Memelihara Pejantan Ayam Kampung Untuk Tujuan Konsumsi

Memelihara Pejantan Ayam Kampung Untuk Tujuan Konsumsi

Ayam Jantan kampung dapat dijadikan salah satu penghasil ayam pedaging yang potensial. Jika dipelihara dengan cara tradisional dalam 5 bulan hanya menghasilkan berat sekitar 1 kg saja. Namun bila secara intensif, hasilnya akan berbeda. Pada umur yang sama berat badannya sudah mencapai 1,7 kg. Ada selisih berat badan sekitar 0,7kg per ekor. Suatu jumlah yang lumayan apalagi bila di kalikan dengan jumlah ayam yang dipelihara dalam periode yang sama.

Untuk itu saatnya kita mengenal ternak secara intensif guna peningkatan pendapatan peternak, efisiensi waktu dan efisien pakan. Dalam jangka panjang tentu akan menaikkan pendapatan peternak. Dalam beberapa hal seperti kandang, pola pakan dan minum akan ada perbedaan dibandingkan saat kita memelihara secara tradisional. Untuk itu mari kita pelajari bersama-sama cara beternak secara intensif.

Ayam Kampung

Ayam Kampung

Bagaimana sebaiknya kandang untuk ayam jantan kampung?

Untuk memelihara ayam jantan buras ada 3 macam kandang yaitu kandang indukan, kandang pembesaran dan kandang karantina. Sebelum digunakan kandang dibersihkan, disemprot dengan desinfectant dan diberi alas kandang/litter. Biasanya dari sekam padi, yang murah harganya dan mudah mendapatkannya.

Setelah semuanya siap, letakkan tempat pakan dan minum ayam. Sebaiknya tempat pakan dan minum digantung dan ketinggian disesuaikan dengan bahu ayam. Untuk pemanas buatan atau brooder bisa dipasang agar ayam tetap dalam kondisi hangat. Setelah itu dicuci hamakan lagi. Dalam waktu seminggu baru kandang itu siap dihuni ayam.

Bagaimana menyiapkan bibit ayam kampung?

Kita dapat membeli DOC ayam jantan afkir dari peternak DOC. Anakan yang dibeli harus dalam kondisi sehat dan tidak cacat. Beberapa cirinya yaitu bulu halus, mata bulat dan terang, mempunyai nafsu makan yang baik, tubuhnya padat. Setelah semuanya siap, barulah dimasukkan ke dalam kandang yang telah kita persiapkan. Untuk DOC perlu diberikan minuman yang dicampur dengan air gula. Hal itu berguna untuk meningkatkan energi. Disamping itu perlu multivitamin dan antibiotik.

Pengaturan suhu ruangan yang sesuai dengan umur ayam

  1. Umur 1-7 hari suhu 35 derajat Celcius
  2. Umur 8-15 hari suhu 32,2 derajat Celcius
  3. Umur 16-23 hari suhu 29,4 derajat Celcius
  4. Umur 24-30 hari suhu 26,6 derajat celcius

Untuk Pakan terbagi menjadi beberapa bagian;

  1. Periode starter dari DOC-umur 3 minggu
    Kadar protein 20-21% dan energi 3000 kkal. Contoh untuk makanan starter adalah BR-1.
  1. Periode pertumbuhan/Grower dari 3 minggu-12 minggu
    Protein lebih rendah dibandingkan makanan starter yaitu kadar 16-18%. Contoh adalah BR-2. Untuk kadar protein perlu diberhatikan benar karena bila diberikan tidak sesuai dengan kadarnya, maka pertumbuhan tidak akan maksimal.

Jika ingin membuat sendiri pakan ternak, anda bisa membuat dengan mencampurkan beberapa bahan seperti jagung giling, dedak/ bekatul,bungkil kedelai atau bungkil kacang tanah, tepung ikan, minyak kelapa dan bahan makanan tambahan seperti CaCo3 dan Premix-A.

Untuk pemeliharaan ayam sebagai pedaging berlangsung selama 3 bulanan. Setelah ayam pedaging yang ada di kandang telah habis, maka segera melakukan pembersihan kandang secara menyeluruh. Mulai dari pakan makan dan minum, litter, hingga seluruh bagian kandang. Litter yang ada dikeruk dan keluarkan dari kandang. Biasanya ada yang membelinya untuk pupuk pertanian. Pembersihan meliputi lantai, dinding dan atap kandang dan semua yang ada di dalam kandang termasuk tempet menangkring ayam juga tak luput dari pembersihan massal.

Ayam Kampung

Ayam Kampung

Setelah semua bersih, barulah disemprot dengan menggunakan desinfectant. Semua peralatan harus benar-benar bersih dan dikeringkan. Rentang waktu kandang untuk dapat digunakan kembali yaitu sekitar 10 hari.

Demikian cara memelihara ayam pejantan kampung yang akan dijadikan ayam pedaging. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Selamat mencoba.

Silahkan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

 

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:Ternak ayam kampung, harga ayam kampung, jual ayam kampung super, DOC ayam jawa super ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *