Mari Amati 6 Kebiasaan Ayam Hias Kita

By | April 6, 2015

Mari Amati 6 Kebiasaan Ayam Hias Kita

Ayam hias yang ada di kandang maupun di halaman rumah kita sebenarnya memiliki kehidupan mereka sendiri. Mari kita perhatikan dengan cermat untuk melihat rutinitas sehari-hari ayam hias tersebut. Karena dengan perhatian, kita akan lebih sayang dengan ayam hias tersebut dan segala perubahan yang terjadi pada ayam hias tersbut kita akam cepat meresponya dengan tepat. Untuk ayam hias memang mempunyai berbagai macam jenis namun pada dasarnya mereka masuk di kategori unggas yang relatif hampir sama. Ayam akan menunjukkan sejumlah perilaku, termasuk salah satu nya dengan bersuara atau berkokok. Perlu di ketahui bahwa ternyata ayam membuat lebih dari 30 suara yang berbeda untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.

Ayam Kapas

Ayam Kapas

Ayam memiliki kebiasaan yang cukup mudah untuk kita hafali, saat kita hafal dengan kebiasaanya maka kita akan sensitif jika ayam hias tersebut berperilaku tidak wajar. Mari perhatikan enam kegiatan sehari-hari ini yang membentuk dunia ayam hias Anda.

  1. Bergerak

Ketika diberi di rawat dalam kandang yang lega maka ayam bergerak dengan riangnya. Hal ini akan di lakukanya di siang hari. Para ilmuwan telah menempatkan pedometer pada ayam untuk menemukan bahwa mereka dapat berjalan dan berlari mendekati 1 ½ mil sehari, meskipun hanya dalam area kecil dari kandang mereka. Meskipun ayam hias tidak lihai dalam hal terbang, namun ayam suka bertengger di tempat-tempat tinggi dan akan terbang ke cabang pohon atau tempat yang lebih tingi untuk tidur atau beristirahat.

  1. Bersolek

Jangan heran jika melihat ayam hias kita bersolek. Jelas tidak bisa bandingkan dengan manusia saat bersolek. Karena saat ayam bersolek ayam akan melakukan peregangan, mengepakkan sayap mereka dan mandi debu. Mandi debu sangat penting untuk menjaga bulu ayam dalam kondisi baik dan mengurangi dampak dari serangga yang merupakan hama ayam alami. Ketika Anda melihat ayam mandi debu, ayam seperti terlihat berenang di tanah dengan sayap dan kaki meregang, mengepakkan dan melemparkan tanah ke udara.

  1. Tidur Siang

Pada hari yang cerah, Anda mungkin menemukan ayam hias Anda sedang beristirahat siang di bawah sinar matahari. Seperti berjemur di pantai, mereka akan berbaris untuk menangkap hangatnya sinar matahari. Karena ayam tidak bisa berkeringat saat terlalu panas di akan melepaskan panas dengan menguap atau meregangkan sayapnya.

  1. Ayam Bicara

Ayam yang bicara, setidaknya di waktu siang hari. “Mereka memiliki setidaknya 30 vokalisasi yang berbeda, dan mungkin lebih” kata Dr Joy Mench, direktur Center for Animal Welfare di University of California di Davis. “Jika Anda dapat mendengarkan cukup lama, Anda akan mampu mendeteksi banyak variasi dalam suara tersebut.

Ayam juga mampu untuk memberikan tanda dengan suaranya sebagai salah satu cara untuk mengingatkan kawanan predator, ancaman dan signal bahaya yang di tangkap dari tanah.

  1. Mengais Tanah

Kegiatan ini mengais tanah adalah gerakan naluri yang di miliki ayam. Kita bisa mengamatinya saat ayam kita beri wadah pakan tetap saja ayam akan berusaha mengais dengan kakinya. Ayam juga suka mengais lagi makanan yang sudah jatuh di lantai.

  1. Makan dan Minum

    Makan dan minum adalah kegiatan harian ayam. Tentu saja hal ini adalah hal yang menyenangkan saat kita memperhatikanya. Dengan kegiatan makan dan minum ini kita bisa menentukan ayam kita sehat atau tidak. Karena ibarat seperti manusia saat kita sakit, ayam juga akan menurun nafsu makanya saat sakit. Dan melihat ayam makan dengan lahap merupakan kebahagian tersendiri.

Ayam merupakan jenis unggas yang mudah di pelihara. Dengan bulunya yang cantik dengan suaranya yang khas cocok kiranya untuk menambah rumah kita semakin cantik. Silahkan pilih jenis-jenis ayam hias yang anda suka. Dan silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam hias berkulitas.

Silahkan hubungi kami kapan saja di:

Call/SMS : 0822-2123-5378

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : [email protected]

Kata terkait:

ayam hias, kebiasaan ayam, makanan ayam, kandang ayam, bulu ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *