Hal yang perlu di ketahui Saat Beternak Burung Kenari Norwich

By | September 10, 2016

Hal yang perlu di ketahui Saat Beternak Burung Kenari Norwich

Kenari Norwich atau Serinus Canaria Domesticus termasuk salah satu kenari impor yang cukup digemari para penggemar kicaumania. Burung yang asalnya dari kota Norwich di Inggris ini mempunyai beberapa kelebihan yang membuatnya memiliki harga jual yang tinggi di pasaran. Meskipun demikian, harganya yang tinggi tidak menyurutkan niat orang yang menyukai kicau Burung Kenari untuk berburu di pasar burung yang ada di kota besar.

Burung Kenari Norwich memiliki keunggulan diantaranya postur tubuhnya bulat dan tebal, panjang sekitar 15 – 16 cm, sekilas nampak mirip dengan kenari jenis Gloster. Warna dominan biasanya hijau atau kuning. Namun kini banyak warna merah, orange, coklat dan putih. Burung ini juga mempunyai paruh, sayap dan ekor yang termasuk kategori pendek, sedangkan bagian punggung nampak lebar dan pendek. Untuk kenari jenis ini terbagi 2 jenis yaitu kenari jambul dan kenari polos (standar).

Burung Kenari Norwich

Burung Kenari Norwich

Sejarah Burung Kenari Norwich

Burung kenari Norwich mulai dikembangbiakkan sekitar 400 tahun lalu di Norfolk Inggris. Pada tahun 1800 mulai berkembang biak dan pada saat itu mempunyai panjang sekitar 13,3 cm yang berarti mempunyai ukuran tubuh yang lebih mungil di bandingkam ukuran Burung Kenari saat ini. Perubahan yang mencolok terjadi pada akhir tahun 1800 dimana terjadi persilangan  Kenari Norwich dengan kenari jenis lainnya seperti Kenari Lanchachire yang berjambul. Setelah itu pada tahun 1890 telah disepakati ciri standar dari burung jenis ini.

Pemberian makanan dan minuman

Burung Kenari menyukai makanan biji-bijian seperti biji kenari dan rape seed. Selain itu burung ini menyukai jenis sayuran dan buah-buahan. Jenis sayuran dan buah-buahan diantaranya seperti wortel, sawi, jagung manis, mentimun, cabe dan lain sebagainya.

Selain itu perlu pemberian berupa kroto setiap beberapa hari sekali. Sesekali diberikan telur puyuh yang direbus yanh juga diberikan setiap beberapa hari sekali. Jika terlalau sering maka bisa mengakibatkan kegemukan.

Burung Kenari Norwich

Burung Kenari Norwich

Perawatan Burung Kenari Norwich

Burung jenis ini termasuk menyukai sangkar yang lapang dengan jumlah tangkringan yang tinggi dan ukuran yang berbeda. Apalagi jenis burung ini senang berkicau pada tangkringan yang tinggi. Sangat tepat bila dibuatkan tangkringan yang tinggi.

Pada saat kita meletakkan sangkar, sangkar tersebut diusahakan jangan diletakan berdekatan burung berkicau lainnya karena karakter burung ini pemalu. Burung Kenari jantan bila diletakkan dalam kandang yang luas bisa dilempatkan bersama dengan jenis burung lainnya seperti Burung Kutilang dan lain sebagainya. Namun diusahakan dalam satu kandang hanya terdapat satu ekor burung kenari Norwich. Jika ada 2 pejantan norwich dalam satu kandang, mereka bisa bertengkar.

Bagaimana syarat untuk mengawinkan Burung Kenari Norwich?

Syarat mengawinkan Burung Kenari Norwich diantaranya dengan:

  1. Tersedianya pakan yang cukup dan berkualitas
  2. Lingkungan yang tenang dan aman dari predator pengganggu
  3. Harus didukung dengan pencahayaan yang cukup
  4. Tersedianya sangkar khusus perkawinan
  5. Waktu yang baik untuk perkawinan burung pada pagi hari setelah musim kawin bagi burung lain berlalu. Burung lain memasuki bulan kawin pada bulan Desember – April.

Pada umumnya Burung Kenari betina mampu bertelur 3 – 6 butir dalam satu masa produksi. Pada umumnya mereka bertelur satu butir per hari. Sayangnya, mereka tidak termasuk burung yang bisa mengerami telurnya sendiri dengan baik. Para penangkar biasanya menitipkan telurnya pada burung jenis lainnya. Burung yang biasa dititipi biasanya jenis Burung Kenari Amerika Singer atau Kenari warna Bred.

Burung Kenari Norwich

Burung Kenari Norwich

Kata Terkait: Jenis Kenari, Suara Kenari, Kicau kenari, Ternak kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari, Kenari, Burung Kenari

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *