Jual Ayam Ketawa Mulai dari Anakan Hingga Indukan

Jual Ayam Ketawa Mulai dari Anakan Hingga Indukan

Ayam ketawa meupakan salah satu ayam asli Indonesia. Ayam Ketawa mempunyai beberapa jenis berdasarkan suara yang dihasilkannya. Jenis ayam ketawa meliputi ketawa Gretek, Dangdut, Slow bahkan Mak Lampir. Jika berdasarkan interval suara, ayam ketawa dibagi menjadi 3 macam yaitu suara kokok dengan interval cepat ( Garetek/ Gretek), suara kokok dengan interval lambat (Gaga) dan suara dengan interval mendayu-dayu (Dodo).

Pada awalnya, ayam ketawa hanya berada di daerah Sidrap, sekitar 183 km utara kota Makassar di Sulawesi Selatan. Disana ayam jenis ini disebut Manu Gaga. Ayam ketawa banyak diternakkan terutama di daerah Baranti, Panca Rijang, Benteng dan Simpo Arasi’e. Seiring keindahan suaranya yang unik terdengar diketahui banyak orang, banyak banyak yang membawa ayam ketawa hingga keluar wilayah pulau Sulawesi. Kini ayam tersebut banyak dipelihara pehobi ayam hias. Yang unik dari ayam ketawa ada penamaan masing-masing jenis kelamin. Ayam ketawa jantan disebut Lai sedangkan ketawa betina disebut Birang. Masing-masing warna jika di Sidrap akan mempunyai nama sendiri-sendiri. Sedangkan ayam ketawa yang telah berada di daerah lain tidak begitu mendetail dalam hal penyebutannya.

Untuk warna ayam ketawa tidak begitu jauh dengan ayam kampung. Ada putih, hitam, kombinasi merah dan hitam atau warna lainnya. Yang membedakan antara ayam ketawa dan ayam kampung adalah terletak pada pita suaranya. Pita suara yang terdapat pada ayam ketawa terputus, tidak menyambung seperti pita suara ayam lainnya. Suara yang dihasilkannya ternyata mengalami perbedaan.

Produktivitas ayam ketawa hampir sama seperti ayam kampung, dalam kisaran 8-15 telur dalam sekali masa produksi. Untuk menjaga keaslian ayam ketawa, sebaiknya ayam ketawa hanya dikawinkan dengan sesama ayam ketawa. Jika dikawinkan dengan jenis lain maka akan muncul varietas lain. Dan hal ini bisa saja mengurangi kualitas ayam ketawa itu sendiri.

Ayam Ketawa

Ayam Ketawa

Bagaimana agar ayam ketawa bersuara merdu?

Cara agar ayam ketawa mempunyai suara yang merdu perlu dilakukan stimulai seperti memperdengarkan suara ayam ketawa yang sudah jadi agar ayam ketawa akan menirunya. Di samping itu peternak rajin membersihkan kandang agar ayam nyaman dan terjaga kesehatannya. Jangan lupa rutin memandikan ayam setidaknya 3 hari sekali. Setelah dimandikan ayam ketawa dapat dijemur dibawah sinar matahari. Gantungkan dalam kandang seperti kondisi saat kontes.

Seperti halnya manusia, ayam ketawa juga membutuhkan stamina tinggi untuk itu perlu diberikan jamu tradisional yang bisa kita buat sendiri. Bahannya berupa madu, jahe, tomat dan bayam. Tomat dan bayam direbus kemudian dinginkan. Setelah itu diblender bersama madu dan jahe. Setelah jadi adonan yang cair, cara memasukkan ke dalam mulut ayam menggunakan suntikan yang masih baru tanpa menggunkan jarum. Masukkan suntikan ke mulut ayam maka akan dapat mudah mengkonsumsinya.

Ayam Ketawa

Ayam Ketawa

Penghobi ayam ketawa di Indonesia kini semakin meningkat, suara kokok yang khas dan merdu yang dimiliki ayam ketawa menjadi daya tarik tersendiri bagi penghobinya. Para penghobi sering mengikutkan ayam ketawanya dalam ajang kontes ayam ketawa.

Para peminat ayam ketawa yang semakin banyak ini tentunya membuat permintaan ayam ketawa semakin meningkat. para penjual akan merasa senang jika ayam ketawa menjadi ayam hias yang banyak dicari oleh para penghobinya. Hal ini juga dapat menjadi salah satu upaya untuk melestarikan ayam asli Indonesia karena dipelihara sebagai hobi saja.

Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk ayam ketawa, kami menyediakan ayam ketawa dari berbagai usia mulai dari anakan hingga indukan.

Dan jika Anda ingin mencoba memelihara ayam hias dengan berbagai jenis yang kami miliki, kami menyediakan telur ayam hias yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam hias kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam hias dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata terkait: cara memelihara ayam ketawa, produktivitas ayam ketawa, ketawa gretek, jual anakan ketawa, ketawa indukan, ayam ketawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *