Bagaimana mempersiapkan kandang Ayam Kampung super atau Ayam Jawa Super (joper)

By | October 11, 2016

Bagaimana mempersiapkan kandang Ayam Kampung super atau Ayam Jawa Super (joper)

Ayam Jawa Super atau Ayam Kampung Super merupakan persilangan antara ayam kampung dengan ayam petelur. Persilangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan anakan dengan keunggulan antara ayam kampung (jantan) dengan ayam petelur (betina), sehingga hasil persilangan itu disebut dengan Ayam Jawa Super. Ayam kampung mempunyai keunggulan lebih tahan terhadap penyakit dan memiliki rasa daging yang gurih. Sedangkan ayam petelur mempunyai keunggulan lebih cepat proses pertumbuhannya. Ayam Jawa Super merupakan ayam yang banyak mengandung sumber protein yang sangat baik dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan serta dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Dalam pemeliharaan Ayam Jawa Super dengan ayam petelur sedikit berbeda. Ayam kampung memerlukan suhu yang hangat, terutama saat ayam masih anakan pada usia 1 minggu pertama. Pertumbuhan ayam yang cukup cepat dibanding ayam kampung biasa dari bibit hingga panen sekitar 55-60 hari. Proses pemeliharaannya sangat mudah yaitu dengan cara diumbar saja, namun apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal bisa dengan pemeliharaan secara intensif.

DOC Ayam Jawa Super (joper)

DOC Ayam Jawa Super (joper)

Bagaimana cara mempersiapkan kandang Ayam Jawa Super ?

Untuk mendapatkan hasil ternak yang maksimal bisa dimulai dengan pembuatan kandang yang baik. Kandang yang baik dan ideal yaitu terletak di daerah yang cukup jauh dari pemukiman penduduk, mudah dalam transportasinya dan terdapat sumber air yang bersih. Syarat kandang yang baik bagi ayam adalah :

Lokasi kandang tidak terlalu dekat dengan rumah minimal 10 meter dari rumah. Kondisi kandang terjaga kebersihannya, tidak becek dan tergenang air. Ukuran kandang yang dibuat sesuai dengan umur dan jumlah ayam yang ingin diternakkan. Lokasi yang digunakan cukup mendapatkan sinar matahari dan pada saat pagi hari tidak terkena sinar matahari secara langsung. Kandang dibuat dari bahan yang murah, mudah di dapat, kuat dan bisa bertahan lama. Terdapat ventilasi yang cukup agar udara bisa keluar masuk ruang dengan mudah. Kondisi kandang tidak lembab. Sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang. Kandang dibuat membujur dari timur ke barat karena arah angin dari arah utara ke selatan. Ukuran kandang disesuaikan dengan jumlah dan umur ayam. Akan tetapi sebaiknya lebar kandang 4-8 m, panjang tidak lebih dari 70 m serta ketinggian tidak kurang dari 2,5 meter. Tiap meter persegi sebaiknya diisi ayam antara 40-50 ekor DOC ayam jawa sampai umur 2 mingguan, kemudian jumlahnya dikurangi sesuai dengan bertambahnya umur ayam.

Bentuk kandang yang disarankan adalah berbentuk postal. Kandang postal merupakan kandang yang tidak disertai dengan halaman tempat pengumbaran dan beralaskan litter, sehingga dalam pemeliharaanya ayam tidak diumbar, namun selalu terkurung di dalam kandang disepanjang harinya. Model atapnya terdiri dari dua sisi dengan bagian puncak ada lubang sebagai ventilasi, dan bahan yang digunakan untuk membuat atap adalah asbes atau genteng. Pemeliharaan ayam kampung dibagi menjadi 2 tahapan umur, yaitu umur 1-4 minggu dan umur 5-8 minggu. Pada umur 1-4 minggu biasanya menggunakan kandang box, suhu dalam box berkisar antara 30-32 derajat celcius. Pada umur 5-8 minggu menggunakan kandang postal seperti model pemeliharaan ayam petelur.

Ayam Joper

Ayam Joper

Jika anda menginginkan DOC Ayam Jawa Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam Jawa super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait :

Ayam jawa super, DOC ayam jawa super, kebutuhan pakan joper, ukuran kandang joper, cara merawat doc kampung super, ukurang kandang doc 100 ekor, DOC joper, Jual DOC joper, Harga DOC joper

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *