal
Itik Tegal

Bebek Tegal

Merupakan bebek unggulan dari provinsi Jawa Tengah, bebek ini memiliki ciri-ciri : Bentuk tubuh langsing seperti botol, kepala kecil, leher panjang kecil dan bulat. Bediri tegak dengan posisi tegak lurus dan langkah tegap. Pada yang jantan terdapat 2-3 helai bulu ekor yang mencuat ke atas. Warna bulu kecoklatan atau tutul coklat, tetapi ada pula yang putih, abu-abu atau hitam dan branjangan. Cangkang telur berwarna biru kehijauan. Mulai bertelur pada umur 6 bulan dengan masa produksi rata-rata 11 bulan dalam setahun. Masa rontok bulu sekitar 3-4 bulan. Produksi telur 150-250 butir/ekor/tahun. Dengan berat telur 65-70 gram. Berat dewasa sekitar 1,5 kg.

 

 

2.Bebek Mojosari

Itik Mojosari

Itik Mojosari

Merupakan Itik unggulan dari provinsi Jawa Timur, Itik ini memiliki ciri-ciri : Tubuh tinggi langsing dan kekar, kaki panjang berwarna hitam, bulu coklat kehitam-hitaman, paruh hitam. Cangkang telur berwarna kehijauan. Pada itik pejantan dewasa pada bagian leher terdapat warna hitam dan bagian ekor terdapat jambul yang melingkar. Mulai bertelur umur pada umur 5,5 bulan dengan hasil 200-265 telur/ekor/tahun. Berat telur 70 gram/butir dengan masa produksi 11 bulan. 

 

 

 

 

 

 

3.Bebek Alabio

Itik Alabio

Bebek Alabio

Merupakan bebek Unggulan dari Provinsi Kalimantan Selatan, itik ini memiliki ciri-ciri : bentuk tubuh langsing badan agak bongkok membentuk sudut 60 derajat. Ujung bulu sayap, ekor, dada, leher dan kepala sedikit hitam. Kaki dan paruh berwarna jingga. Cangkang telur berwarna kehijauan. Produksi telur mulai bulan umur 7 bulan. Produksi telur 130-250 butir/ekor/tahun. Berat telur rata-rata 63,5 gram/butir. 

 

 

 

 

4.Bebek Bali

Bebek Bali

Bebek Bali

Merupakan Itik unggulan dari Provinsi Bali, Ciri-ciri itik ini adalah Mempunyai ciri mirip dengan itik Tegal, langsing berdiri tegak, leher kecil dan panjang. Ekor pendek dan memiliki jambul diatas kepala.warna bulu seragam, ada hitam kelam dengan bintik putih, ada pula yang belang putih coklat, merah sampai putih. Cangkang telur berwarna putih seperti telur ayam. Mulai bertelur umur 7 bulan. Produksi telur mencapai 180 telur/ekor/tahun dengan masa telur 10 bulan/tahun. Berat telur 59-65 gram.

 

Sebelum Anda memulai ternak bebek perlu di perhatikan hal ini, yakni:
Pemilihan Bibit Bebek yang Baik untuk Dijadikan Bibit yang Unggul

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan aneka macamDOD atau bibit Bebek yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL
0812 2028 8686


WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait: itik alabio, jual itik mojosari, harga itik, bibit itik, itik tegal, itik petelur, ciri itik, ternak bebek petelur, ternak bebek pedaging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *