Jual Ayam Cemani dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan

Jual Ayam Cemani dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan

Ayam cemani termasuk jenis ayam hias yang unik dan indah. Dengan bulu diseluruh tubuhnya yang berwarna hitam membuat ayam ini menarik untuk kita pelihara dirumah. Tidak hanya bulunya yang berwarna hitam bahkan kaki, paruh jengger hingga dagingnya pun juga berwarna hitam. Keunikan pada warnanya lah yang tidak dimiliki oleh jenis ayam lainnya. Harga jual ayam cemani pun relatif cukup stabil.

Ayam cemani adalah jenis ayam kedu yang ada di Indonesia , ayam ini adalah ayam asli Indonesia yang awal mulanya berkembang di daerah Temanggung Jawa Tengah. Dengan ciri khasnya tersebut banyak masyarakat yang menyukai ayam cemani ini. Menurut sejarahnya keberadaan ayam cemani sudah ada sejak kerajaan majapahit.

Ayam Cemani Usia 5 Bulan

Ayam Cemani Usia 5 Bulan

Ayam Cemani Usia 2 Bulan2

Mengapa ayam cemani berwarna hitam?

Bukan karena sebagai kepercayaan yang banyak dianggap oleh masyarakat, melainkan warna tersebut berasal dari gen atau keturunannya yang memang berwarna hitam. Tetapi warna tersebut tidak mempengaruhi warna telurnya, telur cemani berwarna putih atau terkadang coklat mirip seperti telur ayam kampung.

Ayam cemani memiliki berat badan rata-rata 2-3 kg untuk cemani jantan sedangkan untuk cemani betina bisa mencapai 2,5 kg. Ayam cemani yang sudah siap bertelur yaitu pada umur 7-8 bulan keatas. Dengan jangka waktu 3-4 kali per tahunnya, tetapi waktu produksi tersebut tergantung pada penetasannya jika menggunakan mesin penetas, tentunya akan memberikan peluang untuk meningkatkan produksi telurnya. Ayam cemani sendiri bisa mempunyai usia sampai 7 tahun lebih. Namun keberadaan ayam cemani sekarang ini sudah semakin langka, jarang ditemukan karena hanya beberapa peternak saja yang memiliki ayam cemani ini. Sebenarnya masih banyak bisa di lakukan penelitian mengenai ayam cemani ini. Semisal bila di lakukan aksperimen menyilangkan ayam cemani ini dengan jenis ayam lain. Karena memang ayam cemi memiliki ke unggulan produksi telur bila kita bandingkan dengan ayam kampung pada umumnya. Dan bila untuk produksi daging, ayam cemani ini memilki kekurangan yakni warna daginya yang berwarna hitam atau keabu-abuan.

Apakah ayam cemani bisa berubah warna?
Dengan keanekaragaman fauna asli Indonesia ini sebenarnya kita memiliki kekayaan potensi untuk di eksplor lebih dalam sehingga bisa di dapati kemanfaatan yang lebih besar yang salah satunya dari ayam cemani ini. Hal ini merupakan tantangan bagi kita terutama untuk para penggerak dunia peternakan seperti peternak, mahasiswa peternakan maupun dinas peternakan yang terkait. Bila usaha ini bisa di lakukan dengan fokus dan sungguh-sungguh serta konsisten kami yakin usaha ini akan merubah pandangan masyarakat mengenai ayam cemani yang lekat dengan nuansa ritual atau klenik.

 

Galeri Foto Ayam Cemani Terbaru


Baca juga!

Cara Mudah Mengetahui Ciri Ayam Cemani Asli

Bagaimana cara beternak atau budidaya ayam cemani?
Dalam cara ternak ayam cemani sebenarnya relatif mudah. Tidak ada cara khusus yang perlu kami rahasiakan. Budidaya ayam cemani ini layaknya kita memelihara ayam kampung pada umumnya. Untuk pakan kita bisa menggunakan voer/BR yang kadang di sebut juga dengan konsentrat ayam. Dari pakan tersebut bisa kita bisa padukan dengan jagung maupun nasi. Ada juga yang menambahkan dengan beras merah maupun kacang hijau. Tetapi memang penambahan beras merah maupun kacang hijau tidak memberikan efek yang signifikan dalam pertumbuhan ayam cemani. Yang malah berpengaruh adalah biaya dalam perawatan bila kita memilih menambahkan bahan tersebut.

Dalam pemeliharaan atau cara ternak ayam cemani kita perlu perhatikan pemisahan dengan ayam lain. Hal ini  merupakan hal yang paling mendasar untuk menjaga ayam cemani kita terjaga keaslianya. Karena bila ayam cemani bercampur dengan ayam lain maka resiko ayam di kawin oleh jenis lain akan menghasilkan jenis ayam cemani yang tidak asli atau murni lagi.

Teknik pemisahan ayam cemani dengan ayam lain ini selain bertujuan untuk menjaga ayam cemani terjaga keaslianya sebenarnya mengandung banyak manfaat. Dan teknik ini kadang kami temui tidak dilakukan peternak khususnya bagi peternak pemula. Bila kita bisa mengkondisikan kandang ayam terpisah berdasar jenis dan usia ayam maka penyebaran penyakit akan berkurang serta pemerataan pakan pun dapat kita raih.

Ayam Cemani Dewasa Jantan

Ayam Cemani Dewasa Jantan

Ayam Cemani Usia 1 Bulan

Ayam Cemani Usia 1 Bulan

Ayam Cemani Umur 5 Bulan Pesanan Bapak Putu di Bali

Ayam Cemani Umur 5 Bulan Pesanan Bapak Putu 

Ayam Cemani Dewasa

Ayam Cemani Dewasa

 

Ayam Cemani menjadi salah satu jenis ayam hias dari 34 jenis ayam hias lebih  yang ada di jualayamhias.com, ayam cemani tersedia mulai dari anakan atau bibit ayam cemani, indukan dewasa siap produksi hingga telurnya yang bisa di tetaskan di daearah mana saja.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam cemani, kami menyediakan telur ayam cemani yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam cemani kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam cemani dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

 

SMS/CALL/WHATSAPP

0856-4772-3888

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
AXIS:
0838-6918-5523

Kata Terkait :
Ayam Hias, Ayam Cemani, Jual Ayam Cemani, Harga Ayam Cemani, foto ayam cemani, jual ayam cemani, cara ternak ayam cemani, telur ayam cemani

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Cemani
No HP
08564 77 23 888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

One thought on “Jual Ayam Cemani dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan

  1. Pingback: 7 Cara Mudah Mengetahui Ciri Ayam Cemani Asli - Jual Ayam Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *