Jual Ayam Onagadori yang Berasal dari Negeri Matahari Terbit

Jual Ayam Onagadori yang Berasal dari Negeri Matahari Terbit

Ayam onagadori adalah ayam kebanggaan masyarakat Jepang yang berekor panjang. Ayam ini mendapat julukan ayam yang terhormat dan hanya kalangan tertentu saja yang bisa memilikinya. Di Jepang panjang ekor ayam Onagadori bisa mencapai 10 meter. Bulu ekor ayam onagadori termasuk noo-molting yang artinya bulu ekor tidak memiliki lapisan keras. Bulu yang panjang hanya dialami pejantan ayam onagadori, sedangkan betina ekornya tidak terlalu panjang dibandingkan jantannya. Ayam onagadori ini lebih cocok dipelihara di iklim sedang, yang tidak terlalu dingin dan terlalu panas.

Keistimewaan ayam Onagadori ini yang paling terlihat adalah ekornya yang ikal dan panjang. Untuk warnanya ada yang berwarna putih, merah kehitaman, hitam kehijauan/ wido dan kombinasi diantara warna tersebut. Kalau dilihat tidak begitu jauh berbeda dengan ayam kampung. Perbedaannya hanyalah pada perawatan bulu-bulunya.

Ayam Onagadori Dewasa

Ayam Onagadori dalam masa memanjangkan ekor nya

Kandang ayam onagadori terbagi menjadi 2 bagian yaitu kandang umbaran dan kandang yang bentuknya seperti lemari. Kandang dengan sistem umbaran bermaksud untuk memperbanyak jumlah keturunan sedangkan kandang dengan bentuk seperti lemari itu bertujuan untuk  memelihara agar ekor ayam tidak cepat rusak dan rontok. Jadi di dalam kandang tersebut dibuatkan tempat untuk bertengger dan satu kandang hanya untuk 1 ekor saja.

Jika pada kandang umbaran, dalam 1 kandang berisi sekitar 4-5 ekor dengan komposisi 1 jantan dengan 3-4 betina dewasa. Pembesaran seperti itu akan menghasilkan keturunan yang banyak. Untuk itu pembuatan kandang harus disesuaikan dengan tujuan memelihara ayam. Jika masih mempunyai stok yang sedikit maka sebaiknya menggunakan kandang umbaran. Jika stok sudah melimpah, untuk memelihara agar ekor ayam onagadori selalu terjaga, barulah dibuatkan kandang dengan bentuk seperti lemari.

Ayam Onagadori

Ayam Onagadori

Cara membersihkan ekor ayam onagadori dengan cara di lap dengan menggunakan lap basah dan sambil merapikan bulu-bulunya yang kusut. Cara membersihkannya dimulai dari bagian pangkal ekor sampai ke bagian ujung ekor. Jika rutin membersihkan ekornya dan memandikan ayamnya setiap pekan sekali, maka ayam onagadori akan selalu kuat, bersih bulu dan terhindar dari kerontokan.  Untuk itu diperlukan ketelatenan dan kesabaran dari peternaknya.

Untuk makanan ayam onagadori seperti voer yang dicampur beras merah giling dan jagung giling. Untuk anakan ayam onagadori bisa dibuatkan dari campuran voer dengan menir (beras yang halus). Sedangkan untuk pakan basah bisa diberikan voer atau BR dicampur bekatul, beras merah giling dan jagung giling dengan kondisi tidak terlalu lembek.

Untuk artikel lebih lanjut mengenai cara memelihara ayam onagadori Anda dapat membaca juga artikel kami di:

Sekilas ayam onagadori mirip dengan ayam phoenix yang berasal dari negara Jerman. Bedanya hanya pada ekornya. Jika phoenix, ekornya tidak lebih panjang dibandingkan ekor ayam onagadori. Ekor ayam phoenix lurus, tidak ikal seperti onagadori. Masing-masing ayam mempunyai penggemar sendiri-sendiri.

Ayam Onagadori

Ayam Onagadori

Dan jika Anda ingin mencoba memelihara ayam onagadori, kami menyediakan telur ayam onagadori yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam onagadori kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam onagadori dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata terkait:
Cara memelihara ayam onagadori, makanan ayam onagadori, harga ayam onagadori, kandang ayam onagadori, anakan ayam onagadori, ayam onagadori betina,harga anak ayam onagadori,harga ayam jepang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *