Beberapa Informasi Tentang Kandang dan Pemeliharaan Ayam Pelung Putih

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Beberapa Informasi Tentang Kandang dan Pemeliharaan Ayam Pelung Putih

Ayam Pelung Putih

Beberapa Informasi Tentang Kandang dan Pemeliharaan Ayam Pelung Putih – Ayam pelung mempunyai suara yang khas yaitu panjang dan merdu. Pada zaman dahulu ayam pelung hanya terdapat di kabupaten Cianjur Jawa Barat. Namun untuk ayam pelung cianjur saat ini populasinya masih sedikit dibandingkan dengan jenis ayam kampung lain. Kenapa populasinya masih sedikit? Karena masyarakat belum mengetahui apa saja kelebihan atau keistimewaan ayam pelung ini.

Ayam pelung asli memang sangat memukau. Saat ini sudah cukup banyak yang beternak ayam pelung. Jenis jenis ayam pelung termasuk ke dalam jenis ayam hias. Jadi, ayam ini hanya untuk sebagai hiasan di halaman depan atau belakang rumah Anda.

Ayam Pelung Putih

"<yoastmark

Pelung putih merupakan salah satu warna bulu dari jenis ayam pelung. Selain ayam pelung  putih, ayam pelung memiliki warna bulu lain yaitu hitam, kekuningan-kuningan dan merah. Ayam pelung saat ini memang menjadi primadona di kalangan pecinta ayam hias. Mereka tertarik dengan postur tubuhnya yang cukup besar dan suara kokoknya yang merdu.

Untuk para peternak, hal yang harus diperhatikan yaitu tentang kandang dan pemeliharaannya. Kedua hal tersebut satu kesatuan dan tidak bisa terpisahkan dalam beternak ayam pelung. Berikut adalah penjelasan tentang kandang dan pemeliharaan ayam pelung.

Kandang Ayam Pelung Putih

Kandang merupakan tempat tinggal dan tempat istirahat ayam pelung. Jadi, peternak harus menciptakan kandang yang nyaman dan sehat agar ayam tetap senang dan kerasan saat di dalam kandang. Kandang juga merupakan salah satu yang membuat ayam pelung mau berkokok atau tidak. Karena apabila kandang ayam kotor dan pelung merasa tidak nyaman maka ayam pelung tidak mau mengeluarkan suara kokoknya.

Syarat-syarat Kandang Ayam Pelung :

1. Letak Kandang Ayam Pelung

Apabila Anda ingin menempatkan kandang ayam pelung, sebaiknya letakkan di tempat yang tinggi. Fungsi dari kandang  yang tinggi yaitu agar saat musim hujan kandang ayam pelung tersebut tidak becek atau kebanjiran. Saat kandang becek dan kotor maka akan timbul sarang penyakit dan hal tersebut akan berbahaya bagi ayam.

2. Ventilasi Kandang Ayam Pelung

Untuk kandang ayam pelung harus dilengkapi dengan ventilasi yang cukup. Fungsi ventilasi adalah untuk keluar masuk udara. Apabila kandang ayam pelung mendapatkan ventilasi yang cukup maka ayam pelung akan merasa nyaman atau kerasan di dalam kandang.

3. Sinar Matahari

Kandang ayam pelung sebaiknya menghadap ke timur, agar saat pagi hari ayam pelung mendapatkan sinar matahari yang sangat baik untuk ayam pelung.

4. Kelembapan Udara

Kelembapan udara juga salah satu hal yang penting bagi kandang ayam pelung. Sebaiknya dalam membuat kandang ayam pelung harus dipikirkan secara matang, agar saat kandang ayam pelung jadi tidak memiliki kelembapan udara yang tinggi.

5. Lantai Kandang Ayam Pelung

Lantai kandang ayam pelung bisa dibuat dalam bentuk lantai beralas atau berlubang. Untuk lantai yang beralas bisa dibuat dengan bahan dasar semen, batu bata atau kayu. Sedangkan untuk lantai berlubang gunakan bahan dasar seperti kayu, kawat atau bambu.

6. Dinding Kandang Ayam Pelung

Untuk dinding kandang ayam pelung sesuaikan dengan cuaca di tempat tersebut. Apabila cuaca di wilayah tersebut sering hujan dan dingin sebaiknya dinding kandang rapat dan hanya diberikan sedikit lubang. Namun, untuk wilayah yang memiliki banyak cuaca  panas sebaiknya dikasih lubang yang banyak.

Bentuk Kandang 

1. Sistem Ren

Sistem Ren

Kandang Sistem Ren

 

Bentuk kandang sistem ren adalah kandang ayam yang menggunakan halaman pengumbaran. Jadi, saat siang hari ayam pelung di umbar di halaman agar bisa bermain-main tanpa harus keluar dari kandang. Di halaman kandang sebaiknya ditanami rerumputan atau pepohonan agar ayam lebih merasa nyaman dan sejuk. Saat petang hari, ayam pelung akan masuk ke dalam kandang untuk istirahat.

 

2. Sistem Potstal

Kandang potstal

Kandang Sistem Potstal

Bentuk kandang sistem potstal adalah kandang yang tidak memiliki tempat pegumbaran atau halaman pengumbaran. Jadi, ayam selalu berada di dalam kandang dan tidak keluar. Untuk sistem kandang yang satu ini ayam harus selalu diperhatikan, karena apabila ayam selalu di dalam kandang maka kandang akan kotor. Jadi, kandang ataupun ayam harus selalu dicek dan dibersihkan.

3. Sistem Baterai

Kandang Baterai

Kandang Sistem Baterai

Bentuk kandang sistem baterai adalah kandang yang berbentuk tingkat dan kotak serta berderet-deret seperti baterai. Setiap kotak berisi satu ekor babon pelung yang sudah dikawini oleh pejantan jago pelung. Untuk kandang sistem baterai ini harus selalu dibersihkan agar ayam tidak mudah terserang penyakit.

 

Pemeliharaan Ayam Pelung Putih

1. Secara Umbaran

Untuk pemeliharaan ayam pelung secara umbaran yaitu dengan cara di lepas di alam bebas dan ayam pelung akan mencari makanan sendiri. Saat pagi hari sampai sore hari ayam pelung akan berkeliaran kemana-mana untuk mencari makan dan saat sore hari mereka akan pulang dan istirahat. Tempat tidur ayam pelung dimana saja misalnya di atas genteng, atas pohon, lumbung padi atau di emperan rumah.

Pemeliharaan ayam pelung secara umbaran masih banyak ditemui di pedesaan. Mengapa begitu? Karena di pedesaan masih banyak sumber pakan yang melimpah di alam bebas, selain itu lahan di pedesaan masih luas. Namun pemeliharaan ayam pelung secara umbaran ada sisi negatifnya. Sisi negatifnya yaitu ayam banyak yang mati karena terkena wabah penyakit.

2. Secara Semi-Intensif

Pemeliharaan ayam pelung secara semi-intensif yaitu peternak menyediakan kandang dan makanan ayam pelung secara ala kadarnya saja. Jadi, ayam pelung hanya makan sisa-sisa makanan, jagung dan lain sebagainya. Apabila ayam pelung sakit maka peternak akan mengobatinya dengan obat tradisional seperti kunyit, bawang merah, cabe merah dan obat-obat tradisional lainnya. Obat-obat tradisional ini tidak kalah dengan obat modern karena hampir setiap peternak mengobati ayam yang sakit dengan obat tradisional dan sembuh.

3. Secara Intensif

Pemeliharaan ayam pelung secara intensif yaitu memberikan pakan dan fasilitas yang cukup sempurna. Biasanya peternak menyediakan pakan yang berkualitas tinggi. Pemeliharan ayam pelung secara intensif ini biasanya untuk usaha yang bersifat komersial. Semua tentang pakan, perkawinan, penetasan serta pemeliharaannya diatur oleh peternak.

Di atas adalah beberapa informasi tentang  kandang dan cara pemeliharaan ayam pelung yang bisa Anda pilih untuk beternak ayam pelung. Anda bisa pilih yang menurut Anda cocok untuk diterapkan. Beternak ayam pelung memang salah satu usaha yang memiliki prospek yang cukup menggiurkan karena harga jual ayam pelung cukup tinggi. Apalagi untuk ayam pelung yang pernah diikutkan kontes dan menang atau ayam pelung super jumbo harganya lebih mahal lagi.

Apabila Anda berminat untuk beternak ayam pelung kami menyediakan. Kami jual ayam pelung putih dan jenis ayam hias lain seperti ayam poland, kate, serama, phoenix dan lain sebagainya. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi no whatsapp di bawah ini untuk pemesanan :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
jual ayam pelung putih, jenis jenis ayam pelung, ayam pelung super jumbo, ayam pelung cianjur, ayam pelung asli, makanan ayam pelung, harga jual ayam pelung

_Meilani Sawitri_

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Pelung Putih
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: