Mempersiapkan Sangkar yang Tepat untuk Burung Kenari

By | September 11, 2016

Mempersiapkan Sangkar yang Tepat untuk Burung Kenari

Burung Kenari termasuk burung yang banyak dipelihara bagi penggemar burung berkicau merdu. Burung tersebut ditempatkan dalam suatu sangkar. Nah, dalam memelihara kita perlu mempersiapkan sangkar yang tepat. Persiapan kandang disesuaikan dengan tujuan dan fungsi pemeliharaannya.

  1. Sangkar lomba

Sangkar lomba biasanya digunakan pada saat  ada perlombaan yang harus diikuti oleh Burung Kenari. Sangkar jenis ini lebih bagus ornamennya dimana ada ukiran disekeliling sangkar. Untuk ukurannya seperti sangkar harian. Jadi ukuran kandang bentuknya agak panjang. Bahan biasanya terbuat dari kayu jati atau kayu jenis lainnya.

  1. Sangkar harian

Sangkar ini nampak berbeda dengan sangkar untuk lomba dimana untuk modelnya  lebih sederhana. Sangkar harian ini ada yang terbuat dari kayu jati atau kayu jenis lainnya. Sangkar jenis ini ukurannya agak tinggi dibandingkan sangkar untuk ternakan. Sangkar ini berbentuk kotak dengan ukuran memanjang.

  1. Sangkar untuk ternak

Sangkar untuk ternak atau tempat untuk mengawinkan Burung Kenari biasanya berbentuk agak berbeda dengan sangkar lomba atau sangkar harian. Sangkar untuk ternak biasanya bentuknya lebih lebar di bandingkan sangkar harian. Sangkar untuk ternak ada yang bersekat ada juga yang tidak bersekat.

Sangkar jenis ini biasanya tidak digantung melainkan ditempelkan di dinding. Sangkar ini dikenal juga dengan nama sangkar box. Selain terbuat dari kayu, sangkar untuk ternak bisa terbuat dari besi seperti penggunaan untuk sangkar burung lovebird.

Sangkar Burung Kenari

Sangkar Burung Kenari

Sangkar  Burung Kenari dan burung lainnya memang berbeda-beda tergantung dari fungsinya. Terutama sangkar untuk ternak atau untuk perkawinan yang ukurannya berbeda. Jika bahan yang digunakan tergantung selera dan kemampuan dari pemilik sangkar. Ukuran juga sangat mempengaruhi karena bila terlalu longgar maka burung bisa bergerak terlalu bebas dan longgar sedangkan bila terlalu sempit maka gerakannya akan terbatas.

Untuk kandang di luar negeri ukurannya sedikit berbeda dengan ukuran sangkar yang umum digunakan di Indonesia. Bisa dipahami karena di luar negeri ada keterbatasan lahan. Ukuran sangkar yang digunakan biasanya ukurannya 20x20x25 cm. Sebenarnya ukuran sangkar tersebut kurang ideal karena Burung Kenari kurang bisa bergerak bebas. Pada umumnya ukuran sangkar yang digunakan di Indonesia mempunyai lebar 40 cm. Dengan ukuran seperti diatas , Burung Kenari tetap bebes bergerak tanpa terkesan sangkarnya kebesaran karena ukuran postur tubuhnya yang mungil.

Untuk ukuran kandang yang ideal berukuran 35x35x60 cm atau berukuran 38x38x65 cm. Kandang tersebut jauh lebih menarik dan ideal untuk Burung Kenari. Sangkar tersebut lebih menarik jika diberi ukiran di bagian atas dan pintu. Sangkar tersebut lebih mahal dibandingkan sangkar polos. Namun yang terpenting adalah burung merasa nyaman dengan sangkar tersebut.

Sangkar Harian Burung Kenari

Sangkar Harian Burung Kenari

Ada beberapa tips dalam memilih sangkar Burung Kenari:

 

  1. Pilihlah sangkar sesuai dengan tujuan yaitu sangkar ternak/ perkawinan, sangkar lomba dan sangkar harian.
  2. Sangkar mempunyai ukuran yang ideal.
  3. Sangkar terbuat dari bahan yang berkualitas bagus, misalnya kayu jati.
  4. Untuk sangkar untuk lomba sebaiknya menggunakan sangkar yang berukir, sedangkan sangkar untuk harian atau untuk ternakan bisa menggunakan sangkar polos.
  5. Sangkar memiliki nampan untuk tempat membuang kotoran. Saat kita membersihkan tempat pakan dan minum juga mudah.
  6. Rajin membersihkan kandang agar burung terhindar dari berbagai penyakit.
Sangkar Burung Kenari

Sangkar Burung Kenari

Dengan mempersiapkan sangkar yang tepat, maka Burung Kenari akan merasa nyaman. Dengan pemeliharaan yang tepat, kenari dapat berkembang-biak dengan baik dan kita bisa menciptakan bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi sekarang cukup banyak penggemar burung berkicau di seluruh pelosok negeri.

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Jenis Kenari, Kicau Kenari, Suara Kenari, Ternak Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *