Berbagai Jenis Burung Kenari yang Ada di Indonesia

By | September 3, 2016

Berbagai Jenis Burung Kenari yang Ada di Indonesia

Burung Kenari termasuk salah satu burung yang menjadi peliharaan para pecinta burung. Burung ini mempunyai popularitas yang cukup tinggi dan banyak di perlombakan dalam berbagai even. Burung Kenari mempunyai beberapa kelebihan diantaranya mempunyai bulu yang sangat indah dan mempunyai suara gacor yang sangat merdu.

Burung yang mempunyai nama latin Serinus Canaria ini mampu bersaing dengan jenis burung yang suaranya merdu seperti Branjangan, Murai Batu, Tledekan dan Kacer ini ternyata mempunyai beberapa jenis yang dilihat dari namanya jelas berasal dari luar negeri. Masing-masing jenis mempunyai ciri khas pada warna bulunya yang indah.

Burung kenari mulai dikenal setelah ditemukan oleh seorang pelaut yang berasal dari Perancis pada abad ke-15 yaitu Jean de Berthan Cout. Pelaut tersebut menemukan Burung Kenari saat berada di kepulauan Canaria. Setelah kepulauan Canaria jatuh ketangan Spanyol, maka burung tersebut dibawa oleh navigator kapal Henry ke Spanyol dan berhasil berkembang biak di sana. Bahkan burung tersebut menyebar ke benua Eropa dan melalui perantara pedagang dan pelaut dapat menyebar ke benua Amerika, Asia, Australia dan Afrika.

Jenis Kenari banyak sekali diantaranya Kenari Waterslager, Kenari Yorkshire, Kenari Merah, Kenari Spanish Timbrado, Kenari Border, Kenari Lanchashire, Kenari Gloster, Kenari Cinnamon, Kenari Roller, Kenari Frill, Kenari Stafford, Kenari Lizard, Kenari Paris, Kenari Norwich, Kenari Scoth Fancy dan masih banyak lagi. Untuk itu marilah kita mengenal sebagian dari mereka dan apa saja kelebihan masing-masing burung kenari tersebut.

Ada berapa jeniskah Burung Kenari yang ada di Indonesia?

Berikut 6 jenis kenari yang ada di Indonesia

  1. Kenari Yorkshire atau YS

Burung kenari Yorkshire atau YS mempunyai warna kuning keemasan yang sangat menawan. Suaranya yang gacor dan nge-roll sangat diminati pecinta burung. Hal itu yang menyebabkan harga kenari YS relatif lebih tinggi di bandingkan kenari jenis lainnya. Makanan burung ini cukup mudah yaitu dari jenis biji-bijian, canary seed dan makanan sayuran. Sayuran tersebut berfungsi untuk suplemen protein yang sangat dibutuhkan Burung Kenari.

Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire

  1. Kenari Norwich

Kenari Norwich ini pada awalnya banyak di kembang-biakan di Norwich Inggris  pada tahun 1800 an. Kenari ini mempunyai keistimewaan bulunya berwarna orange yang cantik. Sekilas terlihat bulat dan pendek namun panjang tubuhnya bisa mencapai 15-16 cm. Untuk makanan hampir sama seperti kenari YS yaitu canary seed dan rape seed.

Kenari Norwich

Kenari Norwich

  1. Kenari Gloster

Jika pada ayam hias kita mengenal Ayam Poland yang mempunyai jambul yang sangat indah, maka pada burung kenari kita bisa menemukan pada kenari jenis Gloster. Tubuh kenari ini cukup mungil, sekitar 11 cm saja. Meskipun demikian, kenari Gloster termasuk tangguh dan mempunyai stamina yang bagus. Namun kelemahan kenari ini gampang stres atau sakit jika disentuh. Untuk itu jika belum begitu mengenal diusahakan untuk tidak menyentuhnya. Makanan kenari Gloster rape seed, canary seed dan sayur-sayuran.

Kenari Gloster

Kenari Gloster

  1. Kenari Border

Burung kenari ini terkenal dengan kelincahan, aktif, kecil namun cukup kuat. Postur tubuhnya lebih besar dibandingkan  Kenari Gloster. Walaupun cukup lincah namun kenari Border mempunyai sifat pemalu, yang mau berkicau jika tidak ada manusia atau burung lainnya. Ia juga suka sekali berjemur dan mandi air. Makanan hariannya seperti canary seed, rape reed dan suplemen vitamin. Kenari Border juga membutuhkan buah-buahan dan sayuran yang berfungsi utnuk menjaga staminanya.

Kenari Border

Kenari Border

  1. Kenari Roller

Kenari ini dari segi warnanya mempunyai kemiripan dengan kenari lainnya. Ciri khas yang dimiliki oleh Kenari Roller yaitu mempunyai gelembung suara pada bagian dagu. Kenari ini termasuk berukuran sangat mungil. Panjang tubuhnya hanya berkisar 7,5 cm – 8 cm saja. lebih kecil di bandingkan jenis kenari lainnya. Ada sebagian orang yang menyebut Kenari Roller ini dengan sebutan Burung Hazer. Untuk makanan sama seperti burung kenari lain yaitu rape seed, canary seed dan sayuran.

Kenari Roller

Kenari Roller

  1. Kenari Crest

Kenari  Crest termasuk kenari berjambul, namun bentuknya berbeda jika dibandingkan dengan Kenari Gloster. Kenari ini berjambul pada bagian atas paruh. Sebagian dari jenis Kenari Crest bahkan pada bagian muka bisa ditutupi jambul ini. Untuk warna Kenari Crest termasuk beragam yaitu warna kuning, merah dan pink/ merah muda. Makanan kesukaannya sama seperti jenis lain yaitu canary seed, rape seed dan sayur-sayuran.  Burung ini ditemukan pada tahun 1950 an. Di luar negeri burung ini dikenal dengan si Raja Fantasi atau King of The Fancy.

Kenari Crest

Kenari Crest

Demikian beberapa jenis kenari impor yang kita kenal. Banyak diantara pecinta burung kenari yang menyilangkan dengan kenari jenis yang lain untuk mendapatkan anakan dengan warna bulu atau suara yang berbeda dengan indukannya. Seperti hasil persilangan kenari YS yang mempunyai keunggulan dengan badannya dengan Waterslager yang mempunyai kelebihan dengan suaranya yang gacor. Apalagi bila dapat menghasilkan bakalan yang  bersuara gacor, badannya tegap, mempunyai warna yang beragam dan cerah. Seperti warna kuning, romeo, isabel, merah, orange, putih, hijau, coklat, hitam merah, blorok dan pink.

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Suara Kenari, Kicau Kenari, Jenis Kenari, Ternak Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *