Mengatasi Ayam yang Terindikasi Penyakit Ngorok (CRD)

Mengatasi Ayam yang Terindikasi Penyakit Ngorok (CRD)

Saat musim pancaroba datang, tak sedikit unggas kita yang terkena berbagai jenis penyakit. Memang perubahan cuaca menjadi salah satu pemicu tejadinya penurunan daya tahan tubuh unggas. Pada saat itu peternak harus mempersiapkan segala sesuatu agar unggas yang di peliharanya tidak menjadi korban dari perubahan udara yang ekstrim.

Ada berbagai macam penyakit yang datang kala musim pancaroba menyapa unggas kita. Salah satunya adalah gejala seperti mengorok. Ngorok atau CRD (chronic respiratory disease). Penyakit ini bersifat kronis untuk itu perlu tindak lanjut agar penyakit ini tidak cepat menular ke unggas yang lain. Dimana penyakit ini menyerang kekebalan tubuh unggas yang mengalami gejala ngorok. Bila tidak tepat penanganan bisa mengakibatkan mortalitas atau kematian pada unggas.

Penyakit ngorok disebabkan oleh bakteri Mycoplasma gallisepticum. Penyakit ini bisa menular melalui kontak langsung, media makanan, media minuman bahkan media udara. Untuk itu unggas yang terkena penyakit ngorok harus segera di karantina agar tidak menular ke unggas yang lain.

Ciri-ciri unggas yang terkena penyakit ngorok antara lain:

  1. Susah bernapas
  2. Hidung ayam mengelarkan cairan bening
  3. Biasanya ayam sering menggelenggelengkan kepalanya
  4. Stamina tubuh unggas menurun dengan drastis

Untuk mengobati penyakit ngorok, sekarang banyak tersedia dipasaran dengan bermacam macam merk dan harganya. Salah satunya adalah Trimizin dan Tertraclor. Namun bila anda ingin mengobati secara alami maka anda bisa membuatnya dirumah dengan obat yang jauh lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia.

Jika ingin membuat sendiri bahan untuk mengobati penyakit mengorok, berikut cara-caranya :

  1. Belimbing wuluh

Ayam yang masih sakit diberikan makan dulu. Kemudian belimbing wuluh yang masih mentah diambil airnya lalu diberikan pada ayam saat pagi hari.

  1. Buah Mengkudu

Buah Mengkudu diiris kecil-kecil kemudian bisa langsung di suapkan pada ayam yang sakit.

  1. Jeruk Nipis dan Kecap

Seperti halnya pada manusia yang bagus, penggunaannya sama yaitu jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan kecap. Setelah siap langsung disuapkan pada ayam.

Demikianlah beberapa obat yang bisa diberikan kala ayam anda me

Jamu Untuk Ngorok

Jamu Untuk Ngorok

ngalami ngorok. Sebaiknya diobati dengan obat-obatan alami sebelum menggunakan obat dari produksi pabrik.

Selamat mencoba, semoga ayam yang anda pelihara cepat pulih. amiin

 

 

 

 

Kata terkait:
Penyebab Penyakit Ngorok, Cara Mengobati Ayam yang Terserang  Penyakit Ngorok, Jamu Ngorok Cap Djegos Obat untuk Penyakit Ngorok

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *