0856-4772-3888
Jam Buka : 08.00 - 20.00 WIB

Mari Mengenal 3 Metode Pembesaran Ayam Pedaging Unggul

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mari Mengenal 3 Metode Pembesaran Ayam Pedaging Unggul

Mari Mengenal 3 Metode Pembesaran Ayam Pedaging Unggul

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki hewan unggas dengan jumlah yang banyak. Hewan unggas sperti ayam, itik, bebek, angsa, burung dan hewan unggas lainnya menjadi kekayaan fauna Di Indonesia diantara jenis hewan lainnya.

Salah satu hewan unggas yang terdapat di Indonesia adalah ayam. Ayam lokal di Indonesia memiliki beberapa macam yang berasal dari daerahnya masing-masing diantaranya; ayam pelung, ayam bekisar, ayam ketawa, ayam cemani dan lain-lain. ayam kampung di Indonesia memiki beberapa variasi dalam pemeliharaannya. Para peternak ada yang memelihara untuk diambil dagingnya, telurnya maupun anakan yang dibudidayakan hal ini merupakan peluang bisnis tersendiri.

Ayam Kampung pedaging adalah salah satunya. ayam ini adalah hasil dari pemuliabiakan. Ayam kampung pedaging seperti ayam lokal pada umumnya. Dalam masa pemeliharaan dan periodenya dapat dibagi menjadi 3 yaitu masa starter (awal), masa grower (pertumbuhan) dan masa finisher(panen).

Ada berapa metode pembesaran ayam pedaging unggul?

Berikut ada 3 metode dalam pembesaran ayam pedaging unggul

  1. Pembesaran di Kandang Brooder

Pada masa starter yaitu umur 1 hari sampai 4 minggu. Berikan kandang tertutup dengan menggunakan kandang brooder( induk buatan). Kandang dilengkapi pemanas. Umur 1-7 hari berikan pemanas dengan suhu 31-34⁰C. Untuk umur lebih dari 7 hari berikan pemanas dengan suhu 30⁰C. Ayam yang mengalami pertumbuhan yang lambat, pisahkan dengan ayam  yang normal. Pada saat umur 1-7 hari basahi pakan dengan basahi air secukupnya. Saat ayam mencapai umur 15 hari, berikan tambahan pakan berupa dedak dan ampas kedelai dengan jumlah 5 % dari pakan utamanya. Pemberian vaksinasi dilakukan rutin sampai umur 5 minggu. Karena pada umur 6 minggu, ayam ini sudah bisa dipanen.

  1. Pembesaran masa grower (pertumbuhan)

Lama pemeliharaan yaitu saat pelepasan masa starter sampai berumur lima minggu. Ayam akan diberikan kandang dengan litter atau dengan jenis kandang postal. Kandang dibuat dengan luas yang sesuai dengan jumlah ayam. sebaiknya ayam pedaging jantan dan betina dipisahkan sejak umur pasca brooder. Pada masa grower jenis pakan yang paling tepat diberikan yaitu konsentrat, dedak padi, tepung ampas sagu, tepung ampas kedelai dengan tambahan berupa kangkung, sisa touge, limbah kol, ataupun dari limbah sampingan seperti dari industri tempe, tahu dan makanan.

  1. Pembesaran pada masa finisher (akhir)

Masa finisher yaitu masa akhir dalam pembesaran ayam pedaging. Masa finisher yaitu ketika ayam memasuki usia 6 sampai 12 minggu. pada masa ini pakan yang diberikan adalah yang berbahan konsentrat dan dicampur dengan bahan lokal seperti dedak, jagung, dan tepung ampas sagu. Dalam pemberian kedelai sudah tidak lagi dibutuhkan hal ini karena saat masa finisher kadar protein yang dibutuhkan lebih rendah.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam Kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL

 0812 2028 8686 


WHATSAPP
0856 4772 3888

 Kata Terkait : Ayam Kampung, Ayam Kampung Super, Ayam Pedaging, DOC Ayam Kampung Super, Jual DOC Ayam Kampung Super

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: