Cara Mengatasi Burung Kenari yang Terkena Penyakit Cacingan

By | September 7, 2016

Cara Mengatasi Burung Kenari yang Terkena Penyakit Cacingan

Memiliki Burung Kenari dengan kondisi yang sehat dan stamina yang bagus merupakan dambaan bagi setiap peternak Burung Kenari. para peternak secara baik akan memelihara Burung Kenarinya agar selalu terjaga kesehatannya. Burung Kenari yang sehat akan memiliki aktifitas yang lincah, rajin berkicau dan memiliki nafsu makan yang baik.

Meskipun sudah menerapkan pola perawatan yang baik, terkadang Burung Kenari masih saja terserang penyakit. hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin diluar perkiraan manusia.

Burung Kenari bisa saja terserang penyakit seperti cacingan. Cacing merupakan parasit yang menumpang didalam tubuh Kenari yang mana menyebabkan sari-sari makanan atau nutrisi yang didapat dari pakannya akan diserap oleh cacing tersebut. sehingga Kenari tidak bisa menyerap makanannya.

Kenari Sakit

Kenari Sakit

Burung Kenari yang terserang penyakit cacingan biasanya memiliki kondisi tubuh yang berbeda dari Kenari yang kondisi normal. Tubuh Kenari yang terserang penyakit cacingan akan mengurus dimana bila tidak dirawat lama kelamaan Burung Kenari akan mati.

Bagaimana cara mengatasi Burung Kenari yang terserang penyakit cacingan?

Berikut tips untuk mengatasi Burung Kenari yang terserang penyakit cacingan

  1. Memindahkan Kenari yang terserang cacing ke tempat yang khusus dengan tujuan untuk mendapatkan perhatian yang lebih
  2. Gunakan obat cacing yang merknya seperti aves, alami sakti dan lainnya. obat cacing untuk burung ini mudah untuk didapatkan. Dalam penggunaan harus sesuai dengan dosis atau aturan pakainya. Bisa dicampurkan dengan air minum untuk pengobatannya.
  3. Jangan menggunakan obat cacing yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit cacing manusia karena dosisnya lebih tinggi
  4. Kandang dan perlengkapannya selalu rutin dibersihkan baik saat proses penyembuhan maupun perawatan hariannya
  5. Saat proses penyembuhan sebaiknya jangan diberikan pakan sayur-sayuran
  6. Memberi air minum yang sudah matang

Cara mengantisipasi agar Burung Kenari tidak cacingan

  1. Selalu menjaga kebersihan kandang beserta perlengkapannya
  2. Menjaga kebersihan Kenari dengan memandikannya yaitu 3 kali dalam seminggu
  3. Rutin menjemur Burung Kenari yaitu pada pagi hari jam 07.00-09.00
  4. Memberikan pakan yang bersih, jenis pakan seperti sayuran dan buah-buahan sebaiknya dicuci terlebih dahulu. pakan biji-bijian sebaiknya dalam kondisi kering dan tidak tercampur kotoran.

Penyakit memang suatu saat bisa saja menyerang Burung Kenari, yang awalnya kondisinya sehat bisa terserang penyakit, maka dari itu perlu adanya langkah antisipasi dengan selalu menjaga kebersihannya meliputi Kenari itu sendiri, kandang, perlengkapan kandang hingga pakannya.

Kenari Mengalami Cacingan

Kenari Mengalami Cacingan

Kata Terkait: Burung Kenari, Kenari, Jenis Kenari, Kicau Kenari, Suara Kenari, Ternak Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *