Mari Mengenal Ayam Kapas yang Unik dan Lucu

By | August 18, 2016

Mari Mengenal Ayam Kapas yang Unik dan Lucu

Ayam Kapas merupakan jenis ayam hias yang telihat lucu dan menggemaskan. Memiliki bulu yang lembut. Ayam Kapas yang umum dijumpai adalah jenis Ayam Kapas yang berwarna putih. akan tetapi perlu kita ketahui bahwa Ayam Kapas itu memiliki berbagai warna seperti warna coklat dan hitam. Selain itu untuk mendapat jenis warna baru ayam ini dapat disilangkan dengan warna lain.

Ayam Kapas Usia 2 Bulan

Ayam Kapas Usia 2 Bulan

Menurut sejarah Ayam Kapas adalah jenis ayam hias yang berasal dari daratan Cina, kemudian diperkenalkan oleh Marcopolo ke berbagai negara di Eropa. Mengapa dinamakan Ayam Kapas, katena bulu yang ada pada tubuhnya tidak melekat antara satu sama lain sehingga terlihat seperti kapas atau sutera.

Selain bulunya yang indah, Ayam Kapas juga memiliki jari kaki sebanyak 5 buah, hal ini tentu berbeda ayam biasanya yang hanya mempunya jari kaki sebanyak 4 buah dan yang lebih uniknya lagi Ayam Kapas jari kakinya berbulu, meskipun ada beberapa yang tidak berbulu. Ayam Kapas memiliki pial atau jengger yang bentuknya seperti bunga mawar atau rose, dengan pial yang besar dan beberapa baris pial yang bergerigi. Ada beberapa Ayam Kapas yang memiliki jambul dibelakang pial dengan jengger yang berwarna merah atau biru.

Menurut pendapat banyak orang mereka meyakini, ayam kapas dengan daging yang berwarna hitam dipercaya bisa mencegah penyakit persendian seperti reumatik dan lain-lain yang biasanya cara dikonsumsinya yaitu dijadikan sebagai sup ginseng yang berkhasiat dan harganya mahal.

Sebagai ayam hias Ayam Kapas juga dapat dijadikan sebagai ayam petelur karena jenis ayam ini cukup produktif dengan menghasilkan kurang lebih 200 butir telur per tahun. Dengan karakter daging dan telurnya yang mirip dengan ayam kampung.

Dalam pemeliharaannya Ayam Kapas hampir sama dengan ayam kampung, bisa dikandangkan, dilepas baik menggunakan kandang terbatas maupun menggunakan kandang khususn yang dijadikan sebagai hiasan atau pajangan. karena bulu ayam kapas salah satu keunikannya maka hal ini tentu berhubungan dengan kebersihan kandang agar bulu ayam tetap terlihat bersih dan indah. Dalam pemberian pakan pun perlu diperhatikan sisa makanan dan minuman sebaiknya segera dibersihkan selain mengurangi keindahan bulunya, kesehatan juga perlu dijaga.

Ayam Kapas Dewasa

Ayam Kapas Dewasa

Ayam Kapas

Ayam Kapas Dewasa

Pemberian kandang  sebaiknya dapat terkena sinar matahari terutama pada pagi hari. kondisi kandang selalu kering dan tidak lembab dengan tujuan untuk mendapatkan ventilasi yang cukup untk kesehatannya. Pakan seperti voer  untuk masa anakan sampai usia 2 bulan setelah itu pakan berupa kombinasi dedak, nasi, biji-bijian seperti jagung beras, gabah dan kedelai.

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan telur Ayam Kapas baik ditetaskan dengan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit Ayam Kapas baik usia anakan atau usia dewasa yang siap produksi, silahkan kunjungi website kami di jualayamhias.com di daftar harga.

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait: Ayam Hias, Ayam Kapas, Ayam Silky, Foto Ayam Kapas, Jual Ayam Kapas, Harga Ayam Kapas


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *