Membudidayakan Entok Organik sebagai Peluang Bisnis Baru

By | December 15, 2015

Membudidayakan Entok Organik sebagai Peluang Bisnis Baru

Budidaya Entok salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh masyarakat pedesaan atau perkampungan. Budidaya entok bisa menjadi peluang bisnis baru dikalangan pencinta hewan unggas. Dahulu memang entok dinilai sebelah mata oleh para pencinta hewan unggas. Tetapi kini justru hewan ini menjadi sangat populer. Bagi para pencinta kuliner, daging unggas ini menjadi santapan baru yang wajib untuk dicoba.

Lahan pertanian yang sukses dengan menggunakan bahan kimia di zaman yang serba teknologi ini sudah dianggap biasa. Tetapi kalau lahan pertanian yang sukses dengan menggunakan bahan alami seperti bahan organik itu dianggap luar biasa. Yang dimaksud dengan lahan pertanian organik yaitu lahan yang tanah dan tanamannya tanpa menggunakan bahan kimia, para petani hanya mengandalkan perairan saja.

Berbudidaya entok secara organik adalah sebuah cara atau metode yang dapat dilakukan secara sederhana tetapi hasilnya akan luar biasa. Cara ini hanya membiasakan entok yang kita pelihara untuk selalu mendapatkan asupan makanan dari lahan pertanian organik itu. Metode ini jelas sangat sederhana dan tidak memakan biaya yang banyak untuk pengeluaran pakan.

Pada umunya para peternak entok atau kadang juga di sebut mentok ini akan mengumbar begitu saja entok disekitar sawah tanpa memperhatikan nanti kemungkinan resiko-resiko yang akan terjadi. Padahal ketika entok itu diumbar di sawah sudah pasti mereka akan mencari makanan diwilayah sawah itu dan kita tidak akan mengetahui apakah lahan pertanian itu mengandung zat kimia atau tidak yang dapat mengganggu saluran pencernannya. Selain itu juga banyak yang menggunakan pakan-pakan yang berbahan kimia, yang dapat mempercepat pertumbuhannya namun cara ini kadang hanya membuat unggas ini kegemukan dan susah untuk bergerak bebas.

Lain halnya dengan budidaya entok organik ini. Entok yang kita pelihara akan terbebas dari bahan-bahan kimia atau paling tidak kita mengurangi bahan kimia yang di konsumsi entok tersebut. Yang perlu dilakukan yaitu cukup memiliki lahan pertanian yang tanahnya masih alami dengan ditanami tanaman-tanaman yang membutuhkan air seperti jenis padian-padian ataupun cukup genangan air yang di tumbuhi enceng gondok. Kemudian entok diangon di area tersebut dan biarkan unggas ini mencari makanan dilahan pertanian organik itu. Jadi setiap makanan yang dikonsumsi entok, akan terbebas dari bahan-bahan kimia. Dalam hal ini kita perlu menambah katu, jagung maupun sayuran segar sebagai tambahan pakan entok tersebut.

Selain cara ini menghemat biaya, cara ini juga sangat baik bagi pertumbuhan entok. Tumbuh kembangbiaknya akan terbebas dari bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatannya. Daging dan telur yang dihasilkan juga tidak  mengandung bahan-bahan kimia. Tentunya ini sangat bermanfaat bukan hanya untuk unggasnya tetapi juga untuk manusia yang ingin mengkonsumsi baik dagingnya ataupun telurnya.

Bagi anda yang ingin beternak Entok, kami menyediakan mulai dari Bibit ( DOD), Anakan hingga usia Dewasa siap produksi, kami juga melayani pemesanan Entok dalam bentuk karkas/ daging. kami siap mengirimkan ke berbagai daerah di Indonesia. untuk pemesanan silahkan hubungi kami di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait : Budidaya Entok Organik, Cara Berbudidaya Entok Organik, Budidaya Entok Organik Sebagai Peluang Bisnis Baru, Ternak Entok, Peternak Entok, Karkas Entok, Bibit Entok, Anakan Entok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *