Mari Mengenal Ternak Ayam Broiler atau Ayam Potong

Mari Mengenal Ternak Ayam Broiler atau Ayam Potong

Ayam potong atau yang lebih dikenal dengan ayam broiler adalah ayam dari hasil persilangan bangsa-bangsa ayam. Dari satu kelompok ayam akan dikawinkan, dari hasil persilangan tersebut keturunan dipilih yang pertumbuhannya dirasa paling cepat, kemudian disilangkan kembali dan diseleksi kembali yang pertumbuhannya cepat dan akan dikawinkan sesamanya.

Ternak Ayam broiler atau Ayam pedaging

Ternak Ayam broiler atau Ayam pedaging

Ayam broiler adalah hasil domestikasi dari ayam hutan merah, ayam broiler memiliki daging yang empuk, sehingga mudah untuk diolah akan tetapi daging yang empuk ini apabila dimasak terlalu lama maka akan hancur.

Berbeda dengan ayam buras, ayam broiler dipelihara secara industriaL. Dalam budidayanya ayam broiler dipelihara indukan dan anakannya (DOC). Ayam broiler pertama kali dibudidayakan di Indonesia pada tahun 1950-an. Namun populer pada tahun 1980-an. Pada saat itu banyak masyarakat yang masih belum menerima ayam broiler, hingga pada tahun 1981-an pemerintah mulai menggencarkan daging ayam broiler, hal ini bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan protein masyarakat.

Budidaya ayam broiler kini banyak diarahkan untuk kebutuhan bisnis. Di industri yang skala besar sudah menyediakan mulai dari bibit, pakan, obat-obatan hingga pemasaran. Hal ini lebih memudahkan bagi peternak untuk memulai beternak ayam petelur dari ketersedian bibit dan perlengkapan lainnya seperti pakan, obat-obatan hingga pemasarannya.

Ternak Ayam broiler atau Ayam pedaging

Ternak Ayam broiler atau Ayam pedaging

Ada berapa jenis strain ayam broiler?

Seiring berjalannya waktu strain mengalami peningkatan kualitas. Berikut beberapa jenis strain yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Berikut 3 jenis strain yang biasa dibudidayakan di Indonesia

  1. Strain Cobb

Strain Cobb dikembangkan dan dipopulerkan lebih dari 60 negara. Jenis strain ini fokus digunakan untuk mengembangkan rasio pemberian pakan.  Selain itu strain ini juga dikembangkan untuk pembentukan daging dada dan agar beradaptasi mudah dilingkungan beriklim tropis yang panas

  1. Strain Ross

Jenis strain ini dikembangkan untuk mempercepat pertumbuhan ayam dan memiiki daya tahan tubuh yang lebih baik. Fokus pengembangan genetik ini memiliki kaki yang kuat sehingga dapat menopang tubuhnya yang besar

  1. Strain Hybro

Fokus pengembangan ini untuk menjaga ketahanan hidupnya. Sehingga tahan terhadap daerah tropis dan tahan terhadap penyakit ascites.

Dengan membaca artikel di atas cukup membuat kita sedikit mengerti tentang ayam broiler atau ayam pedaging di Indonesia. Semoga artikel ringkas ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Ternak Ayam broiler atau Ayam pedaging

Ternak Ayam broiler atau Ayam pedaging

Ternak Ayam broiler atau Ayam pedaging

Ternak Ayam broiler atau Ayam pedaging

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam Kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata Terkait : Ayam Kampung, Ayam Broiler, Ayam Potong, Ayam Kampung Super, DOC Ayam Kampung Super,cara ternak ayam broiler, cara ternak ayam potong, harga ayam broiler, harga ayam, harga ayam hari ini, budidaya ayam broiler, pakan ayam broiler, kandang ayam broiler

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *