Jenis Pakan Anakan Burung Kenari Agar Tumbuh Sehat

By | September 5, 2014

Jenis Pakan Anakan Burung Kenari Agar Tumbuh Sehat

Memelihara Burung Kenari memang tidak begitu sulit dalam perawatannya bisa dikatakan mudah. Merawat Burung Kenari sama halnya dengan memelihara burung pada umumnya karena tidak membutuhkan perawatan yang khusus. hanya saja untuk usia anakan perlu perhatian khusus karena masih rentan. Begitu juga dengan pemberian jenis pakannya, anakan Burung Kenari membutuhkan asupan makanan yang cukup terutama asupan gizi untuk perkembangannya.

Anakan Burung Kenari membutuhkan asupan gizi guna untuk perkembangan otot dan pertumbuhan bulunya. Jenis pakan yang diberikan untuk Burung Kenari biasanya pakan biji-bijian, namun biji-bijian saja tidak cukup perlu adanya makanan tambahan agar tumbuh sehat. Perlu diperhatikan juga Burung Kenari usia anakan yang baru saja menetas hingga usia 1 bulan masih membutuhkan perlakuan yang khusus sebaiknya diberikan pakan biji-bijian karena dapat mengganggu sistem pencernaannya.

Burung Kenari sama halnya seperti manusia perlu adanya variasi makanan agar tidak mudah bosan. Burung Kenari yang hanya diberikan satu jenis pakan biasanya nafsu makannya akan berkurang yang menyebabkan asupan gizi berkurang sehingga Kenari tidak sehat.

Untuk Anakan Burung Kenari bisa diberikan makanan telur puyuh rebus atau telur ayam rebus. Teksturnya yang lembut memudahkan anakan Kenari dalam memakannya. Untuk ukuran anakan Kenari sebaiknya jenis telur puyuh rebus karena porsinya pas. Makanan lainnya yang cukup terkenal yaitu jenis pakan kroto yang memiliki kandungan protein yang tinggi selain itu juga mampu merangsang suaranya agar rajin berkicau.

Variasi makanan lainnya juga dapat diberikan seperti campuran dari susu bubuk dan kuningan telur rebus. Cara pemberiannya yaitu dengan cara melolohkan, selain itu makanan bayi untuk lolohan anakan Kenari yang sudah berusia satu bulan.

Dalam pemberian makannya biasanya untuk anakan dilakukan dengan cara melolohkan. Bisa menggunakan pipa Cotton bud sebagai alat untuk melolohkan makanan. Hal ini bertujuan agar anakan Kenari lebih aman. Bila masih dalam melolohkan makanannya bisa disandingkan dengan indukan Kenari yang sedang tidak mengerami telurnya namun perlu juga untuk mengamati apakah rajin menyuapi anakan Kenari atau tidak.

Kata Terkait: Jenis Kenari, Kicau Kenari, Suara Kenari, Kenari, Burung Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *