Kombinasi Antara Hobi Memelihara Ayam Pelung dan Ternak Ayam Pelung

Kombinasi Antara Hobi Memelihara Ayam Pelung dan Ternak Ayam Pelung

Banyak profesi didunia ini yang dimulai karena suatu hobi. Terkadang kita “tidak sengaja” menemukan suatu profesi karena kita menganggap itu hanyalah suatu hobi saja. Namun bila ditekuni maka hobi tersebut bisa menjadi mata pencaharian tetap kita yang bisa menghasilkan omset hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Tentu bukan jumlah yang bisa dianggap kecil, jika dibandingkan profesi lainnya yang lebih mentereng. Seperti yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini. Bagaimana dari hobi memelihara Ayam Pelung menjadikan suatu profesi yang dijadikan mata pencaharian.

Salah satu ayam hias yang asli dari Indonesia adalah Ayam Pelung. Ayam ini yang di kenal dari daerah Cianjur Jawa barat. Ayam Pelung memiliki postur tubuh yang cukup besar, dan Ayam Pelung mempunyai suara yang sangat khas bila di bandingkan dengan ayam jenis lain.
Memang Ayam Pelung bisa dikawinkan dengan ayam kampung biasa namun hal ini akan mengurangi keaslian keturunan dari ayam tersebut. Ayam Pelung yang mempunyai karakter suara yang merdu mengalun ini memiliki jenis pertumbuhan badan yang cepat dan berat badannya bisa mencapai 3 kg. Sangat potensial untuk dijadikan ayam hias maupun ayam konsumsi. Apalagi dagingnya sangat lezat dan lebih banyak jika dibandingkan ayam kampung.

Indukan Ayam Pelung

Indukan Ayam Pelung

Dari banyak kelebihan itulah maka banyak yang mencoba memelihara Ayam Pelung untuk sekedar hobi atau untuk konsumsi keluarga saja. Namun melihat dari potensi yang ada maka hobi tadi bisa berkembang menjadi sebuah peternakan. Banyak peternak yang memulai usaha dari sebuah hobi. Apalagi sekarang banyak diadakan kontes suara Ayam Pelung yang memacu permintaan akan Ayam Pelung semakin besar. Jelas itu merupakan peluang bisnis yang tersendiri.
Untuk merawat Ayam Pelung sebenarnya tidak susah. Karena kelebihannya pada suara dan bodinya maka untuk pakan dan kebersihan kandang perlu mendapatkan prioritas. Untuk pemeliharaan diusahakan jangan diumbar di area yang tidak aman, karena beresiko mematuk makanan yang tersebar diarea kandang . Bila mematuk pecahan kaca atau sesuatu yang tajam beresiko bisa merusak pita suaranya. Bahkan tak jarang bisa mengakibatkan kematian. Untuk itu kandang Ayam Pelung seperti juga kandang ayam Ketawa, harus steril dari sesuatu yang berbahaya yang mungkin tertelan.

Indukan Ayam Pelung Jantan

Indukan Ayam Pelung Jantan

Untuk makanan Ayam Pelung bisa digunakan voer atau BR. Untuk menghemat biaya bisa dicampur dengan dedak atau bekatul dengan porsi yang sedikit. Sesekali diberikan makanan beras merah giling atau jagung giling, untuk selingan berupa jangkrik atau sejenis serangga lainnya. Itu bisa untuk penambah stamina bagi si pelung.

Diantara kelebihan Ayam Pelung, ada sedikit kelemahan yaitu pada bagian kaki Ayam Pelung. Kaki Ayam Pelung harus kuat menopang badannya yang bongsor. Untuk itu pemberian kalsium harus rutin diberikan agar kaki Ayam Pelung kuat menopang badannya yang besar.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam pelung, kami menyediakan telur ayam pelung yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam pelung kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam pelung dewasa juga bisa Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:
Ternak ayam pelung, harga ayam pelung, jual ayam pelung, ayam pelung, kontes ayam pelung

2 thoughts on “Kombinasi Antara Hobi Memelihara Ayam Pelung dan Ternak Ayam Pelung

  1. nasikhin

    Saya dr banyuwangi,psn 1 ekor induk ayam mutiara pa bisa,brapa harganya smpai rumah

    Reply
    1. admin

      Untuk ayam Mutiara 300rb untuk 1 ekor dewasa siap produksi. Ongkos kirim sampai di Stasiun Banyuwangi 170rb. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami untuk pemesanan.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *