Mengenal 4 Jenis Bibit Penyakit yang Sering Menyerang Ayam Kampung Super

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mengenal 4 Jenis Bibit Penyakit yang Sering Menyerang Ayam Kampung Super

Cara Mengatasi Korisa Pada Ayam Kampung Super

Mengenal 4 Jenis Bibit Penyakit yang Sering Menyerang Ayam Kampung Super

Sebagai peternak ayam yang baik, mengetahui bibit penyakit yang biasa menyerang peternakan Ayam Kampung Super adalah suatu hal yang cukup penting. Dengan Anda mengenal macam- macam bibit penyakit dan ciri-cirinya, Anda dapat mengantisipasi supaya Ayam Kampung Super yang Anda ternak tidak terserang penyakit yang dapat merugikan ternak Anda, namun apabila ayam yang Anda ternak sudah terlanjur terkena penyakit, Anda bisa mengambil tindakan pengobatan yang tepat pada sasarannya.

Bibit penyakit yang sering menyerang Ayam Kampung Super disebabkan oleh mikroorganisme yang bersifat patogen (mikroorganisme yang menyebabkan penyakit dalam tubuh ternak ayam Anda). Meski tidak semua mikroorganisme bersifat seperti itu, namun dalam penelitian baru dan telah dikembangkan setelah ditemukan penisilin oleh Alexander Fleming pada tahun 1929. Penicillium notatum adalah jamur yang dapat menghasilkan penisilin yang mematikan kehidupan bakteri. Saat ini penisilin lebih dikenal dengan istilah antibiotik.

Setelah beberapa puluh tahun kemudian diketahui bahwa penisilin memiliki keterbatasan kemampuan untuk membunuh mikroorganisme patogen. Jamur dan virus adalah contoh dari mikroorganisme patogen yang tidak dapat ditaklukkan dengan menggunakan antibiotik.

ayam jawa super, DOC ayam jawa, harga DOC joper ayam jawa, obat crd paling ampuh, ciri penyakit crd, gejala penyakit crd, penyakit crd pada unggas

Penyakit Korisa Pada Ayam Jawa Super/ Joper

Jenis mikroorganisme yang peka terhadap antibiotik (bisa diatasi dengan antibiotik) :

  1. Rickettsia

Mikroorganisme ini dahulu digolongkan ke dalam kelompok bakteri, namun saat ini dipisah karena Rickettsia hidup dan sangat membutuhkan sel inang. Rickettsia terkadang digolongkan sebagai parasit. Rickettsia dapat bertahan hidup selama berbulan-bulan dilingkungan dan bertentangan terhadap formalin.

Mengetahui karakteristik mikroorganisme patogen ini akan membantu Anda dalam melakukan upaya pencegahan maupun pengobatannya. Yang dapat Anda lakukan apabila ayam terkena Rickettsia adalah dengan cara memberikan antibiotik yang dilakukan secara tepat agar dapat bekerja secara optimal.

  1. Bakteri

Tidak semua bakteri itu merugikan bagi makhluk hidup, ada juga bakteri yang memberikan keuntungan. Bakteri yang menyebabkan penyakit hanya sekitar 1 % saja, dan sisanya merupakan bakteri pembusuk. Bakteri dibagi menjadi 2, yaitu gram (+) dan gram (-).

  • Bakteri gram (+), dindingnya disusun oleh peptidoglikan yang tebal. Bakteri yang terdapat dalam bakteri gram (+) jarang ditemukan pada unggas, namun sering menyerang hewan ternak yang besar, seperti sapi, kerbau. Contoh dari bakteri ini adalah Staphylococcus sp, streptococcus dan bacillus anthracis.

Dengan adanya pepidoglikan yang tebal, justru membuat bakteri lebih peka terhadap antibiotik yang bekerja menghambat pembentukan dinding sel seperti penisilin. Secara garis besar hampir semua antibiotik, kecuali golongan peptida bisa untuk mengatasi infeksi jenis gram (+).

  • Bakteri gram (-)

Berbeda dengan bakteri gram (+), dinding dari sel bakteri gram (-) tersusun dari peptidoglikan yang tipis. Sebagian besar infeksi pada unggas disebabkan oleh bakteri gram (-), misalnya korisa, kolera atau berak hijau, colibacillosis (Escherichia coli) atau pullorum (Salmonella pullorum) atau berak kapur. Semua antibiotik untuk membunuh bakteri jenis ini kecuali golongan makrolida.

  1. Protozoa

Protozoa termasuk golongan parasit yang hidup di dalam tubuh inang seperti ayam. Penyakit pada ayam yang disebabkan oleh protozoa adalah eimeria sp, bakteri ini yang menyebabkan penyakit berak darah dan malaria. Antibiotik yang digunakan untuk mengatasi protozoa ini adalah dari jenis tetrasiklim dan sulfonamide.

  1. Mycoplasma

Mycoplasma adalah mikroorganisme yang tidak memiliki membran sel dan merupakan mikroorganisme yang terkecil. Mycoplasma dapat menginfeksi seluruh jenis hewan. Pada hewan biasanya mycoplasma menyerang saluran pernafasan. Ayam yang sembuh dari serangan mycoplasma akan bersifat pembawa penyakit. Tidak semua jenis antibiotik dapat digunakan untuk membasmi mikroorganisme ini.

Korisa Pada Ayam Kampung Super

Korisa Pada Ayam Kampung Super

Dengan Anda mengenali bibit penyakit yang biasa menyerang Ayam Kampung Super, Anda akan dapat menentukan pengobatan yang harus dilakukan untuk melakukan pengobatan secara tepat pada unggas yang sudah terserang penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme di atas.

Kata terkait :

Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, macam-macam penyakit pada unggas, penyakit pada unggas dan pencegahannya, ternak DCOC ayam kampung super, penyakit pada unggas yang disebabkan oleh parasit, penyakit pada unggas yang disebabkan oleh bakteri, Jual DOC ayam kampung super, Jual DOC ayam kampung super, Harga DOC ayam kampung super

 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Penyakit Ayam Kampung Super

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: