Memilih Indukan atau Anakan untuk Memulai Beternak Ayam Cemani?

By | March 12, 2016

Memilih Indukan atau Anakan untuk Memulai Beternak Ayam Cemani?

Ayam Cemani yang merupakan ayam asli dari Indonesia mempunyai perbedaaan tersendiri dari ayam lain. Salah satu hal yang mencolok dari ayam cemani ini adalah terlihat dari warna ayam tersebut. Ayam cemani asli berwarna hitam di bagian paruh, bulu, kulit, dubur sampai kaki. Ayam cemani akan tampil hitam elegan saat kita sandingkan dengan ayam hias lain. Mengenai keindahanya patut kita bandingkan dengan ayam hias lain. Bagi yang suka warna hitam cocok kiranya memelihara ayam cemani ini. Untuk pemeliharaanya sebenarnya relatif mudah dan sederhana.

Untuk mempersiapkan indukan ayam cemani kita bisa menggunakan komposisi indukan ayam cemani berjumlah 3-5 betina dengan 1 jantan ayam cemani. Hal ini akan berpengaruh kepada telur dari ayam cemani. Karena dengan komposisi jumlah betina ayam cemani tidak lebih dari 5 menurut pengalaman kami akan membuat kualitas telur vertil lebih bagus. Walaupun dalam ilmu peternakan sebenarnya kita bisa memaksimalkan sampai 8 betina ayam cemani dengan 1 jantan ayam cemani.

Ayam Cemani Indukan

Ayam Cemani Indukan

Untuk memulai beternak ayam cemani kalau kita memilih memelihara dari ayam indukan akan lebih cepat berproduksi dan kita menikmati hasilnya. Namun bila ingin memelihara dari kecil atau beli anakan ayam cemani juga bisa. Dengan memelihara anakan ayam cemani kita akan berpengalaman memelihara dari kecil dan memperhatikan pertumbuhanya sampai besar atau dewasa sampai ayam cemani tersebut berproduksi.

Perlu di perhitungkan juga lama perjalanan dalam proses pembelian jika jarak antara penjual dan rumah cukup jauh sebaiknya kita membeli ayam cemani dengan umur di atas 2 bulan. Karena ayam cemani di umur dua bulan ke atas relatif lebih tahan dalam perjalanan jauh bila di bandingkan untuk anakan ayam yang berumur di bawahnya.

Dengan pakan dan kebersihan kandang yang terjaga di dukung dengan isolasi kandang yang bagus ayam akan sehat dan mudah untuk tumbuh besar. Ayam cemani betina dewasa mampu bertelur sekitar 8 butir sampai 15 butir setiap kali musim telur. Dan keuntunganya juga ayam cemani betina mampu mengerami telurnya sendiri dengan baik.

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam cemani berkualitas dari anakan maupun indukan. Kami juga menyediakan telur ayam cemani untuk di tetaskan. Hubungi kami sekarang di:

Call/SMS : 0812-2028-8686

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : [email protected]

kata tekait:

Ayam cemani, jual ayam cemani, harga ayam cemani, ternak ayam cemani, ayam cemani darah hitam, ayam cemani lidah hitam

2 thoughts on “Memilih Indukan atau Anakan untuk Memulai Beternak Ayam Cemani?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *